Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Tren Jual-Beli Mobkas di OLX 2018: Toyota Avanza Tetap tak Terkalahkan

Data transaksi iklan di platform jual-beli online OLX sepanjang periode Januari-September 2018 memperlihatkan, segmen mobil 7-seater masih menjadi favorit banyak pembeli, dengan merek dan model Toyota Avanza yang masih mendominasi transaksi di setiap kategori. Dari tahun ke tahun, mobil di segmen low-MPV (LMPV) Toyota ini selalu menempati urutan pertama yang paling banyak dijual. Dari sisi pembeli pun, Toyota Avanza juga menjadi mobil yang paling banyak dicari oleh calon pembeli.

BestCar Indonesia – OLX (OLX.co.id) kini bertumbuh menjadi platform jual/beli otomotif online terbesar di Indonesia. Lebih dari sepuluh tahun lalu, OLX hadir menawarkan kemudahan menjual dan membeli barang secara online. Di antaranya, yang paling mencolok adalah kategori mobil bekas. Banyak orang memanfaatkan platform iklan baris online OLX untuk membeli maupun menjual mobil bekas. Tidak hanya penjual individu, banyak pula dealer mobil bekas yang memanfaatkan OLX.

Beroperasi sejak 2005, OLX kini memiliki jumlah dealer dan pengguna terbesar yang menyedot lebih dari setengah juta pembeli potensial setiap bulannya. OLX memberikan transaksi yang berkualitas bagi penjual, serta menyediakan pilihan mobil terlengkap bagi pembeli. Sebagian besar kalangan dealer mobil bekas di Indonesia mengaku memanfaatkan OLX sebagai ujung tombak bisnis mereka – data internal dari OLX sendiri bahkan menyebutkan, 8 dari 10 dealer mobil bekas ada di platform ini.

Mobil sendiri memang telah mengakar kuat pada bisnis OLX, sejak awal platform ini beroperasi di Indonesia. Hampir setiap tahunnya, terdapat sekitar 6 juta iklan mobil di OLX, yang dipasang oleh penjual individu ataupun pebisnis/dealer yang jumlahnya mencapai 1 juta penjual mobil bekas per tahun. Memang, sebagian besar penjual mobil bekas di OLX (sekitar 80%) merupakan penjual personal/individual, sementara sisanya (sekitar 20%) adalah dealer. OLX sendiri mengklaim hingga tahun ini saja terdapat lebih dari 9.000 dealer mobil bekas yang memanfaatkan OLX untuk memasarkan mobil dagangannya.

Lalu, seperti apa tren jual-beli mobil bekas yang ada di OLX sepanjang tahun 2018 ini?

Para dealer yang memanfaatkan OLX untuk bisnisnya mengungkapkan bahwa mobil 7-seater masih menjadi favorit banyak pembeli. Ini dapat dilihat dari merek dan tipe mobil yang paling banyak diiklankan melalui OLX pada periode Januari-September 2018, yaitu Toyota Avanza. Dari tahun ke tahun, mobil di segmen low-MPV (LMPV) andalan Toyota ini selalu menempati urutan pertama mobil yang paling banyak dijual. Dari sisi pembeli pun, Toyota Avanza juga menjadi mobil yang paling banyak dicari oleh calon pembeli.

Selaras dengan ungkapan para dealer di OLX, Toyota Avanza dinilai masih mendominasi pasar mobil bekas, khususnya di wilayah Bali, Jakarta, dan Surabaya. Harga yang tejangkau, efisiensi konsumsi bahan bakar, durabilitas, serta resale value yang tinggi menjadi daya tarik bagi Toyota Avanza dibandingkan dengan mobil sejenis lainnya.

Di Bali khususnya, Toyota Avanza sangat diminati oleh jasa penyewaan mobil  untuk mengantar turis berkunjung ke berbagai tempat rekreasi. Beberapa dealer di OLX menginformasikan bahwa mereka memiliki persediaan Toyota Avanza yang tinggi, karena harga jual yang tetap stabil, meskipun telah digunakan selama tiga hingga lima tahun.

Di urutan kedua terdapat Honda Jazz. Selain menjadi mobil yang paling banyak dicari oleh penguna OLX, dari sisi suplai mobil ini juga menempati urutan kedua. Honda Jazz banyak dipasarkan dengan harga Rp 105 juta – 180 juta di OLX, dan banyak dijual di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, dan Denpasar.

Menurut informasi para dealer, Honda Jazz paling banyak dicari oleh wanita, khususnya ibu muda dan mahasiswi. Ukurannya yang kompak, pilihan warna yang beragam, serta efisiensi bahan bakar, menjadi daya tarik utama dari mobil hatchback ini. Selain itu, harga jual Honda Jazz juga dinilai cukup stabil oleh para dealer, meskipun usia pakainya telah 2 – 3 tahun.

Seperti tren transaksi kategori mobil bekas di OLX tahun lalu, tahun ini Daihatsu Xenia juga masih menempati urutan ketiga. Selanjutnya ada Suzuki Ertiga yang menempati posisi keempat, dan Nissan Grand Livina di posisi paling buncit dalam tren lima merek & tipe/model mobil yang paling banyak di jual di OLX tahun ini.

Uniknya, ada sedikit ‘anomali’ antara lima merek & tipe mobil yang paling banyak dijual dan yang paling banyak dicari di OLX. Untuk urutan pertama hingga keempat, kedua kategori tren ini memperlihatkan merek & tipe mobil yang sama secara berturut-turut, yaitu Toyota Avanza, Honda Jazz, Daihatsu Xenia, dan Suzuki Ertiga. Namun posisi paling buncit justru diisi oleh dua merek & tipe mobil yang berbeda. Untuk kategori tren lima merek & tipe mobil yang dijual di OLX sepanjang tahun 2018 ini, posisi kelima atau terakhir diisi oleh Nissan Grand Livina. Namun di kategori tren lima merek & tipe mobil yang paling dicari konsumen justru diisi oleh Mitsubishi Pajero Sport di posisi terakhir.

Fenomena ini memperlihatkan, dalam tren lima merek & tipe mobil yang dijual, ternyata Nissan Grand Livina lebih banyak dijual ketimbang dicari oleh calon pembeli alias suplainya lebih banyak daripada permintaan (demand) di platform jual-beli online OLX sepanjang tahun 2018. Sebaliknya, demand terhadap Mitsubishi Pajero Sport justru lebih banyak daripada suplainya sepanjang tahun 2018 (Januari-September 2018) ini.

Sayangnya, tak ada penjelasan mengapa Nissan Grand Livina lebih banyak dijual ketimbang dicari di OLX. Namun faktanya, Grand Livina yang merupakan model MPV 7-seater Nissan terlaris, saat ini telah memasuki usia 11 tahun sejak dipasarkan pertama kali tahun 2007 silam. Dan, selama itu pula Nissan Grand Livina belum juga berganti generasi. Padahal Grand Livina hasil rakitan lokal ini sejak awal memang disiapkan untuk menjadi lawan sepadan bagi duet Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang mendominasi segmen MPV kompak 7-seater. Nissan bersama Indomobil Grup, ketika itu, bahkan telah menggelontorkan sekitar US$ 60 juta untuk investasi pembangunan pabrik dan perluasan jaringan dealership ke seluruh Indonesia.

Nah, dengan asumsi itu, bisa dipahami mengapa lebih banyak pemilik Nissan Grand Livina yang menjual mobilnya daripada calon pembeli yang mencari MPV kompak 7-seater Nissan tersebut. Para pemilik Grand Livina merasa sudah saatnya mengganti mobil mereka dengan model yang lebih baru. Begitu pula dengan para calon pembeli MPV kompak, yang akan cenderung mencari model lebih baru ketimbang Grand Livina yang 10 tahun lebih tak berganti model. Rumorsnya, generasi terbaru Grand Livina — yang akan berbagi platform dengan low-MPV Mitsubishi Xpander — bakal diluncurkan pada tahun 2018, namun hingga saat ini rumors tersebut tidak terbukti.

Sementara dari sisi segmen mobil, tren yang terjadi di situs jual-beli online OLX sepanjang tahun 2018 tak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jenis MPV (Multy Purpose Vehicle) menempati urutan pertama dari 5 jenis mobil yang paling banyak dicari oleh pengguna OLX (mencapai 40,10% atau hampir setengah dari total segmen mobil yang paling banyak dicari). Di urutan selanjutnya, secara berurutan, terdapat jenis Hatchback (18,76%), SUV/Sport Utility Vehicle (17,02%), Sedan (15,68%), dan Pick-up/truck di posisi terakhir dengan 7,62%.

Nah, dalam kategori yang disebut terakhir ini, Toyota Avanza lagi-lagi masih menempati posisi pertama sebagai model MPV yang paling banyak dijual (41,15%) di iklan jual-beli OLX, dengan harga jual mencapai Rp 110 juta – Rp 150 juta. Di urutan kedua, Honda Jazz memuncaki segmen Hatchback dengan 21,77%. Lalu di segmen SUV yang menempati urutan ketiga, lagi-lagi merek Honda dengan model Honda CR-V menempati posisi teratas (20,23%) di segmen ini. Berikutnya, di segmen Sedan yang menempati urutan keempat, masih juga merek Honda dengan model Honda Civic, yang berada di puncak (13,03%). Terakhir, segmen Pick-up/Truck yang berada di urutan kelima alias paling buncit, Mitsubishi Colt mendominasi dengan porsi 3,26% dari total segmen.Nah, dalam kategori yang disebut terakhir ini, Toyota Avanza lagi-lagi masih menempati posisi pertama sebagai model MPV yang paling banyak dijual (41,15%) di iklan jual-beli OLX, dengan harga jual mencapai Rp 110 juta – Rp 150 juta. Di urutan kedua, Honda Jazz memuncaki segmen Hatchback dengan 21,77%. Lalu di segmen SUV yang menempati urutan ketiga, lagi-lagi merek Honda dengan model Honda CR-V menempati posisi teratas (20,23%) di segmen ini. Berikutnya, di segmen Sedan yang menempati urutan keempat, masih juga merek Honda dengan model Honda Civic, yang berada di puncak (13,03%). Terakhir, segmen Pick-up/Truck yang berada di urutan kelima alias paling buncit, Mitsubishi Colt mendominasi dengan porsi 3,26% dari total segmen.

Secara keseluruhan, dari data transaksi iklan melalui OLX sepanjang periode Januari-September 2018, dapat disimpulkan bahwa segmen mobil 7-seater masih menjadi favorit banyak pembeli, dengan merek dan model Toyota Avanza yang masih mendominasi transaksi di setiap kategori. Dari tahun ke tahun, mobil di segmen low-MPV (LMPV) Toyota ini selalu menempati urutan pertama mobil yang paling banyak dijual. Dari sisi pembeli pun, Toyota Avanza juga menjadi mobil yang paling banyak dicari oleh calon pembeli.

Sementara Honda tercatat sebagai merek yang paling banyak mendominasi kategori segmen mobil yang paling banyak dijual dan dicari di OLX sepanjang periode  Januari-September 2018. Merek Honda menguasai tiga dari lima segmen mobil teratas yang paling banyak dicari dan dijual, yaitu Honda Jazz di segmen Hatchback, Honda CR-V di segmen SUV, dan Honda Civic di segmen Sedan. Anehnya, model Honda Mobilio yang menjadi andalan Honda di segmen MPV justru tak pernah masuk dalam kategori manapun.

 

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *