Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
audiq8-1

Flagship SUV Konsep Audi Q8 Dipastikan Tampil di NAIAS 2017

Meski disebut-sebut mengambil filosofi yang sama dengan BMW X6 dan Mercedes-Benz GLE Coupe, Q8 diyakini diposisikan di atas model-model kedua rival Jermannya itu dalam hal ukuran, harga, dan fitur. Audi Q8 bahkan mungkin menargetkan Bentley Bentayga dan Porsche Cayenne sebagai pesaing langsungnya.

BestCar Indonesia – Produsen mobil asal Jerman, Audi, tak mau ketinggalan melakukan ‘pemanasan’ menjelang digelarnya ajang pameran otomotif Detroit Auto Show (NAIAS – North America International Auto Show) 2017 pada minggu kedua Januari 2017. Seperti beberapa produsen mobil dunia lainnya, Audi juga merilis gambar teaser pertama dari SUV konsep Q8 yang konon bakal memasuki jalur produksi dalam waktu dekat.

Gambar sketsa resmi dari Q8 concept yang bakal menjadi flagship bagi Audi dalam line-up SUV-nya itu dibagikan oleh situs berita Jerman, Welt yang memuat wawancaranya dengan chief desainer Audi, Maret Lichte, tentang rencana merek Audi di masa depan. Audi Q8 yang merupakan salah satu proyek pertama Lichte di Audi, akan duduk berbarengan dengan A8 di tangga paling atas line-up Audi saat ini. Q8 sendiri digambarkan sebagai persilangan antara SUV ‘tradisional’ dan Sport Coupe.

Meski disebut-sebut mengambil filosofi yang sama dengan BMW X6 dan Mercedes-Benz GLE Coupe, Q8 diyakini diposisikan di atas model-model kedua rival Jermannya itu dalam hal ukuran, harga, dan fitur. Audi Q8 bahkan mungkin menargetkan Bentley Bentayga dan Porsche Cayenne – keduanya berbagi platform MLB-EVO yang juga menjadi dasar untuk Audi Q7 dan A8 generasi berikut – sebagai pesaing langsungnya.

audiq8-2

Sayangnya, dalam wawancara dengan situs Welt itu Lichte belum mau membocorkan rincian tentang powertrain mobil konsep Q8. Tetapi, model produksi yang akan diperkenalkan di pasar pada 2018 diharapkan dapat mengusung beberapa pilihan mesin diesel generasi baru serta mesin bensin V6 dan V8 turbocharged. Versi produksi varian SQ8 nantinya kemungkinan akan dibekali mesin diesel V8 4.0-liter yang diadopsi dari SQ7 namun dengan tambahan kompresor bertenaga listrik, membuatnya mampu meletupkan tenaga maksimal hingga 429hp (435PS) dan torsi puncak 900Nm (664lb-ft). Sementara varian RS Q8 yang lebih ekstrem bakal mengadopsi mesin bensin V8 bi-turbo yang mampu memproduksi tenaga sekitar 600hp. Audi bahkan kemungkinan juga akan menyediakan varian E-tron yang bertenaga murni listrik dalam line-up Q8.

Sepanjang wawancara dengan Welt, Lichte secara implisit mengakui bahwa bahasa desain Audi telah menjadi agak basi selama bertahun-tahun dan karenanya Audi butuh lebih banyak diferensiasi dalam produknya ke depan. “Masukan dari beberapa pelanggan yang kami datangi langsung menyebutkan, kami tidak memiliki diferensiasi yang mereka butuhkan. Tapi ini akan berubah di masa depan. Setiap model Audi baru akan memiliki karakter tersendiri dan mengungkapkannya dalam bahasa formal — baik dari sisi eksterior maupun interior,” ungkapnya.
Tentu saja, ini menimbulkan pertanyaan apakah Q8 merupakan kelanjutan dari mobil konsep E-Tron dan H-Tron atau merupakan model yang terpisah? Faktanya, jika melihat apa yang dilakukan Audi dengan strategi model terpisah dan dua mobil studi Tron yang tercermin lewat preview Q6, SUV mendatang kedua Audi, tampaknya kita gagal melihat diferensiasi seperti yang dikatakan Lichte.

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *