Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Kia Carnival Generasi Keempat Terungkap, Siap Debut di Kuartal Ketiga Tahun ini

Tampilan Kia Carnival generasi keempat yang dijuluki ‘Grand Utility Vehicle’ ini menunjukkan desain dan gaya SUV yang lebih kuat. Siap dijual di pasar Korea pada kuartal ketiga tahun 2020 ini, ada kemungkinan New Carnival juga akan didatangkan ke Indonesia tahun depan.

BestCar Indonesia – Ingat Kia Carnival? Meski populasinya tak sebanyak rival Jepangnya, MPV ukuran menengah asal Korea ini tergolong cukup populer di pasar mobil nasional sejak pertama kali muncul pada pertengahan tahun 2000 – dan penjualannya diskontinyu pada 2004. Hanya satu generasi yang beredar di pasar Tanah Air, sementara Kia Carnival di pasar global beredar hingga generasi ketiga. Nah, berita baiknya, Kia Motors Corporation kini siap meluncurkan Carnival generasi keempat yang rencananya bakal debut pada musim panas (kuartal ketiga) tahun ini dan penjualan global di banyak negara akan diikuti setelahnya.

Kia Motors Corporation telah mengungkapkan gambar pertama new Kia Carnival, generasi keempat dari MPV andalan merek tersebut. Dirilis dalam spesifikasi Korea, new Kia Carnival — yang dijual di banyak pasar di seluruh dunia sebagai Kia Sedona — telah dirancang untuk menarik keluarga muda, dengan kombinasi utama inovasi, fleksibilitas, dan gaya.

Model baru ini dibuat atas warisan pendahulunya di segmen mid-sized MPV , mengikuti lebih dari dua juta penjualan Carnival di seluruh dunia sejak generasi pertama di pasar global diluncurkan pada tahun 1998. Dengan kehadiran yang lebih kuat, lebih bergaya, detail baru yang futuristik, dan desain yang terinspirasi SUV, desainer Kia bahkan menjuluki model baru Carnival ini sebagai ‘Grand Utility Vehicle’.

Dijuluki ’Grand Utility Vehicle’, model baru ini menawarkan evolusi desain untuk Carnival. Model generasi keempat ini dibangun di atas warisan para pendahulunya dengan rasa arsitektur yang lebih solid dan penampilan yang ditingkatkan yang mengacu pada etos desain menyeluruh yang menghubungkan semua identitas desain mobil Kia. Dipadukan dengan detail yang sangat rinci, futuristik, dan elemen desain yang terinspirasi SUV, model baru ini menghadirkan gaya yang lebih kuat di segmen MPV berukuran sedang.

Evolusi Karakter

Secara tampilan eksterior, New Carnival memiliki overhang depan yang lebih pendek disbanding pendahulunya, dengan dasar pilar-A bergerak mundur untuk membuat kap menjadi lebih panjang. Dari samping, garis tebal yang mencerminkan karakter kuat menjalar sepanjang mobil, menghubungkan lampu depan dan belakang, dengan desain ‘glasshouse’ yang ditandai dengan sirip krom baru yang membentang mengelilingi bagian belakang.

Peningkatan jarak sumbu roda juga berkontribusi pada ruang yang lebih luas di seluruh kabin, sekaligus memberi siluet pada mobil yang lebih atletis dan lebih panjang. Hasilnya, profil samping MPV Korea terbaru ini mampu mengungkapkan ‘DNA’ Carnival yang lebih dinamis. Ini ditekankan oleh garis karakter sederhana namun berani yang membentang sepanjang mobil, menghubungkan lampu depan dan belakang.

Di bawah garis yang jelas ini, Carnival menampilkan atmosfer volume yang lebih menonjol pada bodywork-nya, dengan lengkungan roda yang berani dan garis-garis tajam di sepanjang bodi yang memberikan penampilan lebih terpahat.

Model baru ini menampilkan desain ‘island roof’ yang unik, dengan didukung oleh pilar A dan B yang berwarna gelap. Di bagian samping, salah satu fitur yang menonjol pada mobil baru ini adalah ciri khas desain pilar C baru yang menarik, terinspirasi oleh desain Sorento baru. Chrome fin di bawah jendela belakang yang meruncing dan memanjang ke arah bagasi, diakhiri dengan ‘diamond cut’ yang juga tercermin di seluruh bagian dalam mobil.

Lebih Futuristik

Di bagian depan, New Carnival menampilkan ‘tiger face’ baru yang memanjang melintasi lebar kendaraan. Wajah yang diklaim ‘percaya diri’ dan lebih futuristik ini memadukan lampu dengan gril ikonik ‘tiger nose’ Kia. Desainer Kia menjulukinya ‘symphonic architecture’, dengan desain bagian depan yang menyatukan berbagai fitur teknis untuk menciptakan harmoni dan energi yang baru.

Grill dan lampu terdefinisi oleh detail berteknologi tinggi, presisi tinggi, dengan chrome trim di atas gril dan membentuk garis karakternya sendiri pada muka mobil. Bagian tepi dari gril atas dipasangkan dengan lipatan tegak lurus yang memanjang lurus ke atas kap, menciptakan tampilan yang lebih terarah ketika dilihat langsung.

Lampu depan dan lampu LED dengan daytime running light (DRL) membentuk cahaya yang unik yang menjadi ciri khas. Lampu jauh yang terintegrasi ke sudut grill ‘tiger nose’, dengan lampu dekat yang terpisah dan berada di tepi luar depan mobil. Lampu DRL melengkapi lampu sein Canival, lalu menuju ke bagian bawah dan menyatu dengan batas bawah chrome grille.

Di bagian bawahnya, bumper yang diukir dan asupan udara yang lebih rendah cocok dengan trim metallic dan bumper bawah yang berwarna hitam, menghadirkan penampilan Carnival yang kuat dan terinspirasi oleh SUV.

 

Desain yang Terinspirasi SUV

Di bagian belakang, Carnival menawarkan desain baru yang menggunakan garis lebar untuk menekankan rasa solidity. Garis-garis ini, termasuk lampu kombinasi bermodel ramping, mencuatkan detail yang sama seperti DRL di bagian depan, diintegrasikan ke pencahayaan yang lebar dan penuh. Light bar terhubung secara visual ke garis yang tajam dan memanjang ke bawah dan membungkus plat nomor.

 

Di atas light bar adalah garis krom, yang dimulai dari dasar pilar C dan membungkus di sekitar layar belakang. Di bawah light bar, garis memanjang melintasi bagasi untuk meningkatkan pusat visual bagian belakang mobil. Untuk memperkental desain yang terinspirasi SUV, bagian bawah New Carnival dibekali dengan skid plate berwarna metalik, menjadikan tampilan keseluruhan terasa lebih kuat.

Pertanyaannya, bakal masuk pasar nasional kah New Carnival generasi keempat ini? Meski belum memberi konfirmasi resmi, namun pihak Kia Indonesia tak menampik kemungkinan tersebut. Jika benar, kemungkinan paling cepat New Carnival bakal masuk tahun depan. Tunggu saja.

 

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *