Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Ini Dia Program DP 20%, Bunga 3%, Cicilan Rp 3 Jutaan untuk All-new Ertiga

Konsumen dapat memilih beberapa program seperti uang muka (down payment/DP) ringan 20%, bunga rendah mulai dari 3%, hingga cicilan sebesar Rp 100 ribu per harinya (sekitar Rp 3 juta per bulan). Program ini bahkan sudah termasuk total biaya kepemilikan (cost of ownership).

BestCar Indonesia – Dua hari setelah mengumumkan harga resmi Suzuki All New Ertiga, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga menginformasikan program penjualan bagi konsumen yang ingin memilikinya, di Tangerang Selatan, Rabu (09/05-2018). Konsumen dapat memilih beberapa program seperti uang muka (down payment/DP) ringan 20%, bunga rendah mulai dari 3%, hingga cicilan sebesar Rp 100 ribu per harinya (sekitar Rp 3 juta per bulan). Program ini bahkan sudah termasuk total biaya kepemilikan (cost of ownership).

Menurut Setiawan Surya, 4W Deputy Managing Director PT SIS, penghitungan program penjualan All New Ertiga tersebut tidak hanya variatif, tapi juga menguntungkan konsumen. “Mulai hari ini, konsumen yang sudah menandatangani SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) maupun yang akan melakukan SPK All New Ertiga, bisa berdiskusi kepada tim penjualan kami untuk menentukan cara pembayaran pembelian ataupun program cicilan yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka,” ungkapnya di Summarecon Mall Serpong, Tangerang, Banten, Rabu (09/05-2018).

Sejauh ini, lanjut Setiawan Surya, SIS bekerja sama dengan enam perusahaan pembiayaan besar di Indonesia. “Kami telah menyediakan berbagai keuntungan yang menarik baik penghitungan cicilan yang variatif dan menarik sesuai dengan kebutuhan konsumen untuk memiliki All New Ertiga,” tambahnya.

Kenyamanan program-program cicilan ini juga termasuk total biaya kepemilikian atau cost of ownership (COO) yang dapat menentukan hitungan keseluruhan biaya kepemilikan yang mencakup jasa service dan juga sparepart. Seperti New Ertiga pendahulunya, All New Ertiga juga memiliki Biaya Perawatan Berkala (Periodical Maintenance Cost/PMC) yang terjangkau, sebesar Rp 7.559.500 selama lima tahun atau 100.000km atau Rp 4.142 per hari.

Namun, varian All New Ertiga bertransmisi otomatis memiliki biaya perawatan berkala lebih rendah, yaitu Rp 7.370.000 selama 5 tahun atau 100.000km atau 4.038 per hari jika dibanding varian bertransmisi manual yang biaya perawatan berkalanya sebesar Rp 7.559.500 selama lima tahun atau 100.000km atau Rp 4.142 per hari. Dengan asumsi pemakaian 20.000km per tahun, maka biaya perawatan berkala untuk All New Ertiga varian bertransmisi manual (termasuk penggantian part yang mencakup oli mesin dan filter oli per 10.000km, busi dan  oli transmisi manual per 20.000km, oli transmisi otomatis, minyak rem, coolant radiator dan saringan udara per 40.000km) mencapai Rp 1.511.900 per tahun. Sementara varian bertransmisi otomatis sedikit lebih murah, hanya Rp 1.474.000 per tahun.

Hal tersebut tercipta dari efisiensi yang maksimal berkat penggunaan platform HEARTECT, penggunaan mesin terbaru yang lebih bertenaga namun juga lebih irit konsumsi bahan bakar, dan penyematan aneka fitur keselamatan seperti Electronic Stability Program (ESP®). “COO pada varian bertransmisi otomatis memang lebih murah, karena frekuensi penggantian oli transmisi otomatis tak sesering pergantian oli untuk transmisi manual,” ungkap Riecky Patrayudha, Assistant to Department Head of Service PT SIS.

PT.SIS juga member gambaran hitung-hitungan total biaya kepemilikian atau cost of ownership (COO) selama 100.000km atau lima tahun untuk All New Ertiga. Dengan mengambil efisiensi konsumsi bahan bakar All New Ertiga varian bertransmisi manual yang mencapai 18,9km per liter sebagai patokan, termasuk di dalamnya biaya penggantian common consumable parts dan pembelian bahan bakar Pertamax seharga Rp 8.900 per liter, maka diperoleh total biaya kepemilikan All New Ertiga bertransmisi manual sebesar Rp 57.807.947 dalam 5 tahun. Angka COO ini lebih rendah dibanding COO varian manual generasi sebelumnya yang mencapai Rp 63.056.941 alias sekitar 9% lebih murah.

Tidak hanya untuk pembeli baru, sebelumnya Suzuki Indonesia juga telah menyiapkan program khusus ‘trade-in’ alias tukar-tambah bagi para pemilik Suzuki Ertiga lama. “Dengan peluncuran All New Ertiga ini, kami juga langsung membuka program trade-in bagi pemilik Suzuki Ertiga lama yang ingin melakukan tukar tambah dengan All New Ertiga. Saat ini program trade-in memang masih untuk wilayah Jabodetabek, namun segera disusul di wilayah lainnya,” ujar Harold Donnel, Head of 4W Brand Development & Marketing Research PT SIS, di sela acara launching All New Ertiga di ajang IIMS 2018, 19 April lalu.

Menurut Harold, saat ini unit Ertiga lama (New Ertiga) sudah tidak ada lagi di fasilitas produksi PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) yang berlokasi di kawasan industri Deltamas, Cikarang, Jawa Barat. Artinya, program trade-in ini akan dilakukan di jaringan penjualan Suzuki.

Selain itu, untuk memastikan All New Ertiga selalu dalam performa terbaiknya, PT SIS juga telah mengeluarkan daftar biaya servis khusus All New Ertiga yang sangat terjangkau mulai 1.000Km hingga 50.000Km, maupun paket servis kelipatan 5.000Km hingga kelipatan 40.000Km. Sebelumnya, Suzuki Indonesia juga sudah menyediakan berbagai asesoris untuk para konsumen yang ingin mengubah tampilan All New Ertiga mereka.

 

Detail Asesoris All New Ertiga dan Harga

No Nama Part Harga
1 RR Upper Spoiler Rp 760.000
2 Door Visor Rp 292.000
3 RR Bumper Scuff Rp 140.000
4 Floor Mat Rp 327.000
5 Head Unit Touch Screen Set Rp 4.100.000
6 Garnish I/P Rp 185.000
7 Door Sill Guard Rp 348.500
8 Luggage Tray Rp 310.000
9 Cargo Net Rp 190.000
10 Seat Belt Pad Rp 63.500
11 AC Filter Rp 250.000
12 Rear Camera Rp 761.000
13 Emblem Suzuki Sport Rp 59.900

 

Unit Terkirim Sebelum Lebaran

Terkait dengan inden, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memastikan pihaknya sudah menyiapkan sistem dan mekanisme untuk mengantisipasi agar proses pengiriman unit All New Ertiga yang sudah diinden konsumen tak perlu menunggu lama. Marketing Director 4W PT Suzuki Indomobil Sales, Donny Saputra, bahkan berani menjamin konsumen yang sudah menginden All New Ertiga sejak penyelenggaraan IIMS 2018 bulan April lalu akan bisa menerima unit yang dipesan sebelum Lebaran bulan Juli mendatang.

“Pertengahan Mei ini kami sudah mulai mengirim unit All New Ertiga yang telah dipesan ke konsumen. Intinya, konsumen sudah bisa terima unit All New Ertiga sebelum Lebaran, Tujuannya, agar konsumen bisa menikmati MPV terbaru Suzuki ini untuk merayakan Lebaran,” kata Donny Saputra di acara paparan program cicilan pembelian All New Ertiga di Summarecon Mall Serpong (SMS) Tangerang, Rabu (09/05-2018).

Menurut Donny, pihaknya telah berkoordinasi dengan 195 diler resmi Suzuki agar tidak terjadi ketimpangan stok unit All New Ertiga. “Harapan kami tidak terjadi ketimpangan. Jangan sampai di daerah A ada barangnya tapi di daerah B tidak ada. Kami sudah punya sistem yang bisa memastikan kapan unit bisa kami kirimkan ke konsumen. Ini masalah kepastian delivery,” ujarnya.

Masih kata Donny Saputra, hingga tanggal 7 Mei 2018 lalu pihaknya telah menerima inden pembelian All New Ertiga — yang dibuktikan lewat surat pemesanan kendaraan (SPK) — sebanyak 1.284 unit khusus di Jabodetabek saja. “Per tanggal 7 Mei kita sudah terima SPK sebanyak 1.284 unit, tapi ini mayoritas inden dari konsumen di Jabodetabek. Nanti kalau sudah ada peluncuran di beberapa daerah, kami akan update lagi,” katanya.

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *