Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Volvo Tampilkan Inovasi Alat Berat di Pameran ‘Mining Indonesia 2019’

Volvo Construction Equipment (Volvo CE) bersama Volvo Trucks Indonesia menghadirkan kehebatan desain dan performa Volvo R100E, Volvo EC300D, Volvo L120, Volvo FMX dan Volvo FH pada pameran Mining Indonesia ke-19 yang berlangsung 18-21 September di Jakarta International Expo, Kemayoran. Mengusung tema “Driving Prosperity in Indonesia”, booth Volvo juga menampilkan flagship Volvo CE, rigid hauler R100, serta meluncurkan teknologi Volvo Dynamic Steering.

BestCar Indonesia – Volvo Group menjadi pusat perhatian pada pameran Mining Indonesia tahun ini yang berlangsung 18-21 September di Jakarta International Expo, Kemayoran. Volvo Construction Equipment (Volvo CE) dan Volvo Trucks Indonesia bekerja sama dalam menawarkan produk sekaligus servis. Sinergi bisnis keduanya menunjukkan komitmen Volvo Group untu memenuhi tuntutan pelik dari industri tambang saat ini dan masa depan.

Mengusung tema “Driving Prosperity in Indonesia”, booth Volvo (OS-47) di ajang pameran Mining Indonesia ke-19 dibuka secara resmi oleh tamu kehormatan Duta Besar Swedia, Miss Marina Berg. Selain menghadirkan kehebatan desain dan performa Volvo R100E, Volvo EC300D, Volvo L120, Volvo FMX dan Volvo FH, Volvo juga menampilkan flagship Volvo CE, rigid hauler R100, serta meluncurkan teknologi Volvo Dynamic Steering sekaligus member kesempatan melakukan test drive Volvo Dynamic Steering.

Di ajang yang sama, Volvo Group juga merayakan 25 tahun Volvo FH yang diklaim sebagai truk berat dan long (double) trailer terdepan dalam dunia bisnis tambang di Indonesia. “Hari ini kami merayakan 25 tahun traktor FH di Indonesia. Volvo FH kini merupakan truk berat dan long (double) trailer terdepan dalam dunia bisnis tambang di Indonesia,” ujar Jurn Terpstra, MD dan pimpinan Volvo Trucks Indonesia mengenai livery edisi khusus perayaan traktor Volvo FH 610, Jumat (20/09/0219).

Volvo FH, lanjut Jurn Terpstra, jelas merupakan pilihan para pengemudi, karena truk ini menawarkan kabin nyaman yang fokus pada pengemudi serta desain revolusioner. Truk ini juga merupakan flagship Volvo Trucks berkat citranya yang baik dan menguntungkan bagi operator bisnis tambang, karena dilengkapi teknologi aerodinamika yang dapat menghemat bahan bakar, driveline inovatif dan Volvo Engine Brake yang didesain untuk memberikan nilai lebih pada konsumen. Volvo FH juga dilengkapi gigi pendaki (crawler gear) unik dengan rasio sangat rendah, sehingga menjadikannya salah satu truk paling diminati.

“Kesuksesan Volvo FH dalam 25 tahun belakangan membuktikan popularitasnya di antara para pengemudi dan pemilik bisnis, sekaligus menekankan kualitas produk-produk Volvo kami,” tambah Jurn.

 

Peluncuran di Mining Indonesia

Tampil pertama kalinya untuk umum, rigid hauler Volvo R100E sulit untuk dilewatkan. Dengan kapasitas muatan seberat 95.000 kg, R100E digerakkan oleh mesin premium dengan performa tinggi, bahkan dalam putaran mesin rendah. Ditambah dengan jarak servis yang panjang dan efisiensi bahan bakar, biaya operasionalnya menjadi sangat rendah. Performa dan efisiensi bahan bakar R100E diperkuat oleh pola perpindahan gigi yang terintegrasi, terdiri dari dua mode – Power dan Economy.

 

Volvo Trucks meluncurkan inovasi yang telah meraih penghargaan, Volvo Dynamic Steering Wheel. Teknologi ini merupakan paduan power-steering hidrolik konvensional dengan motor listrik yang diatur secara elektronik pada sistem kemudi, sehingga mampu memangkas tekanan setir sampai 85%, mengurangi efek dari jalan berlubang dan tidak rata serta menjaga truk tetap lurus ke arah yang diinginkan pengemudi. Dengan pengurangan getaran akibat permukaan jalan tak rata secara signifikan dan peningkatan kabin bagi pengemudi, Volvo Dynamic Steering merupakan bagian penting dari ambisi Volvo Truck untuk meningkatkan keselamatan di jalan.

Di Indonesia, teknologi ini telah disematkan pada truk Volvo FMX400 64R. Berkat sistem Volvo Dynamic Steering, kabin FMX400 64R menjadi sangat fokus pada pengemudi, sehingga membuatnya lebih aman, lebih nyaman dan lebih menyenangkan. Demi memperkuat fokus Volvo Trucks pada safety, teknologi ini akan menjadi salah satu bintang dari sesi Innovation Spotlight selama pameran.

Selain R100E, FMX 400 64R dan FH610, di area outdoor juga dipamerkan ekskavator EC399D 30-ton yang efisien, wheel loader L120Gz , Volvo FMX 440 66R – total 6 produk – untuk mendukung sektor tambang serta gas dan minyak bumi.

Meningkatkan Performa Bahan Bakar

Volvo Trucks memangkas konsumsi bahan bakar dengan perangkat lunak baru dan peningkatan mesin. Peningkatan perangkat keras pada mesin D13 versi Euro 6 Step D, diluncurkan pada awal 2019, kini digunakan untuk meningkatkan standar mesin-mesin Euro 3 di Indonesia. Gesekan internal berkurang berkat rumah piston (cylinder liner) dan ring piston (oil scraper ring) berbentuk V yang baru.

Efisiensi turbo juga ditingkatkan dan sistem pengaturan mesin disempurnakan ke versi terbaru dengan kapasitas yang lebih baik. Teknologi Volvo Torque Assist yang inovatif didesain untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan memberikan efisiensi bahan bakar lebih tinggi dengan menyesuaikan torsi dan akselerasi truk secara otomatis berdasarkan kondisi permukaan jalan, bobot muatan, dan perubahan kecepatan. Fitur ini hanya aktif ketika cruise control sedang dimatikan. Teknologi tersebut, plus peningkatan mesin D13, dapat menghemat bahan bakar sampai 3%.

 

R100E – Jarak Tempuh Lebih Jauh, Untung Lebih Banyak

Dengan bobot muatan 100t/95-ton, R100E memungkinkan operator untuk mencapai target produksi lebih cepat. Dibangun untuk performa, R100E digerakkan mesin premium 783 kW (1.075hp). Kombinasi mesin dan sistem penggerak (drivetrain) menghasilkan kemampuan torsi yang besar, performa tarik dan tenaga tarik roda (rimpull) terbaik di kelasnya, demi traksi optimal. Pengendalian sistem penggerak dan momentum kendaraan berasal dari Volvo Dynamic Shift Control baru yang secara otomatis mengatur titik perpindahan gigi, tergantung dari kondisi jalan dan input pengemudi.

R100E didesain untuk dikendarai di segala permukaan jalan pertambangan dan penggalian dengan mempertimbangkan biaya operasional. Konsumen akan menghemat biaya operasional dengan R100E berkapasitas 60,4 m3 dan bodi berbentuk V yang mengoptimalkan daya tampung muatan sekaligus meminimalisir endapan material (carry-back). Kebijakan load profile yang sudah dikenali industri ini memungkinkan operator untuk mencapai target muatan rata-rata (95t), sedangkan sistem body-tipping memastikan waktu siklus cepat untuk performa efisien.

 

EC300D – Performa Bertenaga yang Efisien Bahan bakar

Tenaga dan daya gali EC300D kini meningkat untuk mempercepat waktu siklus. Didesain untuk bekerja di area pertambangan, konstruksi jalan, penghancuran gedung dan lainnya, EC300D memiliki performa tinggi berkat mesin D7 yang bertenaga. Dengan teknologi yang sudah terbukti, efisiensi bahan bakar kendaraan ini meningkat 7% – 10% dibandingkan model sebelumnya.

 

L120Gz – Produktivitas Optimal

L120Gz terbaru merupakan kendaraan G-series terbesar yang memiliki tenaga, kekuatan dan reliabilitas untuk memaksimalkan produktivitas dan keuntungan. Dengan hidrolik yang dilengkapi sensor bobot muatan serta linkage berbentuk Z yang kuat dan tahan lama, L120Gz memiliki breakout force tinggi untuk penggalian bertenaga dan pemuatan bucket dengan jenis material paling keras. Power Shift otomatisnya memastikan operasional optimal dengan menyesuaikan gigi berdasarkan berbagai parameter, termasuk mesin dan kecepatan kendaraan demi perpindahan gigi yang nyaman dan waktu siklus yang cepat. Rem cakram di poros penggerak roda depan dan belakang juga menjanjikan performa pengereman superior untuk pengendalian yang halus dan jarak servis yang panjang.

 

Dalam konferensi media gabungan Volvo, Edouard Savelli, VP dan pimpinan Volvo CE Indonesia mengatakan bahwa pihaknya telah lama mendedikasikan diri terhadap inovasi dan memiliki pengetahuan yang didapatkan dari penelitian selama beberapa dekade. “Dan kami menerapkan semua itu ke dalam produk yang bersih dan produktif yang akan meningkatkan kemakmuran di Indonesia,” ujarnya.

 

“Tahun ini, kami menekankan tiga nilai inti kami – Kualitas, Keselamatan, Ramah Lingkungan. Kami sudah berada di jalur yang tepat, melalui kualitas produk dan servis unggul kami, untuk membuat konsumen kami sukses. Dengan adanya pergeseran yang akan dialami industri ini, saya percaya kami bisa menjadi brand yang menggerakan perubahan dengan membawa solusi pertambangan inovatif untuk Indonesia,” tambah Jurn.

Selain area pameran outdoor, Volvo juga memiliki paviliun indoor yang menampilkan pentingnya pelatihan dan konektivitas servis, pengemudi dan operator. Volvo akan mengadakan acara di area outdoor pada hari Jumat (20/09/2019), untuk memberikan kesempatan test drive Volvo FMX atau Volvo FH yang dilengkapi teknologi Volvo Dynamic Steering.

 

Teks: Tito B. Setiawan

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *