Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
MAZDA MX-5

FOR PURIST ONLY!

7.5 Score by BestCar Indonesia

BestCar Indonesia – Siapapun pasti setuju bahwa Mazda MX-5 Miata merupakan salah satu mobil sport terbaik semenjak kelahirannya hingga sekarang. Kecuali, bagi pencinta kecepatan yang sangat memuja ratusan ekor kuda dengan akselerasi sebisa mungkin mengalahkan sosok Bugatti Veyron. Oke, hal tersebut tidak pernah masuk dalam kamus sang Miata. Tapi cobalah menelaah lebih dalam mulai sejarah, reputasi, konstruksi, dan langsung mengemudikannya melibas setiap tikungan sirkuit, Anda pasti akan setuju dengan saya bahwa inilah mobil sport paling murni sejauh ini. Bagaimana sebuah karakter natural dari sebuah mobil mampu memberi kesenangan ke setiap pribadi individu yang gemar berkendara. Mobil ini memiliki sex appeal yang menggairahkan untuk selalu dikemudikan. Menyenangkan siapapun yang berada di balik kemudinya.

MAZDA MX-5

Kunci sukses Mazda MX-5 hingga mampu melegenda hanya satu, mempertahankan formulasi sama sejak generasi pertama yang sesuai frase terkenal mereka ‘Jinba Ittai’. Yaitu, adanya satu kesatuan antara ‘kuda’ dan ‘penunggangnya’ dan diterjemahkan melalui pola roadster dua-pintu, layout rear-wheel drive (RWD), front-mid engine dan bobot sedikit di atas 1 ton. Tradisi tersebut terus berlanjut hingga kelahiran generasi keempat Miata, bertepatan dengan anniversary-nya ke-25 tahun. Generasi terbaru ini sungguh spesial karena telah mengadopsi teknologi SKYACTIV dan bahasa desain Kodo. Dan kesempatan spesial pun tidak saya sia-siakan saat diundang PT. Mazda Motor Indonesia (MMI) untuk menguji langsung Mazda MX-5 model (tahun) 2016 di Proving Ground, Mine Circuit, Jepang, Agustus tahun lalu.

Mine Circuit terletak di Mine, prefektur Yamaguchi, dua jam perjalanan dari Hiroshima. Setiba disana, telah berjejer 6 unit MX-5 berbagai tipe di paddock sirkuit sepanjang 3,33 km ini. Mulai dari varian paling rendah S, Leather Package dan full option Special Package. Pilihan unit tes hanya tersedia mesin SKYACTIV-G 1.5-liter dengan transmisi manual dan otomatis 6-kecepatan.

MAZDA MX-5

Munenori Yamaguchi, Project Manager Mazda Motor Corporation (MMC), mengklaim Mazda MX-5 terbaru memiliki sensasi lebih tinggi dibanding generasi sebelumnya. Mazda tetap memperhatikan kenyamanan, penambahan fitur dan build quality, tapi kini dimensi lebih kecil dan ringan. Tidak tanggung-tanggung, bobot tereduksi hingga 100 kg. Bobot terpangkas berkat penggunaan material baja ringan berkekuatan tinggi. Terutama di area tertentu untuk memperkuat struktur bodi model roadster. Beberapa komponen seperti tulang-tulang suspensi depan, fender, dan frame atap sekarang terbuat dari aluminium.

MAZDA MX-5

Tampilannya berevolusi semakin sporty dan agresif, dibandingkan MX-5 generasi-generasi sebelumnya yang cenderung kalem dan sederhana. Bahasa desain Kodo yang terinspirasi hewan Cheetah sedang berlari, mengubah tongkrongan Miata semakin agresif. Lipatan-lipatan kaku, ditambah fender meng-kurva, headlamp kecil meruncing dan grille besar, terlihat lebih fokus dan galak.

MAZDA MX-5

Hanya saja, desain rear end kurang orisinal. Banyak sudut mirip dengan BMW Z3, dan stop lamp-nya serupa dengan Jaguar F-Type. Hingga saat belum ada versi hardtop meski tengah disiapkan, melainkan hanya tersedia versi atap kanvas yang pengoperasiannya dilakukan secara manual.

MAZDA MX-5

Teks: Anindiyo Pradhono  |  Foto: Anindiyo Pradhono & Official Mazda

HIGHLIGHT
Plus (+)
  • Feeling kemudi
  • Pengendalian
  • Keseimbangan chassis
Minus (-)
  • Mesin kurang bertenaga
  • Bantingan suspensi cenderung lembut

Panjang keseluruhan Mazda MX5 model 2016 memang menyusut 8,1cm, termasuk jarak overhang depan dan belakang. Tinggi juga berkurang 1cm sehingga pengemudi bisa duduk lebih rendah 2cm. Wheelbase berkurang 3,6cm, sudah termasuk roda depan lebih maju 50mm agar pedal gas dapat digeser sedikit ke kanan sehingga tidak terhalang spakbor. Hal ini berdampak pada meningkatknya ergonomi posisi kaki pada pedal yang tentu menghasilkan driving position lebih baik. Postur pendek menghasilkan posisi mengemudi ‘low slung’ yang rendah, bahkan terasa bokong hampir menyentuh aspal. Alhasil posisi mengemudinya benar-benar mantap seperti di dalam mobil balap.

MAZDA MX-5

Meski hanya ada pengaturan kemudi naik-turun (tilt steering) tanpa telescopic, tetap mampu mengakomodir tubuh saya setinggi 184cm. Tak banyak tombol-tombol yang tidak diperlukan, dan untuk memfungsikannya pun sangat mudah berkat ergonomikanya yang baik.

MAZDA MX-5

Posisi pedal gas berada di tepi kanan, diikuti pedal rem persis di tengah badan pengemudi. Alhasil, proses perpindahan kaki kanan dari pedal gas ke rem lebih lancar, dan bahkan memudahkan untuk melakukan teknik ‘heel-and-toe’. Letak tuas transmisi sempurna, nyaman digenggam, letaknya tinggi dan sangat mempermudah proses quickshift-nya.

MAZDA MX-5

Tidak banyak bisa diharapkan dari mesin setara compat hatchback 1,5-liter. Tapi dengan rasio kompresi setinggi 13:1, tenaga yang dihasilkan mencapai 129hp dan torsi cukup 150Nm. Cuma segitu? Jangan anggap remeh, karena mesin ini sangatlah bersemangat. Penghantaran tenaga terasa berlimpah di putaran menengah. Seolah tenaga dan torsi melebihi angka-angka di brosur.

MAZDA MX-5

Nada yang keluar dari lubang muffler cukup galak dengan letupan-letupan kecil saat mengendurkan throttle. Putaran 7.000rpm mampu ditembus walaupun terasa mulai malas-malasan saat melewati 5.500rpm. Rentang Powerband terbaik dapat Anda rasakan di 2.500rpm hingga 5.500 rpm, tenaga dirasakan padat berisi dan begitu pula torsinya. Akselerasi di trek lurus tidaklah istimewa dan butuh kesabaran untuk menembus angka tiga digit. Tabiat MX-5 bukanlah ‘sprinter’ andal – tapi coba sebutkan mobil sport apa yang mampu menaklukkan tikungan dalam kondisi flatout? Mazda MX-5 baru hidup dan menunjukkan karakteristik sebenarnya saat bertemu tikungan, hairpin dan chicane. Roadster ini surganya ‘handling’ dengan keakuratan yang luar biasa. Hampir tanpa delay walau ditekuk setajam apa pun.

MAZDA MX-5

Bodi MX-5 dengan sigap meladeni dengan cekatan. Kefleksibelan SKYACTIV-CHASSIS mampu memberi feedback baik untuk menuruti setiap kemauan pengemudi. Padahal layout suspensinya bisa dibilang tidak ada yang istimewa. Suspensi depan hanya model double wishbone, sedangkan di belakang multi-link. Distribusi bobot juga tidak tepat 50/50, melainkan 53/47, sengaja lebih berat di depan agar pergerakan moncongnya saat menikung mudah diprediksi.

MAZDA MX-5

Bobot terasa berpusat di area antara poros roda depan dan belakang saja. Feeling kemudi sungguh berbobot dan tajam, dengan reaksi bak mobil gokart. Respon yang didapat benar-benar cepat, padahal power steering sudah dibantu secara elektrik yang sewajarnya mengurangi feedback jika dibandingkan power steering hidraulik konvensional. Semuanya terasa ringan, lincah, dan mudah dikuasai. Disinilah esensi ‘jinba ittai’ yang sesungguhnya…saya serasa menyatu dengan Miata terbaru ini. Komunikasi terjalin erat antara pengemudi dengan mobil, dan saling memberi reaksi timbal balik yang harmonis.

MAZDA MX-5

Setelan suspensi tergolong soft. Bila memasuki tikungan terlalu kencang akan terdeteksi body roll yang diikuti pergeseran pada buritan. Kontrol traksi langsung bekerja menjaga grip ban, cukup mengendurkan pedal gas dan sedikit mengoreksi kemudi, lalu tancap gas lagi menuju tikungan berikutnya. Hebatnya, struktur SKYACTIV-CHASSIS, SKYACTIV-BODY dan detail ergonomi sama sekali tidak membuat badan pengemudi dan penumpang terpental ekstrem kesana kemari. Perhatian tersebut merupakan salah satu elemen dari ‘jinba ittai’. Input throttle dan stir yang tepat menciptakan perilaku netral di setiap tikungan. Nikmat sekali saat membabat habis jalanan berkelok tanpa terjadi understeer maupun oversteer. Masuk dan keluar tikungan dapat dilalui dengan bersih tanpa ada drama.

MAZDA MX-5

Gearbox otomatis 6-kecepatan mampu menciptakan tendangan torsi di setiap perpindahan gear. Paddle shift tersedia untuk kebebasan mengatur pilihan gigi. Tidak ada yang terlalu istimewa dari transmisinya, terutama dari sensasi yang ditawarkan. Perpindahan gigi cukup cekatan dan pintar, karena selalu mau menuruti kemauan pengemudi. Untuk pengendaraan dalam kota yang padat, transmisi matik merupakan pilihan yang paling tepat. Tapi untuk menyalurkan hasrat mengemudi Anda, tidak ada pilihan selain transmisi manual. Dari seluruh fun factor yang dimiliki MX-5, transmisi berasio rapat (close ratio) dengan perpindahan quickshift ini merupakan penguat sensasi berkendara hingga maksimal. Mainkan sesering mungkin untuk menjaga rentang torsi, upshift dan downshift, Anda akan rasakan stimulus-stimulus natural yang menjalar ke seluruh tubuh memompa deras adrenalin.

MAZDA MX-5

MODEL        TIPE/TRIM/VARIAN
Mazda MX-5 2016 SKYACTIV 1.5L M/T

 

MESIN
Tipe Mesin SKYACTIV-G 1.5L DOHC 16-valve 4-silinder dengan VVT
Sistem suplai bahan bakar Electronic Fuel Injection
Isi silinder/displacement (cc) 1.496 cc
Rasio  Kompresi 13:1
Bore/diameter x stroke/langkah (mm) 74,5 x 85,8 mm
Power maksimal (hp/rpm) 129 hp @ 7.000 rpm
Torsi Maksimal (Nm/rpm) 150 Nm @ 4.800 rpm

 

RUNNING COST/BIAYA OPERASIONAL
HARGA
On-the-road – Jabotabek (Rp) N/A
Off-the-road (Rp) N/A
KONSUMSI BAHAN BAKAR
Dalam Kota (km/liter) N/A
Luar Kota/Tol (km/liter) N/A
Kombinasi (km/liter) 16,4 km/liter (klaim)
Emisi CO2 139 g/km
Kapasitas Tanki BBM (liter) 45 liter
Jenis bahan bakar Unleaded
Garansi servis N/A
HYBRID, ELECTRIC VEHICLE (EV) & FUEL CELL VEHICLE (FCV)
Jarak tempuh dengan tenaga listrik (km) Tidak ada
Jarak tempuh hybrid (kombinasi listrik/mesin/fuelcell-hidrogen) (km) Tidak ada
Baterai (kWh) Tidak ada
Motor Listrik (hp) Tidak ada

 

TRANSMISI
Tipe Manual 6-speed
Rasio Gigi 1 5,087
Rasio Gigi 2 2,991
Rasio Gigi 3 2,035
Rasio Gigi 4 1,594
Rasio Gigi 5 1,286
Rasio Gigi 6 1,000
Rasio Gigi 7 -
Rasio Gigi 8 -
Rasio Gigi Mundur/Reverse 4,696
Rasio gigi akhir/final gear ratio 2,866
RASIO TRANSFER CASE
High (4H) Tidak ada
Low (4L) Tidak ada
Sistem penggerak-roda Rear Wheel Drive (RWD)

 

DIMENSI & KAPASITAS
Panjang total (mm) 3.915 mm
Lebar total (mm) 1.730 mm
Tinggi total (mm) 1.235 mm
Jarak Poros Roda/Wheelbase (mm) 2.315 mm
Kapasitas kursi/bangku penumpang 2 penumpang
Headroom depan (mm) 950 mm
Legroom depan (mm) 1.096 mm
Headroom belakang (mm) Tidak ada
Legroom belakang (mm) Tidak ada
Volume bagasi (min, liter) N/A
Volume bagasi (maks, liter) 130 liter
Daya Derek/Towing weight (kg) N/A
Ground Clearance (mm) 125 mm
Berat kosong/Kerb weight (kg) 1.009 kg
Berat Kotor/Gross vehicle weight (kg) N/A
Jarak Pijak/Tread – Depan (mm) 1.496 mm
Jarak Pijak/Tread – Belakang (mm) 1.502 mm
Approach angle N/A
Departure angle N/A
Ramp brakeover angle N/A
Depth Wading N/A
Overhang - depan N/A
Overhang - belakang N/A

 

SUSPENSI
Suspensi depan Double wishbone
Suspensi belakang Multi-link

 

REM
Rem Depan Cakram ventilasi 11-inci
Rem Belakang Cakram solid 11-inci
ABS Ada
EBD Ada

 

VELG & BAN
Velg 16 x 6,5 aluminium
Ban 195/50 R16

 

SISTEM KEMUDI
Tipe Rack-and-pinion
Tilt Steering Ada
Telescopic Steering Tidak ada
Radius Putar/turning circle N/A

 

PERFORMA PENGUJIAN
Akselerasi 0-100km/jam (detik) 8,3 detik (klaim)
0-400m @ top speed km/jam (detik) N/A
Jarak pengereman (meter) N/A
Top speed (km/jam) 204 km/jam (klaim)

 

FITUR EKSTERIOR
Headlamps – Halogen Ada
Headlamps - Auto On/Off Ada
Headlamps - Manual Leveling Ada
Foglamps – Front Ada
Foglamps - Chrome Finishers Tidak ada
Daytime running light/ DRL - Separate Cavity Ada
Wipers – Depan, dengan variable speed Ada
Wipers – Belakang, dengan variable speed Tidak ada
Spion samping – dengan Power Adjust Ada
Spion samping – dengan Turning Signal Tidak ada
Spion samping – dengan Manual Folding Tidak ada
Spion samping – dengan pemanas/heated Tidak ada
Handel Pintu/Door Handles Ada
Handel Pintu bagasi/Trunk Handle Ada
Roof Rail Tidak ada
Tinted Windows - Solar Absorbing Ada
Tinted Windows – Privacy Tidak ada
Side Moulding - Anthracite Color Tidak ada
Grille Ada
Skid Plate Tidak ada

 

FITUR INTERIOR
Interior Color - Ada
Door Trim - PVC Leather Ada
Power Windows – Depan Ada
Power Windows – Belakang Tidak ada
Power Windows - Express Up/Down Driver Ada
Sunshades Ada
Rear View Mirror – Dimming Ada
Roda kemudi - Tilt & Telescopic Ada
Roda kemudi – Material Ada
Penyimpanan - Sunglass Holder Tidak ada
Penyimpanan - Cup Holders at Each Row Ada
Penyimpanan - Hidden Rear Cargo Space Tidak ada
Interior Lamp - Map Lamp Ada
Interior Lamp - Courtesy Lamp Ada
Interior Lamp - Rear Storage Tidak ada
ECO Assist Tidak ada

 

FITUR KENYAMANAN (CONVENIENCE)
Cruise Control Ada
Multi Information Display (MID) Ada
Hill Descent Control (HDC) Tidak ada
Sunroof - Electric Tidak ada
12V Power Socket Ada
230V Inverter Power Outlet Tidak ada
Tire Pressure Monitoring System Ada
CLIMATE & HEATING
Manual AC Ada
Electric Defogger – Kaca Jendela Belakang Ada
Air Filter – Pollutant Tidak ada
SEATING COMFORT
Kursi Depan – Bucket Ada
Kursi pengemudi - 6-Way Manual, 2-Way Headrest Ada
Kursi penumpang depan - 4-Way Manual, 2-Way Headrest Ada
Kursi belakang - 60/40 Split Bench dengan  Flat Folding dan  Arm Rest Tidak ada
Kantung di belakang kursi/Seat Back Pocket – Kursi depan Tidak ada
Material kursi Ada
AUDIO-KOMUNIKASI & KONEKTIVITAS
Multimedia System dengan LCD touchscreen Ada
iPod Connectivity Ada
Bluetooth Connectivity - Smartphone Compatible Ada
USB/AUX-in Ada
SIRI Eyes Free Voice Command Tidak ada
CD Player Ada
Speakers Ada
Audio & Phone Steering Switch Ada

 

FITUR KESELAMATAN (SAFETY)
Airbags - Dual Front Ada
Airbags - Samping Ada
Airbags - Curtain Tidak ada
Seat Belts - Depan Ada
Seat Belts - Belakang Tidak ada
Seat Belts - Reminder Alert Ada
Headrest - 2-Way Adjustable Tidak ada
ISOFIX with Top Tether Tidak ada
Side Impact Beams Ada
ABS with EBD and PBA Ada
Electronic Stability Control (ESC) Ada
Hill Start Assist (HAS) Tidak ada
Hill Descent Control (HDC) Tidak ada
Parking Assist – dengan sonar belakang Tidak ada
Parking Assist – dengan kamera belakang Tidak ada
Speed Sensing Auto Lock Ada
Struktur Rangka Bodi Ada
Pedestrian Protection Tidak ada

 

FITUR KEAMANAN (SECURITY)
Alarm Ada
Tipe Kunci Keyless entry
Immobiliser Ada
Deadlocks Ada
Central locking Ada
Remote locking Ada
Laminated Glass Ada
Secure spare wheel Ada
Satellite tracking Tidak ada

 

PILIHAN WARNA BODY (EXTERIOR COLOURS)
Black Ada
White Ada
Silver Ada
Red Ada
Blue Ada
Orange Tidak ada

NOTE: N/A Data Tidak Tersedia

Review Score by BestCar.id

  • 7
  • 8
  • 7.5

    Score

    MENURUT KAMI: Melanjutkan kehebatan MX-5 generasi pertama, kedua dan ketiga, tanpa ragu. Inilah mobil sport paling murni yang bisa Anda nikmati. KOMPETITOR: Toyota 86/Subaru BRZ – Mesin Boxer dengan titik gravitasi rendah menggerakkan poros roda belakang. Teman bermain paling menyenangkan selain Mazda MX-5.