Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
Fiesta-1

Ford Fiesta 2018, Kini Makin Melar

Fiesta terbaru dibekali fitur electronic torque vectoring yang berbasis rem, dengan sederet fitur keselamatan canggih, termasuk park assist, adaptive cruise control, blind-spot warning, forward-collision warning, pedestrian detection, dan lane-keeping assist — tak satu pun yang pernah diditawarkan di Fiesta sebelumnya.

BestCar Indonesia – Ford Fiesta yang beredar saat ini mungkin memiliki sejarah yang relatif singkat di Amerika Serikat, tetapi di Eropa ia telah menjadi salah satu produk Ford yang paling penting selama beberapa dekade. Selama empat tahun terakhir, Fiesta telah menjadi mobil kecil terlaris di Eropa. Dan sekarang, Fiesta baru, generasi ketujuh (hanya versi generasi pertama dan keenam yang telah dijual di Amerika Serikat) ‘mendarat’ kembali di negeri ‘Uncle Sammuel’ itu. Mengingat banyaknya kesamaan Fiesta versi Eropa sebelumnya yang berbagi dengan Fiesta Amerika Utara (pasar Kanada dan sekitarnya), agak sulit memperkirakan detil perubahan apa saja yang dibawa Fiesta model 2018 sebelum ia tiba di Amerika Serikat tahun ini.

Ford menawarkan dua versi body style hatchback untuk Fiesta terbaru (model 2018 untuk pasar AS) ini, 4-pintu dan 2-pintu — yang disebut terakhir ini kemungkinan besar bukan untuk pasar Amerika Serikat. Dibandingkan dengan hatchback 4-pintu yang beredar saat ini, versi baru hatchback Fiesta 4-pintu sedikit lebih besar, dengan wheelbase melar 0,2inci, track belakang lebih lebar 0,4inci, dan track depan membengkak 1,2inci. Desain eksteriornya secara keseluruhan memunculkan kesan lebih lebar dan lebih rendah, dengan lebih banyak garis atletis di bagian belakang.

Fiesta-7

Fiesta-6

Fiesta-8

Di bagian dalam, perbaikan interior Fiesta terlihat jauh lebih dramatis, seperti dashboard yang menyajikan antarmuka jauh lebih menarik dan modern ketimbang kumpulan tombol ruwet yang terkesan murahan pada dashboard Fiesta saat ini. Sebuah layar sentuh ukuran 8,0inci (kemungkinan besar ditawarkan sebagai opsional) didesain seperti ‘muncul’ dari konsol tengah dan menggunakan Ford Sync 3 software; volume dan tombol-tombol tuning, sementara beberapa tombol audio lainnya berada di bagian bawah. Ruang di kursi belakang juga diperluas, dan pintu belakang hatch-nya kini menawarkan pembukaan yang lebih besar dari sebelumnya.

Fiesta-3

Fiesta-2

Fiesta-4

Fiesta-12

Fiesta-5

Saat ini Ford hanya menyediakan tiga pilihan mesin untuk Fiesta: mesin bensin tiga silinder 1,0liter dan 1,1liter, serta mesin diesel 4-silinder 1.5-liter turbocharged. Mesin bensin EcoBoost tiga silinder 1,0liter adalah yang paling mungkin untuk pasar Amerika Serikat, mengingat bahwa Fiesta yang beredar saat ini sudah menawarkan mesin serupa di negara itu. Mesin bensin 3-silinder 1,0liter turbocharged yang diperbarui diklaim mampu memproduksi hingga 138 tenaga kuda (15hp lebih besar dari output mesin spesifikasi Amerika Serikat saat ini), diteruskan ke roda depan (FWD) melalui transmisi manual 6-speed atau otomatis 6-speed. Bagaimanapun, pasar Amerika Serikat tetap berharap Ford juga akan menawarkan mesin empat silinder tanpa turbocharger (naturally aspirated), dan itu kemungkinan berbasis mesin 4-silinder 1,6liter dari Fiesta standar yang beredar saat ini.

Fiesta-13

Fiesta-14

Fiesta-15

Ford mengklaim body Fiesta generasi ketujuh ini lebih kaku dari sebelumnya, dengan peningkatan kekedapan kabin serta isolasi akustik pada kaca depan yang mampu mengurangi tingkat kebisingan interior secara signifikan. Suspensi tetap sama, masih menggunakan model strut bar di bagian depan dan torsion beam di bagian belakang. Namun kini Fiesta terbaru dibekali pula dengan fitur electronic torque vectoring yang berbasis rem. Selain itu, tersedia juga sederet fitur keselamatan canggih, termasuk park assist, adaptive cruise control, blind-spot warning, forward-collision warning, pedestrian detection, dan lane-keeping assist — — tak satu pun yang pernah diditawarkan di Fiesta sebelumnya.

Fiesta-11

Yang jelas, Ford menekankan luasnya varian dan trim level baru dalam line-up Fiesta dengan empat versi hatchback berbeda yang akan ditawarkan untuk seluruh pasar di Benua Amerika (belum jelas versi mana saja yang bakal masuk ke pasar Amerika Serikat). Di atas versi standar hatchback empat pintu saja ada trim Titanium. Lalu ada juga varian kelas atas, Vignale, versi crossover yang terinspirasi dari varian Active, dengan ground clearance sedikit lebih tinggi dan body cladding ekstra. Di luar itu, masih ada tambahan varian ST-Line yang berorientasi sport (jangan terkecoh dengan varian ST hot hatch ‘full-blown’, yang akan datang kemudian). Ford bahkan akan mendatangkan juga varian sedan untuk pasar Amerika Serikat.  Tunggu saja.

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *