Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
HyundaiKona-1

Hyundai Rilis ‘Teaser’ SUV Kompak Berbasis i20

Dibangun sebagai SUV sub-compact global seperti halnya Toyota C-HR, Nissan Juke, Mazda CX-3 dan sejenisnya, Hyundai Kona bakal dijual khusus untuk pasar negara maju seperti di Eropa, Amerika Utara dan Oseania. Siap debut di ajang New York International Auto Show 2017.

BestCar Indonesia – Menyusul rilis gambar teaser pertama dari SUV kompaknya — sejauh disebut sebagai ‘Hyundai B-SUV’ — Hyundai hari ini (Selasa, 04/04-2017) mengumumkan nama resmi SUV kompak berbasis Hyundai i20 tersebut sebagai ‘Hyundai Kona’.

Mengambil nama ‘Kona’ dari nama sebuah distrik di Big Island, Hawai, Hyundai Kona dibangun sebagai SUV sub-compact global seperti halnya Toyota C-HR, Nissan Juke, Mazda CX-3 dan sejenisnya. Hyundai Kona dibuat khusus untuk pasar negara maju seperti di Eropa, Amerika Utara dan Oseania, namun disebut-sebut pasar India juga akan memperoleh bagian – walaupun Hyundai Kona mungkin tidak diperkenalkan sebagai Hyundai Creta seperti yang umum di beberapa pasar di segmen itu.

Gambar teaser yang dirilis Hyundai sendiri hanya memperlihatkan bagian lampu LED yang ramping dari Hyundai Kona. Belum ada detail eksterior lain yang dirilis sejauh ini. Namun keberadaan Hyundai Kona sebetulnya diawali terlebih dulu dengan mobil konsep Hyundai Intrado pada tahun 2014, dan versi produksinya diperkirakan akan menggunakan platform Hyundai i20 yang dimodifikasi. Ini berarti Hyundai Kona akan menawarkan keamanan dan teknologi powertrain yang jauh lebih besar. Hyundai Kona juga diklaim memiliki desain yang sesuai dengan selera pasar Barat dibandingkan dengan Hyundai Creta. Lebih dari itu, SUV kompak Hyundai ini disebut-sebut juga bakal dibekali teknologi driver assistance yang diadopsi dari model-model terbaru pabrikan otomotif asal Korea itu, seperti Hyundai i30.

SUV konsep Hyundai Intrado yang diperkenalkan pada tahun 2014 merupakan cikal-bakal Hyundai Kona

SUV konsep Hyundai Intrado yang diperkenalkan pada tahun 2014 merupakan cikal-bakal Hyundai Kona

HyundaiKona-3

HyundaiKona-4

Di balik bonnet-nya (kap mesin), Hyundai Kona diperkirakan bakal mengusung mesin bensin tiga silinder 1,0liter T-GDi turbocharged, mesin bensin empat silinder 1,4liter T-GDi turbocharged, dan mesin diesel empat silinder 1,6liter CRDi turbocharged sebagai pilihan mesin untuk pasar Eropa. Sementara pilihan transmisinya bakal mencakup model manual 6-speed dan otomatis 7-speed kopling ganda (dual clutch).

Jika tak ada perubahan jadwal, Hyundai Kona disebut-sebut siap debut di ajang New York International Auto Show 2017.

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *