Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
FIAT1241

Fiat Lahirkan Kembali Model 124

Fiat 124 Reborn

BestCar Indonesia – Fiat-Chrysler Automobile (FCA) memberi ‘kejutan’ yang menyenangkan di ajang Los Angeles Auto Show 2015 bulan lalu: menampilkan sosok Fiat 124 Spider model 2016. Salah satu model legendaris Fiat yang lahir kembali!

Berdiri di atas chassis Mazda MX-5 dengan styling dan drivetrain oleh Fiat, roadster cabriolet ini sengaja melanjutkan nama klasik ‘124 Spider’ yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1960. Aha, kedengarannya seperti kombinasi yang bagus bukan?

FIAT1242

Sedikit kilas balik, di Turin Motor Show 1966 Fiat memperkenalkan 124 Spider pertama. Cabriolet cantik yang didesain oleh Pininfarina itu langsung menjadi hit, sehingga Fiat tetap memproduksinya selama hampir 20 tahun. Nah, kini 124 Spider baru merupakan hasil kerja sama dengan Mazda sebagai gantinya. Meski tak sepenuhnya Fiat (chassis-nya dicomot langsung dari Mazda MX-5 ‘Miata’),namun dengan tetap menggunakan mesin depan dan penggerak roda-belakang (RWD), sepertinya new 124 Spider akan membuat kaum ‘puritan’ bahagia.

FIAT1243

Kolaborasi antara Fiat-Chrysler dan Mazda awalnya memang bukan untuk melahirkan new 124 Spider, melainkan sebuah roadster kecil Alfa Romeo. Namun entah kenapa, Alfa kemudian memutuskan untuk mengembangkan mobil sport sendiri berdasarkan arsitektur penggerak roda-belakang baru yang dikembangkan pabrikan asal Italia itu, ketimbang menggunakan chassis Mazda yang buatan Jepang.

Toh kemitraan FCA-Mazda tidak mati. Fiat akhirnya memutuskan menggunakan chassis MX-5 untuk basis arsitektur new 124 Spider. Uniknya, desain eksterior dan interior new Spider tidak sepenuhnya berbeda dari Mazda MX-5 Miata, meskipun pengembangannya dilakukan sepenuhnya oleh Fiat di Centro Stile, Turin, Italia. Cuma, harus diakui mobil ‘legenda yang lahir kembali’ ini memang terlihat tidak ‘spesial.’ Tidak terlihat seperti sebuah … Fiat! Rasanya akan lebih menyenangkan jika Fiat melahirkan Abarth dalam versi yang lebih ‘hot’ di masa datang.

FIAT1244

Tapi ‘jualan utama’ Fiat pada 124 Spider ada di balik bonnet-nya: mesin 4-silinder 1.4-liter turbocharged yang mampu meletupkan 160 tenaga kuda dan torsi puncak 184 lb-ft. Power dan torsi yang jauh lebih besar dari yang dihasilkan mesin MX-5 Miata. Bukan cuma itu, torsi ‘badak’ dari mesin turbocharged Fiat ini juga diperoleh dalam putaran mesin yang lebih rendah, memberikan karakter yang cukup berbeda ketika Anda merasakannya dari belakang kemudi. Fiat bahkan menyediakan transmisi manual 6-speed sebagai fitur standar new 124 Spider.

FIAT1245

Jika tak ada perubahan, Fiat new 124 Spider akan mulai dijual pada paruh kedua tahun 2016, sekaligus menandai peringatan 50 tahun Fiat 124 Spider pertama. Sayangnya FCA sendiri masih bungkam soal perkiraan banderol 124 Miata … eh … maksud kami … 124 Spider.

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *