Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
GMS - Ferrari GTC4Lusso 1

Inilah Deretan Mobil Baru Yang Debut Di Geneva Motor Show 2016

Honda Civic Hatchback Prototype 2017

Akhirnya Honda benar-benar menampilkan sosok Honda Civic Hatchback generasi kesepuluh di ajang Geneva Motor Show ke-86 tahun ini. Meski masih dalam bentuk prototipe, namun ini merupakan sosok yang paling mendekati versi produksinya nanti sebagai varian hatchback dari Honda Civic model 2017 – merupakan body style ketiga dalam line-up Honda Civic, setelah varian sedan dan coupe (kupe).

GMS - Honda Civic Hatchback Prototype 2017 1

Pasar Amerika Serikat tidak memiliki Honda Civic Hatchback sejak model generasi ketujuh dijual dari tahun 2001 hingga 2005. Sebaliknya, selama 11 tahun terakhir Honda justru sibuk ‘memotong’ dan ‘memoles’ Civic untuk pasar Eropa hingga melahirkan generasi terbaru Civic yang jauh lebih cantik. Tapi pasar AS akhirnya akan mendapat giliran juga pada tahun 2017, lewat model generasi kesepuluh Honda Civic yang akan debut di Geneva Motor Show tahun ini sebagai ‘prototipe’ – versi yang paling mendekati model produksinya nanti.

GMS - Honda Civic Hatchback Prototype 2017 2

Dibandingkan dengan generasi kesembilan yang saat ini dijual hingga menyeberangi Atlantik, model prototipe Civic hatchback ini terlihat lebih kuat, lebih tajam, dan lebih terpahat, kecuali khusus di bagian depan. Hoodline (garis kap mesin) melengkung pada Civic hatchback generasi kesembilan yang membentuk busur patah-patah hingga ke dasar bumper depan kini diluruskan pada Civic hatchback generasi kesepuluh. Pahatan pada metal body samping Civic hatchback model 2017 juga terlihat lebih menonjol, dengan buritan hatch-nya membentuk sudut angular – memberi perbedaan tampilan antar-fitur seperti antara tailgate dengan rumah lampu berbentuk bumerang yang berisi lampu belakang berbentuk huruf C. Fitur-fitur yang akan disematkan pada varian standar (model dasar) versi produksinya nanti diperkirakan tidak akan sebanyak seperti yang ada pada versi prototipe, tapi kita bisa berharap bakal terlihat pada trim Si atau Type R versi produksi nantinya.

GMS - Honda Civic Hatchback Prototype 2017 3

Secara proporsi, dimensi prototipe Civic hatchback generasi kesepuluh ini meningkat. Panjang totalnya bertambah 130mm (5,1inci), 46mm (1,8inci) lebih lebar, dan 18mm (0,7inci) lebih rendah dibanding generasi kesembilan. Atau, secara keseluruhan ia sekitar 30mm (1,2inci) lebih pendek dari Civic Coupe yang beredar di AS saat ini.

GMS - Honda Civic Hatchback Prototype 2017 4

Fitur eksterior yang diusung Honda Civic Hatchback 2017 mencakup juga LED daytime running lights (DRL), lampu depan LED, serta lampu belakang dengan LED light bar yang terintegrasi. Sedangkan di bagian interior mencakup electronic parking brake, Adaptive Cruise Control dengan Low-Speed Follow, sistem infotainmen Display Audio high-definition ukuran 7inci dengan Apple CarPlay dan Android Auto compatibility. Sementara fitur safety-nya antara lain Collision Mitigation Braking dan Road Departure Mitigation.

GMS - Honda Civic Hatchback Prototype 2017 5

Jika tak ada perubahan, Honda Civic Hatchback 2017 akan menggunakan pilihan mesin bensin baru tiga-silinder 1.0-liter VTEC TURBO turbocharged dan mesin bensin empat-silinder 1.5-liter VTEC TURBO turbocharged – kedua mesin ini disiapkan untuk bersaing langsung dengan mesin EcoBoost Ford yang digunakan pada Ford Focus sebagai rival utamanya.

GMS - Honda Civic Hatchback Prototype 2017 6

Menurut laporan terbaru, mesin bensin 3-silinder 1.0-liter VTEC TURBO turbocharged mampu meletupkan tenaga maksimal 127bhp dan torsi puncak 201Nm (48 lb-ft), dengan emisi CO2 99g/km. Mesin kecil ini akan menggantikan mesin bensin naturally aspirated 1.8-liter, sedangkan mesin diesel 1,6-liter i-DTEC kemungkinan akan terus digunakan untuk Civic Hatchback 2017.

GMS - Honda Civic Hatchback Prototype 2017 7

Peluncurannya di pasar Eropa dijadwalkan awal tahun depan (2017), dan pasar AS mendapat giliran setelah itu.

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *