Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
McLaren720S-1

Inikah McLaren 720S yang Bakal Menggantikan 650S?

Nama “720S” sendiri masih menjadi rumor, namun jika itu benar maka itu berarti menunjuk ke angka power maksimal 720hp (sekitar 536kW) dari mesin V8 4.0-liter twin-turbo yang bakal diusungnya.

BestCar Indonesia – Keberadaan supercar baru McLaren yang dikenal sebagai P14 di kalangan engineer atau di kalangan media dikenal dengan sebutan McLaren 720S makin terkuak, setelah munculnya sebuah foto utuh supercar yang disebut-sebut sebagai pengganti McLaren 650S itu secara online belum lama ini.

Meskipun kalangan McLaren menggambarkan foto tersebut sebagai ‘kebocoran’, namun banyaknya tamu di latar belakang – sebagian malah ada yang memotret – mengindikasikan bahwa McLaren tidak terlalu ‘ambil pusing’ tentang penampakan Super Series baru generasi kedua yang muncul lebih awal itu. Jauh lebih awal, sebetulnya, mengingat McLaren 720S dijadwalkan akan debut di ajang Geneva Motor Show 2017 sekitar enam minggu lagi.

McLaren 650S yang bakal digantikan oleh McLaren 720S

McLaren 650S yang bakal digantikan oleh McLaren 720S

Faktanya McLaren sendiri telah melansir detil model baru Super Series ini beberapa hari menjelang tahun baru 2016 lalu, melalui foto-foto studio dari bodyshell Monocage II yang akan menjadi basis arsitektur McLaren 720S. Lalu, minggu lalu McLaren kembali merilis foto detail potongan lampu buritan, sayap aktif, dan elemen body dalam bungkusan serat karbon, memperlihatkan perbaikan penting dalam aerodinamis dan efisiensi pendinginan supercar Super Series terbaru ini.

Dalam gambar tunggal tersebut terlihat McLaren Super Series baru terlihat memiliki lampu buritan LED tipis yang mirip dengan hypercar P1 dan model ‘Sports Series’ yang beredar saat ini. Sementara spoiler belakang yang menonjol telah dipastikan oleh McLaren menjadi sayap aktif yang merangkap sebagai airbrake – fitur ini akan muncul (aktif) dalam waktu kurang dari setengah detik.

McLaren720S-3

Generasi kedua dalam line-up ‘Super Series’ McLaren ini diklaim dua kali lebih efisien dalam hal aerodinamis ketimbang 650S yang beredar saat ini. McLaren 720S juga diklaim 15 persen lebih baik dalam efisiensi pendinginan. “Generasi kedua McLaren Super Series akan memiliki aerodinamis yang mengesankan, seperti juga sisi visualnya yang indah,” kata Mark Vinnels, direktur eksekutif pengembangan produk di McLaren Automotive.

“Berbagai teknologi aerodinamis canggih memberi kontribusi maksimum, menghasilkan downforce di atas 50% lebih besar dari yang McLaren 650S dan tentu saja memastikan daya cengkeram (grip) dan stabilitas yang benar-benar luar biasa. Kami juga secara nyata mampu meningkatkan efisiensi pendinginan, 15% lebih baik secara keseluruhan. Ini antara lain berkat fokus khusus pada aliran udara ke radiator mesin bersuhu tinggi melalui desain baru pintu dihedral yang unik,” tambah Mark Vinnels.

Fitur kunci lainnya adalah dua saluran udara terintegrasi ke dalam struktur pintu baru; satu memaksa udara dari atas pintu ke dalam radiator yang mendinginkan mesin, sementara yang lain menarik udara keluar dari lengkungan roda depan untuk menghasilkan peningkatan downforce.

McLaren 650S

McLaren 650S

Selain itu, McLaren juga telah mengkonfirmasi generasi kedua Super Series yang akan menggantikan 650S ini akan menampilkan sistem Proaktif Chassis Control terbaru yang mereka kembangkan. “Proaktif Chassis Control II menghasilkan sejumlah besar grip tambahan, tapi tidak dengan mengorbankan keseimbangan dan feel dari mobil itu sendiri. Kedalaman dan keluasan dalam kombinasi presisi handling dan kenyamanan berkendara pada tingkat yang setara dengan keterlibatan pengemudi di McLaren Super Series generasi kedua ini sungguh luar biasa,” ungkap Mark Vinnels, Direktur Eksekutif McLaren Automotive untuk pengembangan produk

McLaren 720S diklaim menggunakan lebih dari 12 sensor ketimbang model Super Series sebelumnya, termasuk accelerometer di setiap wheel hub roda untuk ‘membaca’ setiap input dari permukaan jalan dan mengukur patch kontak patch ban dengan permukaan jalan. Dari sana, informasi tersebut diolah dan dianalisis dalam hitungan milidetik oleh sistem algoritma ‘Optimal Controller’ yang selanjutnya akan mengoptimalkan redaman suspensi yang paling sesuai.

McLaren 650S, Super Series generasi pertama

McLaren 650S, Super Series generasi pertama

McLaren melengkapi Super Series generasi keduanya dengan tiga mode mengemudi; Comfort, Sport atau Track. Sistem ini akan mengoptimalkan pengaturan kendaraan untuk menghasilkan rentang keseimbangan handling, daya cengkeram dan kenyamanan berkendara yang luar biasa. Fitur tambahan lainnya adalah McLaren Variabel Drift Control, yang memungkinkan pengemudi untuk mengontrol intensitas sistem kontrol stabilitas melalui sentuhan jari tangan di panel kontrol yang terletak di layar infotainmen tengah.

Nama “720S” sendiri masih menjadi rumor, namun jika itu benar maka itu berarti menunjuk ke angka power maksimal 720hp (sekitar 536kW) dari mesin V8 4.0-liter twin-turbo yang bakal diusungnya. Itu juga berarti 83hp lebih besar dari power maksimal 637hp (478kW) mesin 3,8liter yang digunakan pada jajaran McLaren saat ini.

Bagaimanapun, rincian lengkap dari Super Series McLaren generasi kedua ini baru akan terungkap dalam debutnya di ajang Geneva Motor Show 2017 pada Maret mendatang. Jadi, tunggu laporan kami berikutnya.

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *