Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Hyundai Perluas Pabriknya di Alabama untuk Membangun Santa Cruz Pikap

Hyundai belum mengungkapkan versi produksi Santa Cruz pikap tersebut — pertama kali ditampilkan dalam bentuk konsep di pameran mobil Detroit 2015. Namun eksekutif Hyundai mengatakan, model produksi pikap Santa Cruz akan tetap setia pada desain ‘funky’ yang ditampilkan pada model konsepnya itu.

 

BestCar Indonesia – Hyundai Motor Co. akan menginvestasikan sekitar US$ 410 juta untuk memperluas pabriknya di Alabama, Amerika Serikat, sebagai persiapan untuk membangun pikap Santa Cruz — kendaraan yang sangat dinanti-nantikan oleh para dealer — dengan produksi dijadwalkan mulai tahun 2021.

Dalam sebuah pernyataan seperti yang dikutip Bloomberg belum lama ini, produsen mobil asal Korea Selatan itu mengatakan proyek tersebut akan menambah sekitar 1.200 pekerjaan baru dan tidak langsung di pabrik Montgomery, Amerika Serikat — yang memproduksi sedan Elantra dan Sonata serta crossover SUV Santa Fe.

“Membawa Santa Cruz ke Hyundai Motor Manufacturing Alabama (HMMA) menunjukkan bahwa Hyundai Motor Company yakin lebih dari 3.000 anggota tim kami siap membangun crossover berkualitas untuk pasar Amerika Serikat,” kata Byungjin Jin, CEO Hyundai Motor Manufacturing Alabama, dalam pernyataannya.

Hyundai belum mengungkapkan versi produksi Santa Cruz pikap tersebut — pertama kali ditampilkan dalam bentuk konsep di pameran mobil Detroit 2015. Namun eksekutif Hyundai mengatakan, model produksi pikap Santa Cruz akan tetap setia pada desain ‘funky’ yang ditampilkan pada model konsepnya itu. Pikap ‘funky’ ini nantinya akan menyasar konsumen Millenial yang tinggal di perkotaan, yang tidak dapat memasukkan pick-up ukuran penuh (full-size) ke tempat parkir yang sempit.

“Ini akan menjadi kendaraan yang sangat serbaguna. Mobil ini sangat menjanjikan untuk menciptakan kelas pembeli yang sama sekali baru,” ungkap Michael O’Brien, wakil presiden perencanaan produk, perusahaan dan digital Hyundai Amerika Serikat kepada Bloomberg pada bulan Juli lalu.

Produksi Santa Cruz di AS tampaknya tak terhindarkan, karena Hyundai perlu membuat truk di Amerika Utara untuk menghindari tarif pajak 25 persen pada truk impor, dan sebagian besar penjualan akan berada di AS. “Pikap ini harus dibuat di Amerika Utara,” kata Bloomberg mengutip O’Brien.

Pabrik Hyundai di Alabama, yang mulai berproduksi pada 2005, memiliki kapasitas untuk memproduksi hampir 400.000 kendaraan setiap tahun.

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *