Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
BESTCAR LOGO - JEEP

Jeep 551 Debut di Sao Paulo Bulan ini

Produksi Jeep 551 (Jeep C-SUV) yang disiapkan sebagai pengganti Jeep Compass dan Patriot ini bakal dimulai di Meksiko awal Januari tahun depan (2017), dan menyusul di India serta Cina.

BestCar Indonesia – Jika tak ada perubahan jadwal, Jeep telah mengonfirmasi bakal memperkenalkan SUV terbarunya, yang selama ini diberi kode nama ‘551’ atau sering pula disebut sebagai ‘Jeep C-SUV’, di ajang Sao Paulo Motor Show, bulan November tahun ini. Jeep ‘551’ pada dasarnya adalah SUV kompak yang disiapkan sebagai pengganti Jeep Patriot dan Jeep Compass di pasar internasional, diposisikan tepat di atas Jeep Renegade yang merupakan mobil terkecil dalam jajaran SUV Jeep. Namun ada pula spekulasi yang menyebut produsen mobil asal Amerika itu mungkin juga tetap menggunakan nama Compass untuk SUV terbaru ini.

BESTCAR NEWS - Jeep 551

Meski Jeep 551 akan menjadi model generasi kedua dari Jeep Compass dan Jeep Patriot, kedua SUV kompak Jeep yang disebut terakhir ini akan terus dijual sebagai model 2017. Seperti yang Anda tahu, Jeep Compass dan Patriot merupakan ‘mobil kembar’ secara mekanik, ditujukan untuk ‘target market’ pembeli yang berbeda. Meski sama-sama mengisi segmen SUV kompak, Jeep Compass lebih ditujukan untuk kaum perempuan. Secara tampilan, sosok Compass dan Patriot juga relatif modern ketimbang Jeep tradisional seperti Wrangler.

Jeep 551 alias Jeep C-SUV dibangun di atas basis platform ‘small-wide berpenggerak roda-depan’ milik Fiat 500X dan Jeep Renegade. Meskipun berbasis ‘setir-kiri’, namun dengan strategi Jeep yang kini juga mengarah ke pasar global, termasuk pasar di kawasan Timur (Asia), Jeep C-SUV kemungkinan besar juga akan dibuat dalam versi ‘setir-kann’. Diperkirakan Jeep 551 alias C-SUV akan dijual dengan dua pilihan mesin: bensin 2.0-liter Tigershark bertenaga maksimal 164hp bensin dan diesel 2.0-liter MultiJet II bertenaga maksimal 170hp, dengan pilihan transmisi manual 6-speed dan otomatis 9-speed.

Mengingat ini merupakan salah satu peluncuran Jeep paling penting pada dekade ini – kedua setelah Wrangler generasi berikut, tak heran banyak spekulasi yang muncul berupa gambar ‘render’ (gambar rekaan) sosok Jeep 551 alias ‘Jeep C-SUV’ ini menjelang debutnya di Sao Paulo. Salah satunya adalah gambar ‘render’ spekulasi dari Quatro Rodas yang Anda lihat di halaman ini, menunjukkan bagaimana model global Jeep berikutnya ini mungkin terlihat. Sebagian besar memang meyakini bahasa desain Jeep 551 akan mirip dengan yang ada pada Grand Cherokee saat ini.

Menurut Automotive News, produksi Jeep 551 akan dimulai pada tanggal 30 Januari 2017 di Toluca, Meksiko. Brazil mungkin akan menjadi negara pertama tempat peluncuran resmi Jeep 551, karena sebagian besar produksi SUV kompak ini untuk memenuhi penjualan domestik dan global yang diperkirakan akan terjadi di negara itu. Kemudian, produksi akan diperluas melalui pabrik Tata-Fiat JV di Ranjangaon, Maharashtra, India. Sementara produksi lokal kemungkinan juga akan dilakukan di Cina, cepat atau lambat, seperti halnya produksi Jeep Renegade versi buatan lokal negeri ‘Tirai Bambu’ itu.

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *