Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
IIMS 2016

IIMS 2016 Berlangsung 7-17 April Di Kemayoran

BestCar Indonesia – Penyelenggaraan gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 dipastikan akan berlangsung mulai tanggal 7 hingga 17 April 2016 di JIExpo Kemayoran. Ajang tahunan yang akan digelar selama 11 hari itu diperkirakan akan diikuti oleh sekitar 30 merek roda empat maupun roda dua. Sejauh ini saja dipastikan ada 18 merek mobil dan 8 merek sepeda motor yang mengonfirmasi partisipasinya.

“Hingga hari ini sudah ada 18 merek mobil dan 8 merek motor yang memastikan partisipasinya. Sementara beberapa merek lainnya tengah menyelesaikan segala sesuatunya hingga akhir Maret ini, sehingga kemungkinan akan ada sekitar 30 merek yang tampil di ‘hari H’ IIMS 2016 mulai tanggal 7 April nanti,” ungkap Hendra Noor Saleh, Direktur Dyandra Promosindo selaku penyelenggara IIMS 2016 pada konferensi pers kedua di kawasan SCBD, Sudirman, Jakarta, Selasa (15/3-2016).

Dua APM besar di bawah bendera Astra, Toyota dan Daihatsu, telah mengonfirmasi keikutsertaannya. Begitu pula dengan Honda, Mitsubishi, serta Nissan-Datsun. Sementara pabrikan mobil non-Jepang seperti Mercedes-Benz dan Hyundai juga memastikan partisipasi mereka, selain Audi, BMW, Chevrolet, MINI, Tata Motors, Volkswagen serta brand di bawah 4-Wheels Division Garansindo seperti Chrysler, Jeep, Dodge, Fiat, dan Alfa Romeo.

Di kategori roda dua, ada Garansindo dengan 2-Wheels Division-nya yang memastikan akan turun dengan Ducati, Peugeot Scoooters, motor listrik Zero Motorcycles, dan sepeda premium asal Italia, Italjet. Di luar itu, tentu saja ada Astra Honda Motor, BMW Motorrad, Kawasaki, Royal Enfield, dan Yamaha.

NEWS - IIMS20163

Menurut Hendra Noor Saleh, penyelenggaraan IIMS tahun ini menggunakan hall baru B3 dan C3 yang didesain sedemikian rupa untuk memudahkan lalu lintas pengunjung. Hall yang tahun lalu menjadi ajang konser Ariana Grande itu akan ditempati Chevrolet, Daihatsu, Datsun, Honda, Hyundai, Mitsubishi, Nissan, Toyota dan beberapa lainnya. Sedangkan di Hall B dan C, kelompok mobil premium dimeriahkan Audi, BMW, Garansindo (Chrysler, Dodge, Jeep, dan Fiat), Mercedes-Benz, MINI, dan Volkswagen. Tata Motor juga gabung di area outdoor.

Terobosan yang dimulai tahun lalu dengan mengetengahkan industri sepeda motor, akan berlanjut di seri IIMS 2016 dengan lebih meriah. Garansindo hadir dengan brand Ducati, Peugeot Scooters, Italjet dan Zero Motorcycle. Sementara di Hall C akan bertarung para APM pemimpin pasar seperti BMW Motorrad, Honda, Yamaha serta pendatang baru, Royal Einfield.

Menurut Direktur Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh, rata-rata produsen memang telah mematok IIMS 2016 sebagai sarana penting untuk mendongkrak penjualan di semester pertama 2016, tepatnya di kuartal kedua. “Semua akan bermain total untuk mencetak goal masing-masing. Tugas kami hanya menyiapkan venue yang representatif, konsep pameran yang mumpuni dan program-program unggulan sebagai pendukung acara,” kata Hendra.

Seperti diketahui, kondisi industri otomotif nasional sejak awal tahun 2016 memang kurang menggairahkan. Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) dari seluruh anggotanya menunjukkan, total angka penjualan mobil pada Januari, misalnya, hanya mencapai 84.885 unit alias turun 9,9% dibandingkan periode yang sama tahun lalu (2015). Begitu pula di sektor roda dua. Realisasi penjualan sepeda motor sepanjang Januari 2016 hanya mencapai 416.263 unit, turun 17,2% dibandingkan periode sama tahun lalu (502.783 unit). Kondisi ini sepertinya masih akan berlangsung hingga akhir Maret tahun ini.

Secara umum, publik belum menjadikan kendaraan baru sebagai kebutuhan pasca tahun baru 2016, sembari menunggu produk-produk baru yang menggelinding di pertengahan tahun yang kebetulan bertepatan dengan bulan suci Ramadhan pada Juni nanti. Nah, lanjut Hendra, momentum itu pula yang akan dimaksimalkan produsen untuk menutupi defisit penjualan pada triwulan pertama. Triwulan kedua sepanjang April, Mei dan Juni diprediksi bakal menjadi periode emas otomotif nasional berkaitan dengan Hari Raya Idul Fitri pada bulan Juli.

“Kesan yang kami tangkap, rata-rata produsen memang mematok IIMS 2016 sebagai sarana penting untuk mendongkrak penjualan di Semester I tahun ini. Semuanya akan bermain total untuk mencetak goal masing-masing. Tugas kami tinggal menyiapkan venue yang representatif, konsep pameran yang mumpuni dan program-program unggulan sebagai pendukung acara,” papar Hendra Noor Saleh dalam sesi jumpa pers di Jakarta, Selasa (15/3).

NEWS - IIMS20162

Dyandra Promosindo, lanjut Hendra, tentu berharap seluruh APM bisa mencapai penjualan maksimal lewat event IIMS ini. Berbagai upaya dikerahkan untuk mendukung pencapaian itu, antara lain dengan 50-an acara pendukung. Aspek entertainment tahun ini, masih kata Hendra, menjadi poin penting untuk mendukung serapan pengunjung. “Tujuan utama pameran adalah promosi dan penjualan, tapi itu hanya akan efektif jika crowd-nya mendukung. Semakin padat pengunjung, maka potensi transaksi pun semakin tinggi.”

Seperti ditegaskan Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Ery Erlangga, bahwa IIMS bukan sekadar ajang pamer otomotif, tapi juga menjalankan fungsi untuk menguatkan sinergi semua elemen otomotif dengan cara edukatif dan menghibur, namun tetap fokus pada kenyamanan pengunjung, hadirnya teknologi tertinggi, dan tentu saja pada akhirnya adalah peningkatan penjualan para exhibitors. “Banyak sekali acara pendukung tahun lalu yang dipertahankan karena terbukti bisa menjadi wacana pendidikan dan rekreasi keluarga, seperti Military Zone yang ternyata mendapat sambutan sangat tinggi. Seperti tahun lalu, 50-an supporting event disiapkan untuk memanjakan pengunjung. Tentu saja dibarengi berbagai kegiatan sosial seperti tradisi IIMS,” jelasnya.

Hendra maupun Presiden Direktur Dyandra Promosindo Ery Erlangga menjanjikan acara-acara pendukung itu akan dikemas dengan sentuhan yang lebih fresh dan inovatif. Berbagai program unggulan seperti IIMS Rock Crawling, IIMS Drift War, IIMS Scooter War dan lain-lain akan dikemas dengan format baru. “Salah satu program baru kami yaitu IIMS Edu Class yang mengudang para pelajar untuk mengikuti workshop dengan tema yang bervariasi seputar industri otomotif ini akan menghadirkan pembicara yang berkompeten di bidangnya,” ungkap Hendra, sembari menambahkan, “Yang benar-benar baru adalah tambahan program CSR, yakni Safety Road Education to Children. Sangat penting memberikan edukasi sejak dini soal disiplin dan keselamatan berkendara bagi anak. Acaranya dikemas dan disesuaikan dengan dunia anak-anak,” pungkasnya.

Masih menggandeng Grand Prix International (GPI) Thailand (penyelenggara Bangkok International Motor Show), Dyandra juga tetap mengedepankan pengembangan industri lokal. Misalnya, menghadirkan sektor industri komponen, FIN Komodo buatan Indonesia, dan prototype mobil listrik karya mahahasiswa.  “Sebagai ajang pameran otomotif internasional yang juga menjadi sarana wisata dan edukasi keluarga, kami optimistis mencapai target pengunjung sekitar 380.000 orang. Itu target realistis, bahkan berpotensi lebih dengan adanya momen menjelang bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri. Kan umumnya persiapan mudik dan liburannya disiapkan sejak jauh hari,” ujar Hendra.

Berbagai sarana penunjang, menurut Hendra telah disiapkan. Fasilitas transportasi shuttle bus gratis yang mudah dan nyaman kini disediakan di 14 titik strategis di Jabodetabek. Sebagai catatan, tahun lalu dalam situasi yang sama sekali tak kondusif, IIMS mampu mendatangkan 359.374 pengunjung dengan membukukan total transaksi Rp 1,636 triliun. Jumlah mobil dan motor yang terjual saat itu tercatat 4.894 unit.

Details

Date 7 – 17 April 2016
Time Pukul 10:00 – 17:00 Wib
Venue JIExpo Kemayoran

Jalan Kawasan PRJ Kemayoran, Pusat Niaga Building, Lt. 2. Phone +62 21 26645000

DKI JAKARTA 10620 Indonesia + Google Map. Website www.jiexpo.com

Ticket Rp 40 ribu untuk weekdays Senin – Kamis . Rp 60 ribu untuk weekend Sabtu dan Minggu. Pembelian tiket bisa on the spot atau melalui Dyandra ticketing, blibli.com, dengan promo buy 2 get 1 free dan Indomaret dengan promo buy 1 get 1 free.
Organizer Dyandra: Phone 021 – 71796214 or 3199 6077. Website www.dyandra.com

Teks: Rizki Vox, Oka

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *