Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Hyundai Perkenalkan New Tucson dengan Tampilan New & Fresh

Dibanderol dalam rentang harga Rp 490 – Rp 520 juta, Hyundai New Tucson  mengusung sejumlah ‘penyegaran’ pada desain eksterior dan interior yang lebih ‘fresh’, eye-catching plus fitur keselamatan (safety) dan kenyamanan yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen modern masa kini.

BestCar Indonesia – Mengawali tahun 2020 ini, PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) tak mau menunggu lama untuk menghadirkan produk barunya, Hyundai New Tucson dengan tampilan new & fresh. Seperti pendahulunya, Hyundai New Tucson yang hadir di segmen SUV kompak 5-seater ini mengusung sejumlah ‘penyegaran’ pada desain eksterior dan interior yang lebih ‘fresh’, eye-catching plus fitur keselamatan (safety) dan kenyamanan yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen modern masa kini.

Namun berbeda dengan Tucson model sebelumnya yang dijual di pasar dalam dua varian (GLS dan GX), Hyundai New Tucson model year 2020 kini hadir hanya dalam satu varian, yaitu GLS dengan dua pilihan mesin, yaitu tipe bensin 2.0-liter NU MPi Atkinson dan mesin diesel CRDi EVGTurbo 2.0-liter.

Untuk yang GLS dengan mesin tipe bensin dibanderol Rp 464 juta (OTR DKI Jakarta), sedangkan New Tucson GLS tipe mesin diesel CRDi dibanderol Rp 520 juta (OTR DKI Jakarta).

Lalu, dengan harga segitu, apa yang ditawarkan Hyundai New Tucson model 2020 ini?

Desain Exterior

Dari sisi eksterior, Hyundai New Tucson nyaris tak mengalami perubahan berarti dibandingkan pendahulunya yang dilansir HMI pada Juli tahun lalu. Masih tetap mengusung filosofi desain terbaru ‘Fluidic Sculpture 2.0’, dengan tampilan kokoh lewat garis tajam dan gril heksagonal yang kini didesain ulang. dengan empat bilah horizontal berlapis chrome dan bingkai yang juga berlapis chrome (distinctive chrome-framed hexagonal grille) serta kisi-kisi berbentuk diamond-cut berwarna hitam. Meski mengalami redesain, gril New Tucson tetap kental sebagai ‘signature’ Hyundai.

lampu utama tetap mengusung model Projector Head Lamps with HID Xenon 4,300K LED Positioning Lamp, dengan Auto Light Control System. Bedanya, lampu Daytime Running (DRL) LED New Tucson kini berdesain baru. Begitu pula dengan dengan fog lamp (lampu kabut).

 

Perubahan kecil lainnya terlihat pada spion luar (samping) model lipat berdesain baru, dilengkapi dengan puddle lamp dan side repeater. Masih di bagian samping, perubahan terlihat pada belt line pintu yang kini diberi sentuhan garnish chrome. Begitu pula dengan gagang pintu (door handle) yang dilapis chrome.

 

Velg juga memperoleh sentuhan penyegaran, kini berdesain baru. Tak seperti velg Tucson sebelumnya dengan warna two tone, desain baru velg Alloy milik New Tucson terlihat lebih kekar dengan laburan cat single tone. Ukuran ban tetap sama seperti pendahulunya, yaitu 225/60/17. Berrita bagusnya, ban dan velg serep New Tucson kini disediakan dalam ukuran full size (ukuran yang sama seperti yang terpasang), tidak lagi ban dan velg kaleng untuk kondisi darurat seperti pada Tucson sebelumnya.

Sementara di bagian belakang, nyaris tak ada perubahan kecuali pada lampu kombinasi LED baru. Sedangkan di bagian atap sekarang telah tersemat antena shark fin yang menggantikan model batang pada pendahulunya.

Secara keseluruhan, Hyundai menyediakan empat pilihan warna eksterionya untuk New Tucson, yaitu Phantom Black, Platinum Silver, Pepper Grey, dan White Cream.

Interior dan Fitur

Perubahan justru lebih terlihat di dalam kabin, yang interiornya kini didominasi warna Beige cerah dan terkesan lebih modern. Paling mencolok adalah dashboard-nya yang didesain dengan model ‘bertumpuk’ namun tetap memberi kesan minimalis dan lapang, sekaligus modern. Namun konsol tengah sepertinya masih mengadopsi model sebelumnya, tanpa penyegaran berarti. Termasuk, tuas rem tangan model ‘jadul’ yang agak mengganggu tampilan modern interiornya.

Fitur baru paling mencolok yang disematkan di dashboard New Tucson adalah head unit bergaya floating (mengapung) seperti yang ada pada Hyundai Santa Fe. Dengan layar monitor berukuran 7inci, display unit baru ini terkoneksi dengan Android Autolink dan Apple Car Play™ serta dilengkapi dengan fitur Aux, USB, iPod dan Bluetooth untuk menunjang kebutuhan hiburan/entertainment penumpang. Anda tinggal ‘pairing’ telepon seluler ke head unit untuk mengakses berbagai aplikasi, seperti lagu atau peta jalan online.

Di balik lingkar kemudi yang berbalut lapisan kulit baru terpampang instrument cluster dengan layar TFT LCD Supervision baru berukuran 4,2inci, yang menampilkan berbagai informasi kendaraan, termasuk fitur drive mode. O ya, yang disebut terakhir ini memiliki 3 pilihan mode: Normal, Eco dan Sport (pada tipe GLS bermesin bensin) dan 2 pilihan mode: Eco dan Sport (untuk tipe bermesin diesel CRDi).

 

Untuk menghidupkan mesin, New Tucson kini dilengkapi dengan tombol Push/Start serta Smart Key dan Immobilizer. Sayangnya, pengontrol suhu udara yang ditempatkan di atas konsol tengah masih model manual dengan tombol putar. Namun Hyundai mengompensasi kekurangan itu dengan sistem ventilasi udara (AC) belakang berdesain baru, yang bagian bawahnya telah dilengkapi USB Port untuk memudahkan pengisian daya ponsel atau gadget bagi penumpang di bangku baris kedua.

Pengemudi juga makin dimanjakan lewat kursi pengemudi baru yang kini bisa diatur secara elektrik dalam 8 posisi plus Lumbar Support yang membuat punggung tak cepat lelah saat berkendara dalam waktu lama. Pembaruan lainnya di dalam kabin mencakup juga sistem buka-tutup kaca jendela dengan Auto Up-Down & Safety Power Window.

Secara keseluruhan, penyegaran fascia tengah interior Hyundai New Tucson dirancang lebih ‘clean’ dan modern, namun tetap mengedepankan fungsi melalui ergonomika berbagai kontrol yang mudah diakses/dijangkau oleh pengemudi. Kabin New Tucson mungkin bukan yang terlapang di kelasnya, namun menawarkan kombinasi kenyamanan dan ergonomika fungsi yang sangat ideal.

Tempat penyimpanan barang dan cup holder tersebar di seluruh penjuru kabin, mulai dari door trim depan dan belakang, di konsol tengah, glove box di dashboard, di belakang kursi depan, hingga cup holder di arm rest bangku belakang. Bagasi New Tucson juga cukup luas, dengan cover lipat yang menyembunyikan ban serep dan tools kit di bawahnya. Untuk menambah volume bagasi, sandaran kursi  baris kedua bisa dilipat walaupun tak bisa dilipat penuh serata lantai.

“New Hyundai Tucson dengan tampilan fresh ini melengkapi SUV-SUV Hyundai lainnya yang telah hadir di Indonesia dengan kualitas dan desain Hyundai global. Dan dengan beberapa rangkaian penyegaran fitur-fitur, membuat driving experience bersama New Hyundai Tucson semakin nyaman,” ujar Denny Siregar, PLT President Director PT Hyundai Mobil Indonesia.

Fitur Safety

Sebagai SUV urban modern, New Tucson model year 2020 (di pasar Indonesia) ini tentu dibekali sederet fitur keselamatan (safety) dan keamanan (security) aktif dan pasif berteknologi modern. Paling standar tentu saja perangkat kantung udara (airbag) Dual System bagi pengemmudi dan penumpang di depan. Sementara untuk penumpang belakang masih tidak tersedia.

Seperti pendahulunya, struktur rangka Hyundai New Tucson juga sudah menggunakan AHSS (Advanced High Strength Steel) yang memiliki 51% kandungan baja lebih banyak, untuk menjamin kekokohan dan keamanan yang lebih baik. Struktur rangka AHSS juga diklaim berguna untuk menyerap dan meminimalkan distorsi akibat benturan/kecelakaan untuk melindungi penumpang di dalamnya serta mengurangi noise dan vibration (NVH), sehingga kabin lebih senyap.

Sistem pengereman New Tucson juga telah dilengkapi fitur ABS & EBD yang menghasilkan pengereman optimal. Selain itu ada pula tambahan fitur Down Hill Brake Control (DHBC) yang membantu New Tucson ketika merayap turun di jalan curam, dan fitur Hill-Start Assist Control (HSAC) yang akan menahan mobil di tengah tanjakan tanpa harus menginjak pedal rem terus menerus, agar mobil tidak merosot.

Di luar itu, masih ada tambahan fitur Dynamic Guideline Camera yang sangat memudahkan pengemudi ketika memarkir kendaraan, dengan memantau garis pandu dinamis di layar monitor yang mengarahkan posisi parkir paling pas. Bahkan masih ditambah pula dengan fitur Rear Parking Sensor yang memberikan tanda/kode bagi pengemudi untuk jarak aman ketika parkir maupun mundur.

Dynamic guideline camera

 

Powertrain & Drivetrain

Masih menggunakan mesin yang sama seperti model sebelumnya, New Hyundai Tucson yang tersedia dalam pilihan mesin: mesin bensin 2.0-liter NU MPi Atkinson dan mesin diesel CRDi EVG Turbo 2.0-liter. Mesin bensin New Tucson mampu memproduksi tenaga maksimal 157 PS pada 6.200 rpm dan torsi 196 Nm pada 4.000 rpm. Sedangkan mesin diesel CRDi EVG Turbocharged mampu menghasilkan tenaga 178 PS pada 6.200 rpm dan torsi 400 Nm pada rentang 1.750-2.750 rpm.

Kedua varian mesin sama-sama menggunakan transmisi Automatic Shiftronic 6-speed untuk menyalurkan seluruh daya mesin ke roda depan. Hyundai mengklaim transmisi otomatis Shiftronic 6-speed ini tak hanya mampu menghemat konsumsi bahan bakar, tetapi juga menyediakan kenyamanan berkendara berkat perpindahan gigi-nya yang sangat ‘smooth’. Sementara mode manual elektronik yang tersedia pada transmisi ini juga memungkinkan pengemudi merasakan sensasi berkendara yang lebih kental.

Selain itu, Hyundai juga telah menyediakan fitur Drive Mode yang memberi sensasi berkendara berbeda dan sesuai kebutuhan atau keinginan. Pada tipe bensin, ada 3 pilihan drive mode: Normal, Eco dan Sport. Sementara pada tipe CRDi ada 2 pilihan drive mode: Eco dan Sport.

Sementara untuk kaki-kakinya New Tucson mengusung suspensi tipe McPherson strut di bagian depan. Desain suspensi yang disempurnakan ini diklaim menawarkan respons kemudi yang lebih baik dan pengendaraan yang lebih nyaman. Sedangkan suspense di bagian belakang mengadopsi model multi-link dengan (sudut) geometri yang telah ditingkatkan untuk memperoleh kenyamanan dan stabilitas berkendara.

 

Teks: Yusran Hakim

Foto: Yusran Hakim dan HMI

 

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *