Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
FCY2017-1

FORWOT Umumkan 5 Finalis ‘Car of the Year 2017’

Ada fenomena menarik dalam pemilihan FORWOT Car of the Year 2017 kali ini, yakni masuknya model berbasis listrik yang dipilih oleh para juri

BestCar Indonesia – Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) akhirnya memilih lima mobil baru sebagai finalis untuk ‘bertarung’ memperebutkan penghargaan bergengsi FORWOT Car of the Year (FCY) tahun 2017 ini. Dari 26 juri yang terlibat dalam pemilihan, mayoritas suara dijatuhkan pada lima model mobil baru sebagai finalis FCY 2017, yaitu (berdasarkan abjad): BMW i8, Honda Civic, Honda CR-V, Hyundai Tucson, dan Suzuki Ignis.

Ke lima model mobil finalis tersebut disaring dari 32 model baru yang meluncur dari periode Agustus 2016 – Juli 2017. Ke-32 nominator tersebut merupakan mobil yang benar-benar baru (all-new) — bukan minor change, major change, dan penambahan varian — dari pelbagai merek, mulai dari Jepang, Amerika hingga Eropa. Nantinya, akan dipilih salah satu sebagai pemenang FORWOT Car of the Year 2017.

“FORWOT Car of the Year 2017 diselenggarakan untuk memberikan rekomendasi mobil-mobil terbaik yang diluncurkan dalam periode yang telah kami tentukan. Di sini, kami meninjau dan menimbang dari berbagai aspek untuk menilai mobil apa saja yang layak dan pantas masuk guna diadu dan keluar sebagai mobil terbaik,” kata Wakil Ketua Umum FORWOT, Zainal Abidin.

FCY2017-2

FORWOT Car of the Year (FCY) merupakan pemilihan mobil terbaik yang dilakukan oleh para jurnalis otomotif yang bernaung di bawah payung Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) yang telah dilaksanakan sejak 2009. Kriteria penjurian adalah Design, Comfort, Safety, Economy, Handling, Performance, Functionality, Enviromental requirement, Driver Satisfaction, dan Price. Selain itu tentu saja preferensi yang tinggi dari para anggota dewan juri terhadap mobil berdasarkan liputannya, seperti perkenalan produk, media test drive, dan lain-lain.

Zainal menambahkan bahwa proses penjurian mengacu pada “Car of the Year” dari Car of the Year Committe atau www.caroftheyear.org yang dipakai untuk pemilihan mobil terbaik di Eropa, namun telah disesuaikan dengan kondisi pasar otomotif di Indonesia. “Dalam pemilihan FORWOT Car of the Year 2017 ada fenomena menarik, yakni masuknya model berbasis listrik, yaitu BMW i8, yang dipilih oleh para juri,” Zainal menambahkan.

Hal menarik lainnya, dari lima model mobil finalis itu merek Honda mendominasi dengan dua model, yaitu Honda All-New Civic dan All-New Honda CR-V. Sementara merek Toyota yang tahun-tahun sebelumnya selalu mendominasi, pada proses pemilihan FCY tahun ini justru tak ada yang menjadi finalis.

Sementara itu, penjurian FORWOT Car of the Year 2017 akan berlanjut untuk menentukan satu mobil terbaik. “FORWOT Car of the Year 2017 menjadi bukti kredibilitas kami selaku jurnalis otomotif untuk menilai mobil-mobil terbaru yang menghiasi pasar otomotif nasional,” ujar Ketua Dewan Juri, Ekawan Raharja.

Berikut mekanismenya:

  1. Menjaring 32 model baru yang meluncur dari periode Agustus 2016 – Juli 2017
  2. Panel juri memilih dan menghasilkan lima finalis
  3. Lima finalis ini nantinya akan dipilih berdasarkan voting. Tiap juri akan diberikan 25 poin yang didistribusikan pada finalis

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *