Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Kia Luncurkan All-New Seltos, Berhadapan dengan Honda HR-V, Wuling Almaz, dan DFSK Glory 560

Jika melihat spesifikasi dan harganya, All New Kia Seltos akan berhadapan langsung dengan beberapa pemain yang telah eksis di segmen SUV kompak nasional, seperti Honda HR-V, Wuling Almaz, dan DFSK Glory 560.

BestCar Indonesia – PT. Kreta Indo Artha (KIA), Agen Pemegang Merk Kia, secara resmi meluncurkan SUV 5-penumpang terbarunya, All-New Kia Seltos di hadapan Media dan sekaligus memulai pamerannya di beberapa mall di bilangan Jakarta Selatan dan Jakarta Utara, Senin (20/01/2020). Hadir dalam 3 varian, All-New Kia Seltos ditawarkan dengan harga termurah Rp 295 juta dan Rp 355 juta untuk varian tertinggi (OTR Jakarta).

Lebih dari itu, buat Kia, kehadiran line-up baru dalam segmen SUV ini sekaligus membuktikan eksistensi brand asal Korea tersebut di industri otomotif Indonesia. “All-New Kia Seltos merupakan model penting bagi Kia, karena Seltos memiliki peran penting dalam perluasan jejak global Kia.  Kia telah mengadaptasi kekuatan dalam desain, kualitas dan teknologi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di pasar Indonesia,” ujar Andrew Nasuri, Presiden Direktur PT Kreta Indo Artha dalam sambutannya.

Lalu, apa yang ditawarkan All New Kia Seltos? “Dengan All-New Kia Seltos, kami membidik konsumen muda yang dekat dan sangat paham teknologi, karena mobil ini sarat dengan teknologi dan perangkat keselamatan mutakhir,” jelas Andrew.

Seperti diketahui, Kia Seltos diimpor utuh (CBU) dari India untuk pasar Indonesia. Saat pertama kali debut globalnya di New Delhi, India,sekitar kuartal keempat tahun lalu, All-New Kia Seltos sempat ‘booming’ meski tak lama. Seltos dianggap memperlihatkan terobosan baru di segmennya. All-New Kia Seltos membawa value for money yang dibalut guratan desain atraktif, serta tertanam banyak teknologi mutakhir di dalamnya. Kendati demikian, kepraktisannya diklaim tetap tinggi untuk membawa lima orang penumpang dengan nyaman, ditambah fitur keselamatan yang lengkap.

Di pasar Indonesia, All New Kia Seltos hadir dalam 3 varian, yaitu E, EX, dan EX+. Varian terendah E dibanderrol dengan harga Rp 295, lalu varian menengah EX dibanderol Rp 320 juta, dan Rp 355 juta untuk varian tertinggi EX+ (OTR, Jakarta).  Semua varian dibekali dengan mesin bensin Kappa 4-silinder 1,4-liter (1.353 cc) turbocharged, transmisi otomatis kopling ganda DCT 7-speed, dan enam pilihan warna: Glacier White Pearl, Aurora Black Pearl, Intelligency Blue, Intense Red, Steel Silver dan Punchy Orange.

Jika melihat spesifikasi teknis dan harganya, di segmen SUV kompak nasional All New Kia Seltos akan berhadapan langsung dengan beberapa pemain yang telah eksis. Di antaranya adalah Honda HR-V (varian 1.5L E CVT seharga Rp 297 juta), lalu Wuling Almaz (varian Smart Enjoy 1.5L Turbo CVT 7-seater seharga Rp 275,8 juta, varian Exclusive 1.5L Turbo 5-seater seharga Rp 328,8 juta, dan varian Exclusive 1.5L Turbo 7-seater berbanderol Rp 338,8 juta).

Rival lainnya yang bermain di segmen yang sama adalah DFSK Glory 560 (Type C 7-seater 1.5L Turbo 6-MT Turbo seharga Rp 226,5 juta, Type L 7-seater 1.5L Turbo 6-MT seharga Rp 236,5 juta, dan Type L 7-seater 1.5L Turbo CVT seharga Rp 246,5 juta). DFSK Glory 580 7-seater juga bisa menjadi pesaing tak langsung dari All New Seltos, terutama Glory 580 varian Comfort 1.5L Turbo CVT yang berbanderol Rp 289 juta, lalu Glory 580 Luxury 1.5L Turbo 6-MT seharga Rp 302 juta, dan Glory 580 Luxury 1.5L Turbo CVT yang dibanderol Rp 315 juta.

Tentu tak gampang bagi All New Kia Seltos untuk merebut (sebagian) ‘kue’ di segmen SUV kompak 1,5L, terutama dari brand asal Jepang seperti Honda HR-V yang telah memiliki konsumen loyal. Namun setidaknya Kia masih punya peluang untuk berebut ‘kue’ dengan para rivalnya asal China. Bagaimanapun persepsi konsumen terhadap brand asal Korea masih lebih baik, meski beberapa brand asal China seperti Wuling juga terbukti mampu secara signifikan mengikis ‘kelemahannya’ dalam hal persepsi di pasar domestik Indonesia. Pertarungan sesungguhnya nanti, akan lebih ditentukan oleh layanan aftersales dan jaringan.

Seperti diketahui, Kia yang merupakan bagian dari Hyundai Group telah berkiprah di pasar Indonesia sejak tahun 2000 silam di bawah bendera PT Kia Mobil Indonesia (KMI). Namun pada akhir 2019 lalu Kia Motors Corporation (KMC) bekerjasama dengan grup Indomobil, membentuk anak perusahaan baru bernama PT Kreta Indo Artha (KIA) untuk mendistribusikan produk-produk brand asal Korea Selatan itu di pasar Indonesia.  “Indomobil dipercaya oleh Kia Motors Corporation (KMC) untuk mengembangkan merek Kia di Indonesia, lengkap dengan layanan purna jualnya,” ujar Jusak Kertowidjojo, Presiden Direktur, PT Indomobil Sukses Internasional (Tbk) di sela acara launching All New Kia Seltos.

“Rencana ke depannya, Indomobil melalui PT Kreta Indo Artha akan menghadirkan produk-produk terbaru Kia yang sesuai untuk pasar Indonesia dan mengembangkan fasilitas serta meningkatkan kualitas layanan purna jual mobil-mobil Kia di Indonesia,” papar Jusak sambil menutup pembicaraan.

Desain Eksterior

Dibandingkan SUV-SUV sekelas yang beredar di pasar saat ini, tampilan eksterior All New Selos memang mencolok, terutama bagian depannya. Wajah All-New Kia Seltos memperlihatkan ciri khas Kia yang semakin berkarakter, dengan grille ‘Tiger Nose’ sebagai identitas utama yang kini menampilkan pola baru. Kombinasi antara grille besar dengan headlamp berteknologi LED plus fitur Auto Light dan lampu kabut LED berbentuk “Ice Cube” yang futuristik menghasilkan harmonisasi yang lebih menyatu.

Bumper depan meski diklaim dirancang untuk menciptakan sudut approach lebih tajam, namun overhang-nya masih terlalu panjang untuk mendukung kemampuan berkendara off-road. Untungnya Kia merancang bagian belakang dengan overhang pendek, sehingga menghasilkan departure angle yang lebih baik ketika harus menghadapi tanjakan curam atau gundukan tinggi. Tampilan bagian belakang All-New Seltos juga menarik, dengan taillight LED berornamen futuristik, kaca belakang melebar hingga ke tepi pilar C, dan lubang knalpot ganda yang sporty.

Ground clearance setinggi 183mm sebetulnya tak terlalu berbeda dengan kebanyakan low-MPV yang ada di pasar – bandingkan dengan ground clearance crossover MPV Mitsubishi Xpander Cross yang mencapai 225mm — namun lumayan menggambarkan sosok All New Seltos sebagai SUV kompak. Apalagi area sampingnya didesain kekar lewat tampilan overfender lebar dan roda berukuran 215/60R17 (pada tipe EXP dan EX) dan 205/65R16 (pada tipe E). Sementara di atap terpasang sunroof yang dapat dibuka secara elektrik, membuat tampilannya Seltos makin modern dan mewah.

 

Interior dan Fitur

Di dalam kabin, Kia sepertinya berusaha keras membuat interior Seltos yang cenderung minimalis-modern menjadi terkesan mewah melalui material bermutu tinggi dan detail hingga bagian terkecil. Meski begitu, Kia tetap tak melupakan fungsi dan ergonomika interior. Dashboard misalnya, didesain asimetris agar fokus ke arah pengemudi. Sementara sentuhan high-tech tampak menonjol lewat monitor infotainment dan panel instrumen. Begitu pula dengan meter cluster Supervision berupa monitor ukuran 7 inci, berisi ragam informasi penting seputar kendaraan.

 

Pusat sarana hiburan dan komunikasi terpampang jelas di bagian tengah. Monitor LCD berrukuran 8 inci yang berisikan banyak fungsi sangat mempermudah aktivitas mengemudi. Selain Bluetooth voice recognition, head unit  All-New Kia Seltos juga telah dilengkapi Apple Car Play dan Android Auto. Layar monitor pun mampu menampilkan visual kamera belakang untuk mempermudah parkir. Kebutuhan akan gawai selama berada di kabin All-New Kia Seltos juga terakomodir tak hanya lewat USB slot dan power outlet 12V, tetapi juga wireless charging untuk mengisi daya smartphone. O ya, pendingin udara Seltos juga telah mengusung model Auto Climate yang memastikan suhu kabin terjaga sesuai keinginan.

 

 

Secara keseluruhan, kabin SUV kompak terbaru Kia ini tergolong lapang dan nyaman. Ruang kepala, kaki dan bahu untuk penumpang depan maupun belakang lebih dari cukup untuk postur rata-rata orang Indonesia. Seluruh bangku, termasuk di baris kedua, memiliki fleksibilitas yang tinggi plus sandaran yang bisa direbahkan. Kursi belakang (baris kedua) juga bisa dilipat serata lantai untuk memperoleh kapasitas bagasi yang jauh lebih luas. Tak lupa tempat penyimpanan barang dan cup holder tersebar di seluruh kabin, mulai dari depan hingga belakang.

 

Fitur Safety

Sebagai SUV modern, All New Seltos tentu dibekali sederet fitur keselamatan (safety) baik pasif maupun aktif yang berteknologi terkini. Struktur bodinya terbuat dari campuran besi dan aluminium yang rigid namun tetap ringan. Komponen Advanced High-Strength Steel mampu mereduksi getaran yang ditimbulkan dari jalan, sekaligus menyerap energi tumbukan.

Enam titik airbag siap menjaga semua penumpang di dalam bila terjadi benturan. Terdiri dari airbag pengemudi, penumpang depan, samping dan airbag tirai. Sementara sistem Vehicle Stability Management Kia memastikan laju mobil selalu aman. Termasuk di dalamnya ada dukungan fitur Electronic Stability Control dan Hill Start Assist, yang merupakan standar di semua varian. Fitur lain yang tak kalah penting juga tersemat, seperti Anti-lock Braking System, Brake-force Assist, Traction Control System dan empat titik sensor parkir.  

 

Powertrain & Drivetrain

Untuk pasar Indonesia, All-New Kia Seltos mengusung mesin bensin Kappa 4-silinder 1,4-liter (1.353 cc) turbocharged. Mungkin kapasitas mesin All New Seltos merupakan salah satu yang terkecil di kelasnya, namun output daya yang dihasilkannya tak terpaut jauh dengan para pesaingnya; 140 PS di putaran mesin 6.000 rpm, dengan torsi maksimum 242 Nm di rentang 1.500-3.200 rpm. Seluruh daya mersin tersalur menuju roda depan (FWD) melalui transmisi otomatis kopling ganda (DCT) 7-speed.

Transmisi DCT (Dual Clutch Transmission) ini juga menjadi poin tersendiri bagi Kia, karena di segmen SUV kompak 1.5liter di pasar domestik All New Seltos satu-satunya yang mengusung transmisi kopling ganda. Berbeda dengan transmisi CVT (Continous Variable Transmission) yang lebih berorientasi pada kenyamanan dan kehalusan perpindahan antar gigi, girboks otomatis dengan kopling ganda yang bekerja simultan memastikan perpindahan terjadi sangat cepat. Transmisi jenis ini berkontribusi pada responsifitas akselerasi, dan tentunya berimbas juga dalam efisiensi bahan bakar.

Lebih dari itu, dan ini yang menarik, All-New Seltos dilengkapi sistem pengendaraan atau Drive Mode Select yang menyediakan enam pilihan mode mengemudi (Normal, Eco, Sport, Mud, Snow dan Sand). Pengemudi dapat mengadaptasikan mobil sesuai gaya berkendara, kebutuhan dan kondisi jalan.

Mode Eco memaksimalkan daya jelajah dengan menghemat penggunaan bahan bakar. Sementara mode Sport meningkatkan respons mesin, transmisi dan kemudi untuk rasa berkendara sporty. Mode Normal merupakan keseimbangan terbaik kedua mode itu. Sedangkan mode Mud, Snow & Sand akan mengubah karakter pengendaraan Seltos sesuai kondisi medan off-road yang dilalui. Selain itu, untuk menunjang kedinamisan berkendaranya, All-New Seltos juga dilengkapi fitur cruise control pada varian tertingginya (EX+).

Spesifikasi Teknis All New Kia Seltos

Teks & Foto: Tito B. Setiawan

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *