Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
BESTCAR FIRST DRIVE – Bentley Continental GT V8 S Coupe 2016

THE BIG BOSS BUST A MOVE

8.5 Score by BestCar Indonesia

BestCar Indonesia – Semenjak diperkenalkan tahun 2002 silam, Bentley Continental GT telah menjadi ikon di antara para coupe supermewah. Disukai para selebriti, rapper, atlit superstar dan miliuner, coupe ini tak ubahnya pelengkap tas Louis Vuitton di tangan mereka. Seiring bertambahnya usia, Continental GT terus alami pembenahan. Di antaranya mesin baru V8 twin-turbo sebagai pendamping mesin ‘monster’ W12 twin-turbo mulai tahun 2013. Walaupun menyusut drastis dan tentu kalah sprint melawan W12, ukuran mesin lebih kompak berimbas pada bobot lebih ideal yang membuat GT V8 lebih menyenangkan di jalan berkelok.

BESTCAR FIRST DRIVE – Bentley Continental GT V8 S Coupe 2016

Kemudian Bentley menawarkan mesin V8 yang lebih memiliki potensi lebih besar dengan tambahan tenaga 20hp dan torsi 20Nm untuk trim GT V8 S. Suspensi udara lebih ‘membumi’ 10mm, per dan peredamannya diatur agar lebih terorientasi ke sektor pengendalian. Untuk menyempurnakan perubahan suspensi, kemudi dan kontrol peredaman dikalibrasi ulang untuk meningkatkan kestabilan. Dan kini, unit tersebut telah dijual secara resmi oleh PT Grandauto Dinamika sebagai Agen Pemegang Merek (APM) di Indonesia.

BESTCAR FIRST DRIVE – Bentley Continental GT V8 S Coupe 2016

Desain Continental GT yang ikonik menerjemahkan perpaduan antara elegan dan powerfull. DNA Bentley klasik terpancar dari garis sensual sepanjang sisi samping, menyatu gemulai dengan wajah aristokrat khas Bentley. Wujud elegan GT V8 S mengalami perubahan dengan beberapa detail baru. Bumper depan baru dengan revisi pada air dam yang lebih tajam dan melebar, memperkenalkan bahasa desain Bentley yang disebut “assertive stance.”  ‘Kaki-kaki’ mengusung velg 21inci yang eksklusif khusus untuk GT V8 S, ditambah badge krom di fender seperti di GT Speed. Pilihan warna cerah seperti warna Flame Orange di mobil tes ini dan warna interior didominasi kelir beige terang, menggambarkan Continental GT yang lebih periang dan bersemangat.

BESTCAR FIRST DRIVE – Bentley Continental GT V8 S Coupe 2016

BESTCAR FIRST DRIVE – Bentley Continental GT V8 S Coupe 2016

Gril radiator dan bumper corak hitam mencontoh Bentley Speed Six pemenang Le Mans tahun 1920-an, menandakan ‘gen’ balap sesungguhnya yang memang kuat sejak dulu. Garis bodi mengalir dengan lengkungan yang terinspirasi R-Type Continental tahun 1950-an, menghadirkan ciri kuat sebagai keluarga Bentley Continental paling agresif. Di bagian belakang, empat lubang pipa knalpot khusus untuk GT V8 S sebagai pembeda paling kentara dengan GT Speed W12. Dipercantik taillight baru yang juga diperkenalkan untuk model Continental GT Speed dan GTC.

BESTCAR FIRST DRIVE – Bentley Continental GT V8 S Coupe 2016

BESTCAR FIRST DRIVE – Bentley Continental GT V8 S Coupe 2016

Teks: Anindiyo Pradhono  |  Foto: Edi Weente

HIGHLIGHT
Plus (+)
  • Kenyamanan Grand Tourer
  • Tenaga tidak kalah buas dari mesin W12
  • Pengendalian
Minus (-)
  • Warna interior
  • Bobot keseluruhan

BESTCAR FIRST DRIVE – Bentley Continental GT V8 S Coupe 2016

Meskipun lebih sporty, kualitas interior GT V8 S tetap layaknya Grand Tourer yang menawan. Dibuat oleh tangan-tangan seniman menggunakan bahan material terbaik, interior GT tak ubahnya state-of-the-art yang tanpa cela. Perhatian juga dituju pada fitur yang mendukung kemewahan. Salah satunya sistem infotainment touch screen yang menggunakan software terbaru lengkap dengan data traffic, radio digital, satelit navigasi dengan ‘poin of interest’ lebih lengkap, dan pencitraan lansekap yang lebih halus. Tapi jangan cari USB port, kemudi dengan pemanas, fitur lane-departure warning, forward-collision warning, ataupun active braking yang sudah menjadi fitur standar mobil-mobil medium saat ini, karena Continental GT V8 S belum memiliki itu semua.

BESTCAR FIRST DRIVE – Bentley Continental GT V8 S Coupe 2016

BESTCAR FIRST DRIVE – Bentley Continental GT V8 S Coupe 2016

Duduk di balik kemudi GT sangatlah nyaman dengan jok berbalut kulit mewah yang dapat diatur secara elektrik dan memiliki fitur pijat. Semuanya tampak sempurna dan seharusnya setiap yang duduk di dalamnya adalah orang-orang yang pantas. Tutup pintu coupe besarnya, maka Anda segera terisolasi dari dunia luar. Bahkan raungan mesin V8 di balik bonnet-nya benar-benar diredam dengan sangat baik. Tidak banyak ruang untuk ditempati di kursi belakang jika Anda ingin membawa penumpang lebih banyak. Singgasana sebuah Grand Tourer coupe ialah kokpit yang harus dikemudikan sendiri pemiliknya.

BESTCAR FIRST DRIVE – Bentley Continental GT V8 S Coupe 2016

BESTCAR FIRST DRIVE – Bentley Continental GT V8 S Coupe 2016

BESTCAR FIRST DRIVE – Bentley Continental GT V8 S Coupe 2016

BESTCAR FIRST DRIVE – Bentley Continental GT V8 S Coupe 2016

Sejujurnya, sejak awal ada keraguan mengenai performa mesin Bentley Continental GT V8 S Coupe 2016 dibanding ‘saudara tuanya’ yang bermesin W12. Dibandingkan mesin 6,0-liter W12 yang menghasilkan tenaga 567hp, tentu mesin V8 tidak dapat menyamai besaran tenaga tersebut. Namun patut diingat, mesin V8 jauh lebih kompak yang berdampak pada berkurangnya bobot mobil secara keseluruhan. Salah satu tujuan utama Bentley mengembangkan mesin ini adalah untuk memenuhi standar baru konsumsi bahan bakar Environmental Protection Agency (EPA) yang berlaku. Dan pastinya, emisi gas buang dihasilkan lebih rendah.

BESTCAR FIRST DRIVE – Bentley Continental GT V8 S Coupe 2016

Jantung mekanis yang tertanam di balik bonnet Continental GT V8 S merupakan versi upgrade dari mesin Bentley V8 4.0-liter, 32-valve, twin-turbocharged yang sudah familiar sebelumnya . Alhasil, untuk GT V8 S terbaru tenaga mampu diperas hingga 521hp pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi ‘badak’ 680Nm di 1.700rpm. Klaim akselerasi 0-100km/jam dalam 4,5 detik dan kecepatan puncaknya mencapai 309km/jam.  Angka-angka tersebut tentu saja tidak mampu mengalahkan keperkasaan mesin W12. Output boleh saja berbeda 46hp dan 19Nm, tapi bobotnya yang lebih ringan 46kg membuat GT V8 S mampu lebih menonjolkan karakter sport khas Bentley yang terpendam. Tak diragukan lagi, inilah Bentley paling menyenangkan dengan level kepuasaan berkendara tinggi tanpa menghilangkan gengsi aristokratnya.

BESTCAR FIRST DRIVE – Bentley Continental GT V8 S Coupe 2016

Desiran torsinya begitu membuncah di putaran sangat rendah, mengalir mulus secara linear seiring meningkatnya putaran mesin. Sama sekali tidak  ‘meledak-ledak’ namun akselerasinya supercepat. Dahsyatnya tenaga disalurkan secara sempurna menuju keempat roda via transmisi otomatis baru 8-kecepatan berasio-rapat buatan ZF. Saat berjalan santai, transmisi ini memberikan kehalusan yang memukau. Sementara pada moda perpindahan manual melalui paddle shift berlangsung cepat merespon tiap jentikan jari. Sayangnya, tidak terjadi sensasi sentakan ‘sensasional’ di leher tiap kali melakukan upshift.

BESTCAR FIRST DRIVE – Bentley Continental GT V8 S Coupe 2016

Bukan masalah seberapa besar sudut jarum speedometer dapat berputar, melainkan ‘feel’ mesin V8 twin-turbo terbaru yang lebih sensasional ketimbang mesin W12. Lengkingan nada yang keluar dari knalpot lebih gurih didengar. Akselerasi mengambang dari 80km/jam menuju 160km/jam hanya sekelebat saja, dengan jarak tak sampai 300 meter. Semudah itu. Lonjakan tenaga dan torsi besar sukses melesakkan tubuh saya ke joknya yang nyaman saat menginjak pedal gas hingga terbenam di lantai. Yang hebat, torsi sebesar itu terjaga rata di puncaknya hampir di seluruh powerband mulai dari putaran rendah hingga putaran tinggi, seolah tiada habisnya.

BESTCAR FIRST DRIVE – Bentley Continental GT V8 S Coupe 2016

Sama seperti GT W12, GT V8 S ibarat tabung kedap suara beroda yang sangat cepat. Benamkan pedal throttle dalam-dalam, maka seketika pandangan sekitar Anda akan kabur, dan GT V8 S membawa Anda dari titik A ke titik B dengan penuh wibawa. Ada rasa kenikmatan mengemudi yang diberikan oleh Grand Tourer sejati ini. Anda akan dengan senang hati menelusuri seluruh jalan di tol untuk sekadar menikmati esensi sebenarnya dari sebuah Grand Tourer. Kenyamanan merupakan salah satu faktor terpenting, dimana segala sesuatu yang ada pada Continental GT V8 S memang dibuat agar betah berlama-lama dikemudikan.

Suspensi udara memberi karakter berimbang antara tetap menjaga keseimbangan laju mobil dan meredam berbagai kondisi permukaan jalan. Mobil ini bukanlah sebuah mobil sport murni dengan segala kebrutalan tenaga dan surga handling-nya. Kalau menginginkan itu semua, pilih saja supercar semacam Ferrari, Lambo, Porsche, Merc AMG atau BMW M Division. Kenyataan selama pengujian cukup memberi gambaran bahwa  karakteristik Continental GT V8 S tidaklah memberikan kesenangan berlebih yang menggetarkan emosi. Tidak ada penetrasi yang berujung pada klimaks ‘cargasm’. Segalanya serba halus dan senyap, layaknya sedan premium mewah seperti 7-series maupun S-Class, hanya berbeda kelas.

BESTCAR FIRST DRIVE – Bentley Continental GT V8 S Coupe 2016

Saat menguji handling di tikungan, terasa sekali fleksibilitas sasisnya yang tipikal mobil touring. Tak dipungkiri dimensinya yang besar menyumbang rasa berat dalam bermanuver. Tapi tetap saja, pengendaliannya di jalan selalu memukau saya. Struktur untuk menunjang performa ekstrem GT V8 S mengandalkan sasis unik yang telah mengalami perubahan, termasuk juga sistem steering, suspensi dan mengurangi ketinggian mobil. Power steering hidraulik yang diusung justru di luardugaan saya, ia mampu bereaksi cepat dan akurat. Sistem penggerak all-wheel drive (AWD) juga sukses menjaga pengendalian tetap netral tanpa understeer maupun oversteer. Apalagi ada Electronic Stability Control (ESC) yang membantu mobil tetap berada di jalurnya saat saya terlalu cepat memasuki tikungan dengan kondisi trek sirkuit Sentul yang basah akibat hujan deras. Sebuah mobil yang besar, mewah dan nyaman, namun sangat kencang dan mudah dikendalikan. Anda harus memandang dari perspektif yang berbeda, karena GT V8 S sama kencangnya dengan GT W12. Yang membedakan, menurut saya, GT V8 S lebih berkarakter dan lebih menyenangkan untuk dikendarai.

MODEL                  TIPE/TRIM/VARIAN
Bentley Continental GT V8 S Coupe

 

MESIN
Tipe Mesin V8, 32 valve, DOHC, Twin Turbo
Sistem suplai bahan bakar Direct Injection
Isi silinder/displacement (cc) 3.993cc
Rasio  Kompresi 9,3 : 1
Bore/diameter x stroke/langkah (mm) 84.5 x 89mm
Power maksimal (hp/rpm) 521hp @ 6.000rpm
Torsi Maksimal (Nm/rpm) 680Nm @ 1.700rpm

 

RUNNING COST/BIAYA OPERASIONAL
HARGA
On-the-road – Jabotabek (Rp) By request
Off-the-road (Rp) By request
KONSUMSI BAHAN BAKAR
Dalam Kota (km/liter) 6,4 (klaim)
Luar Kota/Tol (km/liter) 10,6 (klaim)
Kombinasi (km/liter) 9,3 (klaim)
Emisi CO2 (g/km) 250
Kapasitas Tanki BBM (liter) 90
Jenis bahan bakar Unleaded RON 98
Garansi servis Data tidak tersedia
HYBRID, ELECTRIC VEHICLE (EV) & FUEL CELL VEHICLE (FCV)
Jarak tempuh dengan tenaga listrik (km) Tidak ada
Jarak tempuh hybrid (kombinasi listrik/mesin/fuelcell-hidrogen) (km) Tidak ada
Baterai (kWh) Tidak ada
Motor Listrik (hp) Tidak ada

 

TRANSMISI
Tipe Otomatis 8-kecepatan
Rasio Gigi 1 4.710
Rasio Gigi 2 3.140
Rasio Gigi 3 2.100
Rasio Gigi 4 1.670
Rasio Gigi 5 1.290
Rasio Gigi 6 1.000
Rasio Gigi 7 0.840
Rasio Gigi 8 0.670
Rasio Gigi Mundur/Reverse 3.320
Rasio gigi akhir/final gear ratio 3.520
RASIO TRANSFER CASE
High (4H) Tidak ada
Low (4L) Tidak ada
Sistem penggerak-roda All-Wheel Drive (AWD)

 

DIMENSI & KAPASITAS
Panjang total (mm) 4.818
Lebar total (mm) 1.947
Tinggi total (mm) 1.391
Jarak Poros Roda/Wheelbase (mm) 2.746
Kapasitas kursi/bangku penumpang 4
Headroom depan (mm) 1.006
Legroom depan (mm) 1.049
Headroom belakang (mm) 927
Legroom belakang (mm) 826
Volume bagasi (min, liter) Data tidak tersedia
Volume bagasi (maks, liter) 358
Daya Derek/Towing weight (kg) Data tidak tersedia
Ground Clearance (mm) 110
Berat kosong/Kerb weight (kg) 2.295
Berat Kotor/Gross vehicle weight (kg) 2.750
Jarak Pijak/Tread – Depan (mm) Data tidak tersedia
Jarak Pijak/Tread – Belakang (mm) Data tidak tersedia
Approach angle Data tidak tersedia
Departure angle Data tidak tersedia
Ramp brakeover angle Data tidak tersedia
Depth Wading Data tidak tersedia
Overhang - depan Data tidak tersedia
Overhang - belakang Data tidak tersedia

 

SUSPENSI
Suspensi depan Double Wishbone
Suspensi belakang Multi-link

 

REM
Rem Depan Cakram berventilasi
Rem Belakang Cakram berventilasi
ABS Ada
EBD Ada
Brake Assist + Hidraulic (BA) Ada

 

VELG & BAN
Velg 20inci
Ban 275/40

 

SISTEM KEMUDI
Tipe Electronic
Tilt Steering Ada
Telescopic Steering Ada
Radius Putar/turning circle (meter) 11,3

 

PERFORMA PENGUJIAN
Akselerasi 0-100km/jam (detik) 4,5 (klaim)
0-400m @ top speed km/jam (detik) Data tidak tersedia
Jarak pengereman (meter) Data tidak tersedia
Top speed (km/jam) 309 (klaim)

 

FITUR EKSTERIOR
Headlamps – Halogen Tidak ada
Headlamps – LED Ada
Headlamps - Auto On/Off Ada
Headlamps - Manual Leveling Ada
Headlamps – Washer/Wiper Tidak ada
Foglamps – Front Ada
Foglamps - Chrome Finishers Ada
Daytime running light/ DRL - Separate Cavity Ada
Wipers – Depan, dengan variable speed Ada
Wipers – Belakang, dengan variable speed Tidak ada
Spion samping – dengan Power Adjust Ada
Spion samping – dengan Turning Signal Ada
Spion samping – dengan Manual Folding Ada
Spion samping – dengan pemanasa/heated Ada
Handel Pintu/Door Handles Ada
Handel Pintu bagasi/Trunk Handle Ada
Roof Rail Tidak ada
Tinted Windows - Solar Absorbing Ada
Tinted Windows – Privacy Ada
Side Moulding - Anthracite Color Ada
Grille Model jaring dengan warna hitam
Skid Plate Ada
Side step Tidak ada

 

FITUR INTERIOR
Interior Color Beige dengan kombinasi coklat tua
Door Trim - PVC Leather Ada
Power Windows – Depan Ada
Power Windows – Belakang Tidak ada
Power Windows - Express Up/Down Driver Ada
Sunshades Ada
Rear View Mirror – Dimming Ada
Roda kemudi - Tilt & Telescopic Ada
Roda kemudi – Material Ada
Penyimpanan - Sunglass Holder Ada
Penyimpanan - Cup Holders at Each Row Ada
Penyimpanan - Hidden Rear Cargo Space Tidak ada
Interior Lamp - Map Lamp Ada
Interior Lamp - Courtesy Lamp Ada
Interior Lamp - Rear Storage Ada
ECO Assist Tidak ada

 

FITUR KENYAMANAN (CONVENIENCE)
Cruise Control Ada
Start/Stop Engine Button Ada
Multi Information Display (MID) Ada
Hill Descent Control (HDC) Tidak ada
Sunroof - Electric Tidak ada
12V Power Socket Ada
230V Inverter Power Outlet Ada
Tire Pressure Monitoring System Ada
CLIMATE & HEATING
Manual AC Ada
Electric Defogger – Kaca Jendela Belakang Ada
Air Filter – Pollutant Ada
SEATING COMFORT
Kursi Depan – Bucket Ada
Kursi pengemudi - 6-Way Manual, 2-Way Headrest Ada
Kursi penumpang depan - 4-Way Manual, 2-Way Headrest Ada
Kursi belakang - 60/40 Split Bench dengan  Flat Folding dan  Arm Rest Tidak ada
Kantung di belakang kursi/Seat Back Pocket – Kursi depan Ada
Material kursi Kulit

 

FITUR AUDIO KOMUNIKASI & KONEKTIVITAS
Multimedia System dengan LCD touchscreen Ada
Head Unit Data tidak tersedia
iPod Connectivity Ada
Bluetooth Connectivity - Smartphone Compatible Ada
USB/AUX-in Tidak ada
SIRI Eyes Free Voice Command Tidak ada
CD Player Ada
Speakers Ada
Audio & Phone Steering Switch Ada

 

FITUR KESELAMATAN (SAFETY)
Airbags - Dual Front Ada
Airbags - Samping Ada
Airbags - Curtain Ada
Seat Belts - Depan Ada
Seat Belts - Belakang Ada
Seat Belts - Reminder Alert Ada
Headrest - 2-Way Adjustable Ada
ISOFIX with Top Tether Tidak ada
Side Impact Beams Ada
ABS with EBD and PBA Ada
Electronic Stability Control (ESC) Ada
Hill Start Assist (HSA) Tidak ada
Hill Descent Control (HDC) Tidak ada
Parking Assist – dengan sonar belakang Ada
Parking Assist – dengan kamera belakang Ada
Speed Sensing Auto Lock Ada
Struktur Rangka Bodi Ada
Pedestrian Protection Ada
Trailer Stability Assist (TSA) Tidak ada

 

FITUR KEAMANAN (SECURITY)
Alarm Ada
Tipe Kunci Keyless
Immobiliser Ada
Deadlocks Ada
Central locking Ada
Remote locking Ada
Laminated Glass Ada
Secure spare wheel Ada
Satellite tracking Ada

 

PILIHAN WARNA BODY (EXTERIOR COLOURS)
Black Ada
White Ada
Silver Ada
Brown Data tidak tersedia
Red Ada
Blue Ada
Orange Ada
Gray Data tidak tersedia

Review Score by BestCar.id

  • 8.5
  • 8.5
  • 8.5

    Score

    Menurut Kami: Yacht mewah bertenaga power boat. Bentley Continental GT V8 S memang mampu memanjakan Anda dari banyak sisi. Kompetitor: Aston Martin DB9. Meski memiliki mesin lebih besar (V12), Aston Martin dan Bentley saling menjaga gengsi sebagai Grand Tourer Britania terbaik. Ramuannya pun sama, meracik mobil penjelajah ulung dengan unsur sport yang kental.