Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
Toyotamarket-1

Toyota Targetkan Market Share Minimal 35% di 2017

Posisi Toyota Indonesia kini menjadi sangat penting  bagi Toyota Motor Corporation, karena  Indonesia telah menjadi salah satu kontributor terbesar penjualan Toyota global setelah Jepang, Amerika Serikat dan Cina.

BestCar Indonesia – Sukses mengakhiri 2016 dengan pertumbuhan kinerja yang mengesankan, Toyota makin memantapkan posisinya sebagai pemimpin pasar otomotif nasional. Sampai akhir tahun lalu, Toyota berhasil mencapai pertumbuhan penjualan sebesar 19% dengan total penjualan ritel lebih dari 389 ribu unit. Dengan angka ini Toyota berhasil mencapai pangsa pasar atau market share lebih dari 36%.

Pencapaian hasil postitif di 2016 mendorong Toyota lebih giat lagi untuk membukukan kinerja yang lebih baik sepanjang 2017. Apalagi pada tahun ini kompetisi di industri maupun pasar otomotif nasional diperkirakan akan semakin ketat. Selain itu, kebutuhan, permintaan, dan ekspektasi pelanggan terhadap produk, teknologi, dan layanan Toyota pun semakin tinggi dan beragam. “Kompetisi di pasar otomotif yang semakin ketat membuat Toyota juga akan menghadapi tantangan yang semakin besar ke depannya. Namun melalui produk-produk terbaru yang berlandaskan semangat Toyota Let’s Go Beyond, kami berharap dapat membukukan kinerja yang baik dengan market share minimal 35%,” ungkap Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto di sela acara “2017 New Year Media Gathering – Legendary Products Launch” di Jakarta, Senin (16/01-2017)

Untuk mencapai tujuan tersebut, lanjut Henry Tanoto, Toyota akan menghadirkan produk-produk baru atau melakukan improvement model dengan sentuhan lokal dan tetap mengedapankan high technology. Salah satunya, seperti yang dilakukan dengan meluncurkan ‘modified variant’ seperti Toyota Yaris Heykers dan terbaru Toyota All-New Innova ‘Venturer’. Selain itu, Toyota juga akan makin memfokuskan layanan prima bagi pelanggan, termasuk melalui upaya pengembangan dan perluasan jaringan outlet resmi Toyota  guna memberikan kemudahan akses terhadap produk, teknologi, dan aftersales service kepada pelanggan.

Predikat sebagai market leader yang disandang Toyota Indonesia setiap tahunnya memang tidak lepas dari komitmen untuk senantiasa menghadirkan produk-produk yang sesuai dengan dinamika kebutuhan masyarakat.  Karena itu tak heran, selama lebih dari 4 dekade eksistensi di pasar otomotif nasional, Toyota pun berhasil mengakumulasi penjualan sebanyak 5 juta unit.

Presdir PT. TAM Hirouki Fukui dan Toyota All-New Innova Venturer

Presdir PT. TAM Hirouki Fukui dan Toyota All-New Innova Venturer

“Tahun 2016 menjadi tahun yang penting bagi Toyota Indonesia karena berhasil membukukan kinerja yang positif, jauh lebih baik dibanding tahun sebelumnya, dan tetap menjadi market leader. Prestasi ini juga memberikan kontribusi  terhadap kinerja Toyota Global…posisi Toyota Indonesia kini menjadi sangat penting  bagi Toyota Motor Corporation, karena  Indonesia telah menjadi salah satu kontributor terbesar penjualan Toyota global setelah Jepang, Amerika Serikat dan Cina,” papar Presiden Director TAM, Hiroyuki Fukui, dalam sambutannya di acara peluncuran Toyota All-New Innova Venturer dan Toyota New Altis facelift 2017 di Jakarta, Senin (16/01-2016).

Masih Didominasi Segmen MPV dan SUV

Hingga bulan Oktober tahun lalu (2016), penjualan Toyota di pasar ritel tercatat 34.499 unit atau naik 19,5% dibandingkan periode yang sama pada 2015 sebesar 28.880 unit. Dengan capaian bulan lalu, total penjualan Toyota pada Januari – Oktober 2016 adalah sebanyak 314.678 unit atau tumbuh 18,8% dibandingkan dengan Januari – Oktober 2015 sebesar 264.847 unit. Sepanjang 10 bulan pada 2016, Toyota berhasil mempertahankan posisi sebagai pemimpin pasar dengan market share 36,1%.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto, menyebutkan kondisi pasar otomotif nasional masih belum begitu positif, kendati sudah menunjukkan tren pertumbuhan. Hal itu terlihat dari pertumbuhan pasar nasional pada Januari-Oktober 2016 yang hanya naik 2,9% dibandingkan dengan periode yang sama pada 2015.

Toyotamarket-4

Sama seperti tren pasar nasional secara keseluruhan, pertumbuhan penjualan Toyota didominasi segmen MPV dan SUV. Di segmen MPV, penjualan Toyota pada Januari – Oktober 2016 di pasar ritel mencapai 197.036 unit atau naik 34,9% dibandingkan periode yang sama pada 2015 sebesar 146.075 unit. Ini membuat pangsa pasar Toyota di segmen MPV naik dari 48,3% menjadi 55,3%.

Dominasi Toyota di MPV didukung oleh line-up yang komplet di semua segmennya, mulai dari entry MPV yaitu Calya, low MPV dengan adanya Avanza & Veloz, serta All-New Sienta, medium MPV yaitu Kijang Innova, high MPV yaitu NAV1, dan luxury MPV yaitu Alphard.

Pada periode yang sama, melalui dua produk andalan di segmen SUV yaitu Toyota Rush di segmen medium SUV dan Fortuner di segmen high SUV membukukan total penjualan ritel 42.265 unit, atau tumbuh 32,9% dibandingkan periode yang sama pada 2015 sebesar 31.806 unit.

Toyota Fortuner berhasil tampil sebagai motor penggerak di segmen high SUV dengan akumulasi penjualan ritel Januari – Oktober 2016 sebanyak 21.745 unit atau naik 112,8% dibandingkan Januari – Oktober 2015 sebesar 10.220 unit. Pencapaian ini berhasil menempatkan Fortuner sebagai market leader dengan pangsa pasar 44,9% dibanding pada 2015 sebesar 27,3%. Sementara, untuk Toyota Rush angka penjualan relatif terbilang stabil yaitu 20.520 unit dibandingkan dengan tahun lalu sebanyak 21.586 unit.

Toyotamarket-3

Sepanjang 10 bulan di tahun 2016 lalu, segmen hatchback dan sedan secara nasional penjualannya mengalami kelesuan. Pada periode Januari – Oktober 2016, total penjualan ritel sedan secara nasional tercatat sebanyak 11.369 unit atau turun 20,3% dibandingkan dengan periode yang sama pada 2015 sebanyak 14.266 unit.

Pada saat yang sama, penjualan ritel Toyota di segmen sedan masih tergolong memuaskan yaitu sebanyak 5.220 unit. Toyota mampu bertahan sebagai market leaderdi segmen sedan dengan pangsa pasar 45,9%. Sementara itu, di segmen hatchback, Toyota berhasil mengakumulasi penjualan ritel Januari – Oktober 2016 sebanyak 58.246 unit, dan berhasil mencatatkan pangsa pasar dominan sebesar 34%.

Teks: Yusran Hakim

Foto: Esa Wijayantoro

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *