Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
JEEPCOMPASS3

Jeep Patriot Atau Compass Bakal Jadi Nama Jeep 551 Rakitan India

Berbasis platform Jeep Renegade versi modifikasi, muncul perdana Maret ini di New York

BestCar Indonesia – Entah ini kabar baik atau buruk bagi para penggila Jeep. Yang jelas, Fiat-Chrysler Automobiles (FCA) – produsen otomotif yang membawahi merek Jeep — telah menetapkan bahwa Jeep Patriot dan Jeep Compass bakal diganti dengan mid-size crossover (crossover ukuran menengah) baru tahun ini. Calon pengganti Patriot dan Compass yang sering disebut sebagai ‘Jeep C-SUV’ (dikenal pula dengan nama kode Jeep 551) itu dilaporkan bakal tampil perdana di ajang pameran New York International Auto Show 2016 bulan Maret mendatang. Bahkan, sebuah laporan baru dari The Detroit News menyebutkan bahwa salah satu dari dua nama (Jeep Patriot atau Jeep Compass) akan dipertahankan sebagai nama model untuk Jeep 551/Jeep C-SUV versi produksinya nanti.

JEEPCOMPASS1

Salah satu dari dua nama (Jeep Patriot atau Jeep Compass) bakal menjadi nama versi produksi Jeep 551

Bagaimana tampilan sosok Jeep 551/Jeep C-SUV itu? Perkembangan awal dari Jeep 551/Jeep C-SUV itu, seperti dilaporkan CAR and DRIVER Brasil, kini sedang diuji dengan modifikasi body Jeep Renegade. Prototipe awal versi produksinya bahkan telah tertangkap kamera berkali-kali di beberapa lokasi. Dan berdasarkan ‘spyshots’ itu pula CAR and DRIVER Brasil membuat gambar reka (rendering) spekulatif tentang kemungkinan desain dan styling dari Jeep C-SUV/Jeep 551 versi produksi, seperti gambar yang Anda lihat di atas.

Seperti dikutip CAR and DRIVER Brasil, Jeep 551/Jeep C-SUV dibangun pada versi modifikasi dari platform Fiat 500X dan Jeep Renegade. Ini berarti bahwa Jeep 551/Jeep C-SUV akan memiliki konstruksi unibody layaknya mobil modern biasa – seperti sedan dan MPV — seperti Jeep Patriot dan Jeep Compass yang beredar sekarang – Patriot dan Compass pada dasarnya juga merupakan dua model kembar secara mekanis, namun dengan styling yang berbeda, karena ditujukan untuk target market (konsumen) yang berbeda. Seperti Jeep Patriot dan Compass, crossover baru Jeep itu juga dibekali sistem penggerak roda-depan (front wheel drive/FWD) sebagai fitur standar, dengan sistem penggerak 4-roda (all-wheel drive/AWD) sebagai opsional pada varian yang lebih tinggi.

JEEPCOMPASS2

Versi ‘setir-kanan’ Jeep 551 nantinya juga bakal dibuat di India

Setidaknya ada dua pilihan mesin yang bakal mengisi ruang mesin Jeep 551/Jeep C-SUV: mesin bensin 2.0-liter Tigershark yang bertenaga 164hp dan mesin diesel 2.0-liter MultiJet II yang bertenaga 170hp. Seluruh daya mesin akan dikirim ke roda-depan (atau ke semua roda pada varian AWD) melalui transmisi manual 6-speed atau transmisi otomatis 9-speed tergantung pada konfigurasi yang dipilih.

Selain itu, sebagai produk global Jeep 551/Jeep C-SUV tentu akan dibuat dalam versi ‘setir-kiri’ (left-hand drive/LHD) dan ‘setir-kanan’ (right-hand drive/RHD), tergantung pasar yang menjadi tujuannya kelak. Nah, versi ‘setir-kanan’ (RHD) nantinya bakal diproduksi/dirakit di pabrik Tata-FIAT JV di Ranjangaon, Maharashtra, India. Jika tak ada perubahan, penjualan crossover kompak global pengganti Jeep Patriot dan Jeep Compass ini dijadwalkan mulai dilakukan pada paruh kedua tahun 2016.

Jadi, kalaupun nanti versi produksi Jeep 551/Jeep C-SUV juga bakal masuk ke pasar nasional, mestinya itu berasal dari pabrik Tata-FIAT JV di India. Tunggu saja …

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *