Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
BESTCAR LOGO - FIAT

Fiat SUV, Pesaing Toyota Fortuner

BestCar Indonesia – Masih ingat pikap Fiat Toro yang diluncurkan di Brasil Februari lalu? Nah, pikap Fiat yang dikembangkan dari mobil display Fiat FCC4 itu kemungkinan besar bakal memiiki versi SUV/crossover-nya juga di masa depan, seperti halnya pikap Toyota Hilux dan SUV Toyota Fortuner yang dikembangkan dari platform yang sama. Dan, baru-baru ini sebuah gambar rekaan (rendering) spekulasi dari Passione Auto Italiane menunjukkan bagaimana kemungkinan sosok SUV kembaran Fiat Toro tersebut jika nanti diproduksi.

BESTCAR NEWS - FIAT

Gambar reka SUV Fiat ini menggunakan Fiat Toro sebagai inspirasi modelnya

Laporan Passione Auto Italiane itu juga menyebutkan bahwa SUV berbasis Fiat Toro tersebut kemungkinan akan diluncurkan sebagai Fiat Freemont generasi mendatang. Saat ini Fiat Freemont pada dasarnya hanyalah sebuah Dodge Journey yang dilabel ulang dengan merek Fiat dan kini sedang bersiap untuk mayor change. Dodge Journey sendiri untuk pertama kalinya diperkenalkan di ajang Frankfurt Motor Show 2007 (IAA 2007) sebagai bagian dari ekspansi global Dodge dan mulai dijual di pasar AS pada kuartal pertama 2008 dan di pasar global — baik versi setir kiri (left hand drive/LHD) dan maupun setir kanan (right hand drive/RHD) — pada pertengahan 2008. Itu artinya, model generasi kedua Dodge Journey/Fiat Freemont sedang ditunggu sekarang, dan menurut Passione Auto Italiane, SUV berbasis Fiat Toro bisa menjadi jawabannya.

BESTCAR NEWS - FIAT

Jika diproduksi, SUV berbasis Fiat Toro tersebut kemungkinan akan menggantikan Fiat Freemont yag beredar saat ini.

Seperti yang Anda tahu, Fiat Toro menggunakan platform dengan penggerak roda-depan (front-wheel drive/FWD) yang sama seperti pada Fiat 500X dan Jeep Renegade. Fiat menyediakan dua dua pilihan mesin untuk pikap Toro: mesin bensin-etanol 1.8-liter E-Torq Flex bertenaga 138 bhp dan mesin diesel 2.0-liter MultiJet bertenaga 170bhp. Mesin E-Torq Flex berbahan bakar bensin-etanol dikawinkan dengan transmisi manual 6-speed, sementara untuk mesin diesel MultiJet disediakan transmisi manual 6-speed atau transmisi otomatis 9-speed.

Mesin yang sama dan transmisi yang sama kemungkinan juga akan digunakan oleh SUV berbasis Fiat Toro nantinya. Dan seperti halnya pikap Toro, versi SUV-nya yang disebut-sebut bakal menjadi pesaing Toyota Fortuner ini mungkin juga tidak dibekali sistem penggerak empat-roda yang ditawarkan sebagai fitur standar.

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *