Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
RangerBronco-1

Ford: New Ranger dan Bronco Meluncur pada 2019 dan 2020

Seperti Ranger, Ford Bronco generasi mendatang juga akan dibangun di Michigan Assembly Plant dan siap meluncur pada tahun 2020 setelah Ranger pada 2019.

BestCar Indonesia – Ford akhirnya memilih ajang pameran otomotif North American International Auto Show (NAIAS) 2017 alias Detroit Auto Show 2017 — yang baru saja berkahir 22 Januari lalu di Detroit — sebagai tempat resmi untuk mengumumkan bakal kembalinya pikap (pick-up) andalan mereka, Ranger, sebagai model tahun 2019 untuk pasar Amerika Utara. Bukan cuma itu, di ajang yang sama Ford secara resmi juga mengkonfirmasi kembalinya Bronco pada tahun 2020.

Menurut Joe Hinrichs dari Ford Motors Company mengungkapkan bahwa Ford Ranger untuk pasar Eropa (seperti foto di atas) akan menjadi basis bagi Ranger untuk pasar Amerika Serikat model 2019 yang akan datang. Ford Ranger yang dijual di Amerika Utara akan dibangun pabrik perakitan Ford Michigan, dan menurut Hinrichs, akan menampilkan styling front-end yang unik, pilihan mesinlebih beragam, serta lebih banyak fitur dibandingkan pikap Ranger untuk pasar Eropa.

Seperti Ranger, Hinrichs menjelaskan bahwa Bronco generasi mendatang juga akan dibangun di Michigan Assembly Plant. Belum banyak detail informasi tentang Bronco yang ‘dibocorkan’, namun Hinrichs menggambarkan Bronco sebagai kendaraan 4×4 (4WD) menengah dengan kapabilitas off-road yang mumpuni dan ruang serta fleksibilitas sebuah SUV. Ia digambarkan mampu mengakomodasi kebutuhan akan kendaraan harian hingga melakukan perjalanan ke pelosok medan berbatu, gravel, berlumpur dan salju.

Pertanyaannya, apakah Bronco juga bakal dibangun di atas platform Ranger generasi mendatang? Memang belum ada konfirmasi resmi soal ini, tapi tampaknya seperti itulah petunjuk yang tersirat dari Ford.

RangerBronco-2

Kabar bakal kembalinya Ford Ranger dan Bronco ke line-up Ford sebetulnya telah cukup lama beredar. Seorang representatif United Auto Workers lah yang pertama kali mengungkapkan soal kontrak serikat Ford dengan rencana kembalinya Ranger dan juga Bronco pada Oktober 2016. Tapi, ini adalah pertama kalinya Ford secara resmi dan sepenuhnya menegaskan bahwa kedua model tersebut akan kembali, sekaligus menyebutkan dimana keduanya akan diproduksi, dan bahkan waktu debutnya nanti. Hari ini, Ford juga menegaskan bahwa Ranger dan Bronco merupakan dua dari lima model kendaraan utilitas (utility) baru yang telah dipastikan untuk meluncur pada tahun 2020.

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *