Jadi Andalan Mitsubishi di GIIAS 2022, Perubahan New Xpander Cross Baru Tak Main-Main

Diluncurkan sebagai versi penyempurnaan dari produk sebelumnya, New Xpander Cross mengusung sederet perbaikan dan penyempurnaan dari sisi tampilan hingga performance yang tak main-main. Di sisi lain, fitur-fitur yang selama ini menjadi keunggulan Xpander Cross tetap dipertahankan.

BestCar Indonesia – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) secara resmi meluncurkan New Xpander Cross di ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, di Hall 3 nomor 2B, Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang,  Kamis (11/08/2022). Mitsubishi melakukan sejumlah pembaruan pada New Xpander Cross, mulai dari desain, interior, eksterior, hingga fitur berkendara.

Menghadiri langsung peluncuran New Xpander Cross, Presiden Direktur MMKSI Naoya Nakamura menyatakan bahwa multi-purpose vehicle (MPV) crossover ini merupakan versi penyempurnaan dari versi sebelumnya, alias facelift. New Xpander Cross menjadi lebih istimewa karena mendapatkan ubahan dari segi tampilan, fitur keselamatan, dan kenyamanan, termasuk desain velg baru. Perubahan paling mencolok adalah desain eksterior yang terlihat makin berkarakter SUV.

“Lewat New Xpander Cross, kami siap memanjakan pelanggan lewat produk baru yang dilengkapi dengan banyak peningkatan. Produk ini merupakan kombinasi sempurna antara agresivitas sport utility vehicle (SUV) dan top-grade feeling yang diimbangi dengan kemampuan berkendara serta sistem kontrol dan keselamatan yang semakin baik,” ujar Nakamura.

Secara terpisah, Guntur Harling selaku General Manager of Product Strategy Division menyebutkan bahwa Xpander Cross pertama kali diluncurkan pada 2019 untuk melengkapi line-up Xpander. Kemunculannya sekaligus memperluas segmen pasar Low MPV dan Low SUV, yang merupakan segmen pasar sangat besar untuk market Indonesia.

Respons yang sangat baik dari pasar selama ini membuat MMKSI meluncurkan New Xpander Cross dengan sederet perbaikan dan penyempurnaan dari sisi tampilan hingga performance. Di sisi lain, fitur-fitur yang selama ini menjadi keunggulan Xpander Cross tetap dipertahankan. “Jadi ini penyempurnaan produk yang signifikan. Kami tetap mempertahankan beberapa point keunggulan seperti kelegaan kabin dan kenyamanan berkendara. Sebagai kendaraan keluarga, hal ini sangat penting. Ditambah lagi beberapa fitur baru,” papar Guntur dalam event MMKSI Media Interview presentasi New Xpander Cross yang dilakukan secara off-line di booth MMKSi di ajang GIIAS dan secara virtual, Senin (15/08/2022).

Mengusung taglineRise to Your Life’s Adventure”, inilah sederet perubahan yang ditawarkan oleh New Xpander Cross:

Yang pertama adalah Attractive Design. New Xpander Cross hadir dengan desain baru pada sisi eksterior dengan desain “Dynamic Shield” khas Mitsubishi Motors dan kini telah mendapatkan penyegaran sehingga tampil lebih agresif, modern dan  mewah, yang meningkatkan karakteristik SUV yang lebih aktif. Pada bagian depan terlihat headlamp yang  kini berbentuk seperti huruf T. Tambahan lekukan serta ornamen berbentuk menumpuk  pada bumper membuat muka New Xpander Cross menjadi lebih gahar dan ramai.

Selain T-Shape Headlamp dan Front & Rear Powerful Bumper Design, perubahan lainnya tampak pada Alloy Wheel Design 17inci, LED Foglamp, Distinctive Trapezoid Grille, dan Wheel Arc Moulding yang disempurnakan.

 

New front bumper & grille dan New T-Shape Headlamp
New Rear Bumper
New T-Shape Tail Light
New Tailgate Garnish
New 17” Alloy Wheel Design
New Design Fender dan Side Body Garnish Design
Bagasi luas
Ground clearance 220mm (20cm), tertinggi di kelasnya

Perubahan kedua mencakup bagian interior, yang diklaim MMKSI sebagai High Class Interior. New Xpander Cross menawarkan kemewahan dan kenyamanan pada sisi interior dengan kabin yang luas dan berkualitas tinggi, dilengkapi dengan berbagai macam tempat penyimpanan serbaguna, serta pilihan konfigurasi kursi yang flexibel memberikan kemudahan dan utilitas maksimal.

Beberapa elemen terlihat mengalami perubahan signifikan, seperti desain setir baru yang lebih sporty dan meter cluster digital berukuran 8 inci yang mengadopsi model baru, sehingga tampak lebih segar dan trendi. Sama seperti meter cluster, New Xpander Cross juga dilengkapi dengan head unit dengan Multi Around Monitor berukuran 9 inci yang dapat memberikan tampilan area di sekitar kendaraan, termasuk obyek di belakang mobil ketika melakukan parkir mundur, dan terhubung dengan konektivitas smartphone.

New 8” LCD Meter Cluster
New Steering Wheel Design
New Multi Around Monitor ukuran 9inci

Yang ketiga mencakup Driving Comfort & Safety. Salah satu penyempurnaan produk pada model New Xpander Cross ada pada penambahan fitur-fitur kenyamanan para pengguna dalam menjalani aktivitasnya sehari-hari. Penambahan fitur pada model ini di antaranya: wireless charger di bagian konsol depan untuk pengisian daya ponsel yang lebih cepat dan praktis, New Steering Wheel Design, sentuhan baru pada bagian jok dengan lapisan penghangat, serta telah dilengkapi dengan Micron Air Filtration yang menjaga sirkulasi kualitas udara di dalam kabin dan meningkatkan kenyamanan seluruh anggota keluarga.

New Wireless Charger
New Micron Air Filtration
Dual Tone Synthetic Leather Seat with Heat Guard
Multi Function Seat Back Pocket

Di bagian transmisi, Mitsubishi Indonesia menghilangkan tuas rem tangan dan menggantinya dengan tombol Electric Parking Brake (EPB). Pengemudi juga bisa mengaktifkan fitur Brake Auto Hold (BAH) yang tersemat di bagian bawah tombol EPB.

Digital AC

Perubahan keempat juga dilakukan pada sisi fitur keselamatan (safety). , Yang paling baru adalah disematkannya fitur Active Yaw Control (AYC). Fitur ini mampu meningkatkan performa menikung, dengan menyesuaikan gaya pengereman pada roda depan untuk mengoptimalkan kestabilan kendaraan ketika bermanuver secara cepat atau di permukaan jalan yang licin. Saat menikung di permukaan jalan yang licin, AYC akan mengerem roda depan di bagian dalam tikungan, meminimalkan understeer dan memungkinkan kendaraan mengikuti garis yang lebih dekat dengan yang diinginkan pengemudi. Bekerja sama dengan fitur Anti-lock Braking System (ABS) dan Active Stability Control (ASC), sistem ini mendukung keselamatan, keamanan, dan kenyamanan berkendara di berbagai cuaca dan kondisi jalan.

“Fitur AYC ini aslinya ada di Mitsubishi Lancer EVO, namun kemudian kita kembangkan untuk mobil lainnya juga. Berbeda dengan ASC yang berfungsi untuk mengontrol mobil dalam setiap kondisi, AYC lebih ke cornering dan braking, terutama dalam kondisi jalan licin dan kecepatan tinggi. Jadi, keselamatan adalah poin yang diharapkan oleh fitur ini dalam setiap kondisi. Karena itu di New Xpander Cross, fitur AYC ini akan aktif terus-menerus alias tidak bisa dimatikan secara manual,” timpal Hikaru Mii, Director of Product Strategy Division PT. MMKSI.

Fitur keselamatan aktif lain yang dimiliki oleh New Xpander Cross adalah Active Stability Control (ASC), Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Hill Start Assist (HAS), serta Emergency Stop Signal (ESS). Selain itu, tersedia pula dual airbag untuk penumpang bagian depan, serta pedestrian protection untuk meminimalisir risiko dampak benturan jika mobil tak sengaja menabrak pejalan kaki.

Perubahan besar kelima pada New Xpander Cross adalah hadirnya suspensi belakang yang lebih besar. Menurut Marketing and Sales Division Director PT. MMKSI, Irwan Kuncoro, inovasi tersebut membuat New Xpander Cross menawarkan sensasi perjalanan layaknya mobil kelas atas. “Selain suspensi belakang yang lebih besar, mobil ini juga membawa spesifikasi valve yang biasa digunakan oleh luxury car,” ujar Irwan.

Sementara untuk powertrain, Xpander Cross terbaru ini masih menggunakan mesin yang sama dengan model sebelumnya, yaitu MIVEC 1.5L, DOHC, 16 Valve, berspesifikasi Euro4. Mesin ini mampu memproduksi tenaga maksimal hingga 105 hp pada 6.000 RPM dan torsi puncak 141 Nm pada 4.000 RPM. Seluruh daya mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi Continuously Variable Transmission (CVT) 8-tingkat kecepatan yang smooth, karena tak ada entakkan saat perpindahan gigi.

Secara keseluruhan, Mitsubishi mengklaim bahwa segala pengembangan dan penyempurnaan yang dibenamkan pada New Xpander Cross, melengkapi berbagai keunggulan yang telah disematkan pada model sebelumnya. “Pada dasarnya kami melakukan improvement yang terus menerus. Xpander Cross pertama kali launching di 2019, dan pada saat yang bersamaan kami secara parallel melakukan riset dan studi, minta feedback dari konsumen dan dealer untuk improvement. Semuanya kami berikan ke Mitsubishi untuk merealisasikan feedback itu. Kami secara terus menerus melakukan improvement agar bisa memenuhi ekspektasi dari pelanggan. Bagaimanapun, lanjut Guntur Harling, development membutuhkan waktu karena pihaknya butuh riset dan pengujian secara teknis agar Xpander Cross memiliki kualitas yang baik,” papar Guntur Harling, General Manager of Product Strategy Division MMKSI.

Menurut Director of Product Strategy Division MMKSI, Hikaru Mii, pengembangan Xpander Cross butuh waktu tiga tahun, karena setelah pertama kali diluncurkan pihaknya telah memikirkan pengembangan kemudian. “Kami meminta pendapat dari konsumen apa yang dibutuhkan ke depannya. Kami mendengar input atau masukan dari mereka. Selain itu, kami berusaha sebaik mungkin membuat mobil MPV kami menjadi yang terbaik. Banyak yang hadir saat ini, tapi kami percaya ini adalah produk yang terbaik dan saya harap konsumen juga ikut merasakannya,” pungkasnya.

 

Harga, Aftersales, dan Aksesories

New Mitsubishi Xpander Cross hadir dalam dua pilihan varian, yaitu Manual Transmission yang dibanderol Rp 309.950.000 dan CVT Premium Package yang dijual dengan harga Rp 335.750.000. Terdapat lima pilihan warna yang bisa dipilih, yakni quartz white pearl, jet black mica, blade silver metallic, graphite gray metallic, dan warna baru green bronze metallic.

Mahal? “Soal kenaikan harga New Xpander Cross, sebetulnya kita harus lihat juga dari berbagai fitur yang kini disematkan pada model ini. Dibandingkan tambahan fitur-fitur baru itu, kenaikan harga New Xpander Cross sebetulnya relatif tidak terlalu besar. Kalau lihat akumulasi beberapa fitur wireless, led meter dan palang kemudi, fitur safety AYC (Active Yaw Control), dan suspensi baru yang jauh lebih nyaman, jika dihitung nilai investasinya harusnya lebih besar. Tapi kami ingin produk ini lebih kompetitif,” papar Guntur Harling.

Yang menarik, Mitsubishi juga menawarkan berbagai Genuine Accessories khusus untuk New Xpander Cross. Genuine accessories dirancang dan dikembangkan bersama-sama dengan kendaraan Mitsubishi Motors untuk integrasi yang sempurna. Semua sepenuhnya diuji untuk keselamatan, fungsionalitas, daya tahan, serta mematuhi regulasi kendaraan yang ada.

Penggunaan aksesoris ini dapat memberikan tampilan berbeda dengan desain baru namun tidak mengubah bentuk, material, serta fungsinya. Khusus untuk New Xpander Cross ini, genuine accessories yang ditawarkan mencakup: Mud Guard Set, Rear Bumper Protector, Side Visor Set, Scuff Plate Set, Engine Hood Emblem, Fuel Lid Garnish, Muffler Cutter, Tailgate Spoiler, Wheel Lock Nut Set, Engine Hood Emblem dan Dashcam.

 

MMKSI juga menyediakan Genuine Accessories dalam bentuk paket sesuai dengan kebutuhan konsumen. Untuk New Xpander Cross Genuine Accessory, paketnya terdiri dari: Urban Package, Adventure Package, Sporty Package, Safety Package, dan Platinum Package.

 

Teks & Foto: Yusran Hakim

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *