Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Ini Beda Wuling Cortez CT Tipe S dengan Tipe C dan L

Secara keseluruhan kini ada tiga trim level Cortez CT yang ditawarkan Wuling Motors, yaitu Type C, Type L (Luxury) sebagai tipe termahal, dan Type S sebagai tipe termurah. Lalu, apa saja perbedaan Wuling Cortez CT Type S dari varian lain di atasnya, yaitu tipe C dan tipe L?

 

BestCar Indonesia – Dengan kehadiran Wuling Cortez CT Type S yang diposisikan sebagai trim level entry level dalam jajaran Cortez CT, secara keseluruhan kini ada tiga trim level Cortez CT yang ditawarkan Wuling Motors, yaitu Type C, Type L (Luxury) sebagai tipe termahal, dan Type S sebagai tipe termurah. Ketiga trim level Cortez CT mengusung mesin yang sama, yaitu mesin bensin 4-silinder segaris 1.5-liter Turbocharged (140HP dan 250Nm). Ketiganya juga dibekali pilihan transmisi yang sama, yaitu Manual 6-speed dan CVT. Begitu pula dengan konfigurasi bangkunya yang ditawarkan dengan pilihan 7-seater dengan captain seat atau 8-seater tanpa captain seat.

Lalu, apa saja perbedaan Wuling Cortez CT Type S dari varian lain di atasnya, yaitu tipe C dan tipe L (Luxury)? Nah, berikut ini detilnya:

 

Eksterior

Dari sisi tampilan luar atau eksterior, nyaris tak terlihat perbedaan Type S dengan dua tipe di atasnya (C dan L). Namun jika dicermati, ada beberapa perbedaan kecil. Di bagian depan misalnya, ornamen bilah horizontal yang membelah grille pada Type C dan L memiliki aksen chrome, sedangkan pada Type S hanya berkelir silver biasa.

Masih di bagian depan, Cortez CT Type S masih menggunakan lampu depan (headlamp) proyektor namun dengan lampu halogen seperti halnya Type C, sementara tipe tertinggi Type L telah dibekali headlamp dengan LED. Foglamp alias lampu kabut juga tak tersedia pada Type S, namun telah dibekali Day Time Running Light (DRL) yang ditempatkan di bumper depan. Di bagian belakang Type S juga tak tersedia sensor parkir seperti pada Type C dan L, meskipun tetap dilengkapi kamera belakang.

Lalu pada spion samping, meski juga dibekali dengan lampu sein terintegrasi namun pada Type S hanya bisa dilipat secara manual, tidak bisa dilipat secara otomatis (retractable) seperti pada Type C dan L. Meski begitu, pengaturan kaca spion samping sama-sama bisa dilakukan secara elektrik lewat tombol di dashboard.

Sementara di bagian bawah, velg pada Type S ini hanya satu warna (silver), bukan two tone seperti pada Type C dan L, meski sama-sama berukuran 16inci. Sedangkan di bagian atap, Type C dan L telah menggunakan antena model shark fin, sementara Type S masih menggunakan antena biasa. Type S juga tak dibekali sunroof seperti yang dimiliki Type C dan L.

 

Interior

Secara keseluruhan, tidak ada perbedaan interior – terutama pada kabin depan – antara Type S dengan Type C yang sama-sama menggunakan warna two tone (abu-abu gelap dan putih). Yang membedakan adalah pada beberapa material di dalam kabin, dimana Type S didominasi material hard plastic dan bahan fabric pada seluruh jok trim level terendah Type S (bertransmisi Manual 6-speed dengan konfigurasi bangku 8-seater tanpa captain seat).

Captain Seat di bangku baris kedua, hanya ada di Cortez CT Type S CVT.

Namun Type S dengan trim level di atasnya (bertransmisi CVT, 7-seater) telah dibekali dengan captain seat yang dibalut synthetic leather pada baris kedua seperti halnya Type L. Ini kelebihannya, karena Type C yang berada di atasnya saja belum dibekali captain seat yang mempermudah akses penumpang menuju baris ketiga.

Di bagian dashboard, pengaturan AC pada Type S masih dilakukan secara manual lewat tombol putar. Sementara pada trim level tertinggi Type C dan Type L, pengaturan AC-nya sudah dilakukan secara elektrik. Selain itu, seperti pada Type L, seluruh bangku Cortez CT Type terendah S malah telah dibekali sabuk pengaman (seatbelt), tak seperti Type C yang hanya ditemukan di baris pertama dan kedua.

Fitur Kenyamanan dan Safety

Layaknya Medium-MPV, Wuling Cortez CT Type S, C dan L telah dibekali beragam fitur kenyamanan berteknologi canggih, seperti tombol One Push Start/Stop, Keyless Entry, fitur hiburan yang meliputi Advanced 8 inci Entertaiment System, Audio Steering and Call Button, dan USB charging.

Perbedaan baru terlihat pada fitur keselamatan (safety) dan kemanan (security) Type S yang tak dibekali fitur ECS (Electronic Control System) dan TCS (Traction Control System) serta Sensor Parkir seperti yang dimiliki Type L dan C. Namun pada Type S CVT terdapat fitur tambahan, yaitu Remote Open Windows and Trunk, dan Anti-Theft System.

Perbedaan baru terlihat pada fitur keselamatan (safety) dan kemanan (security) Type S yang tak dibekali fitur ECS (Electronic Control System) dan TCS (Traction Control System) serta Sensor Parkir seperti yang dimiliki Type L dan C. Namun pada Type S CVT terdapat fitur tambahan, yaitu Remote Open Windows and Trunk, dan Anti-Theft System.

Selebihnya, Cortez CT Type S memilki sederet fitur safety seperrti yang ada di Type C dan L, seperti Rear Parking Camera, sistem pengereman Disk Brake di roda belakang yang telah dilengkapi dengan ABS dan EBD, ISOFIX di kursi belakang, hingga dual SRS airbags.

 

Harga

Diposisikan sebagai trim level terendah, tentu saja banderol Cortez CT Type dipatok paling murah dibandingkan dua tipe di atasnya (Type S dan L). Trim terendah (basic) Type S yang bertransmisi Manual 6-speed dengan 8-seater dibanderol hanya Rp 209 juta. Sementara Cortez CT Type S trim tertinggi (bertransmisi CVT 7-seater dengan Captain Seat berrbalut synthetic leather) yang dilepas Rp 233 juta.

Sementara Cortez CT Type C dibanderol dengan rentang harga Rp 238,5 juta untuk trim bertransmisi Manual 6-speed hingga Rp 255 juta untuk trim bertransmisi CVT. Sedangkan banderol Type L (Luxury) dipatok paling mahal dari semua trim level Cortez CT, yaitu Rp 290 juta.

 

Wuling Cortez CT

Type                                                    Harga
Type S Rp 209 juta (varian 1.5T MT) sampai Rp 233 juta (varian 1.5T CVT)
Type C Rp 238,5 juta (varian 1.5T MT) sampai Rp 255 juta (varian 1.5T CVT
Type L Rp 290 juta (varian 1.5T CVT)

 

“Wuling Cortez CT Type S ini memang diposisikan sebagai varian termurah dalam jajaran Cortez CT bermesin Turbo. Kenapa? Ya, agar bisa lebih dijangkau oleh konsumen yang menginginkan sebuah MPV menengah yang sarat fitur tapi dengan harga terjangkau. Memang ada penyesuaian dari sisi fitur, dengan menghilangkan beberapa fitur yang secara cost mahal, seperti beberapa fitur elektronik yang computerized. Namun fitur utama yang tersedia di tipe terendah ini tetap kami sediakan, dan bahkan kami menambahkan beberapa fitur lain yang justru tidak ada di tipe di atasnya,” ungkap Danang Wiratmoko, Product Planning PT SGMW Wuling Indonesia saat on-site preview Wuling Cortez CT Type S ini di Jakarta, Rabu (22/07/2020).

 

Teks: Yusran Hakim

Foto: Tito B. Setiawan

 

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *