Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Toyota Tampilkan Produk Konversi di GIICOMVEC 2020

Toyota ingin menunjukkan spirit Toyota sebagai business solution, dimana produk-produk komersial Toyota bisa dikonversi sesuai dengan kebutuhan industri dan kebutuhan terkini yang berkembang di pasar, karena adanya variasi kebutuhan dari pelanggan yang menginginkan customized product.

BestCar Indonesia – Meski tak menampilkan produk baru di ajang pameran kendaraan komersial Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada 5-8 Maret 2020, langkah PT Toyota-Astra Motor (TAM) justru cukup strategis melalui pilihan line-up kendaran niaga Toyota dengan berbagai varian dan konversinya.

Menurut Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto, khusus di GIICOMVEC 2020 Toyota ingin menunjukkan spirit Toyota sebagai business solution, dimana produk-produk komersial Toyota bisa dikonversi sesuai dengan kebutuhan industri dan kebutuhan terkini yang berkembang di pasar. Hal itu karena adanya variasi kebutuhan dari pelanggan yang menginginkan customized product. Dan karena itulah kendaraan komersial Toyota hadir secara lebih fleksibel untuk memenuhi kebutuhan pelanggan tersebut.

“Selain ingin selalu dekat para pelanggan, khususnya pelanggan kendaraan komersial, keikutsertaan Toyota pada GIICOMVEC 2020 sekaligus juga ingin menegaskan komitmen untuk  senantiasa berupaya mewujudkan Total Ownership Experience dan Peace of Mind bagi pelanggan bersama Toyota yang dilandasi semangat beyond product, beyond technology, dan beyond service. Penampilan jajaran produk kendaraan komersial Toyota di pameran ini juga menegaskan komitmen Toyota untuk menghadirkan kendaraan penumpang pilihan masyarakat dan juga kendaraan niaga yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan yang sejalan dengan semangat terwujudnya Toyota Ever Better Cars,” kata Henry di JCC Jakarta, Kamis (05/03/2020).

 

Pasar kendaraan komersial Indonesia, lanjut Henry Tanoto, diproyeksikan semakin besar seiring dengan keberhasilan Pemerintah meningkatkan jaringan infrastruktur dalam upaya mendorong pesatnya pertumbuhan berbagai sektor ekonomi. Keberhasilan ini mendorong pertumbuhan pasar kendaraan komersial untuk transportasi penumpang, angkutan barang maupun kegiatan usaha lainnya.

Dengan sentuhan improvement yang telah menjadi tradisi Toyota bagi setiap produk barunya yang akan diluncurkan ke pasar, line-up komersial tersebut merupakan produk-produk yang  feaseable untuk dilakukan karoseri dalam upaya memenuhi kebutuhan pasar kendaraan komersial yang beragam sejalan perkembangan ekonomi di berbagai sektor.

“Adanya kebutuhan pasar telah mendorong kami melengkapi pilihan line-up kendaran niaga Toyota dengan berbagai varian dan konversinya. Melalui GIICOMVEC 2020 masyarakat dapat dilihat perkembangan kendaraan komersial di Indonesia dan menyaksikan lebih dekat lagi kelebihan dari jajaran produk kendaraan niaga Toyota sebagai solusi mobilitas terbaik untuk mendukung berbagai aktivitas usaha yang melebihi harapan penggunanya,” ujar Henry.

Di ajang yang sama tahun 2019 lalu, Toyota meluncurkan 2 model baru untuk commercial vehicle, yaitu Hiace Premio dan Hilux S-Cab 4×4. Nah pada GIICOMVEC tahun ini, Toyota yang menempati booth seluas 207m2 di Hall A5 JCC menampilkan 4 unit kendaraan niaga, yaitu Hiace Premio Luxury, Hiace Microbus, Hilux S-Cab 4×4 (Minning Specification), dan Dyna Refrigerator.

 

Toyota Hiace Premio Luxury

Hiace Premio Luxury adalah jelmaan Hiace Premio. Dengan pengembangan konsep luxury melalui karoseri barunya, mobil ini ditujukan sebagai kendaraan yang mampu memberikan pengalaman menyenangkan bagi konsumen untuk target pasar premium. Sentuhan luxury membuat mobil ini makin mewah dan modern mengingat desain Hiace Premio didasarkan pada konsep  yang mewah dan kuat, Robust-Luxury.

Secara dimensi, Hiace Premio memiliki kabin yang luas dan nyaman. Memiliki panjang 5.915mm, lebar 1.950mm, tinggi 2.280mm dan jarak sumbu roda (wheelbase) 3.860mm, Hiace Premio menghadirkan kestabilan yang mempuni saat ditumpangi. Kabin Premio dirancang untuk memuat 12 kursi penumpang sehingga terasa lapang.

 

Interior didesain dengan nuansa mewah dan elegan. Warna dan pola dari setiap perlengkapan kabin mobil ini semuanya dapat dipadukan untuk menciptakan ruang perjalanan yang lapang, nuansa terbuka, dan citarasa mewah, dengan tetap menjaga prinsip fungsional.

Fitur keselamatan aktif yang digunakan pada mobil ini antara lain Vehicle Stability Control (VSC) yang akan berfungsi secara otomatis membatasi output drive train dan pengereman selektif ke roda indvidual jika kendaraan mengalami understeer atau oversteer. Hiace Premio juga dibekali fitur Hill-Start Assist, mencegah kendaraan mundur secara tidak terkendali pada saat parkir atau memulai perjalanan di lintasan yang mendaki. Sementara sistem pengeremannya dilengkapi fitur Anti-lock Braking System (ABS) dan fitur keselamatan (safety) pasif berupa airbag dan seatbelt.

 

Toyota Hilux Single Cabin 4×4 (mining spesification)

Toyota juga mengembangkan karoseri untuk  varian Hilux Single Cabin 4×4 yang didesain khusus bagi kebutuhan di kawasan pertambangan (mining spesification). Selain menggunakan ban off road Mud Terrain (MT) 265 R 17, Hilux SC ini juga dilengkapi winch bar Forest dan LED lamp, heavy duty rear bar, towing mounting, rollbar with strobe and heavy duty reverse alarm dan snorkel, menjadikannya sebagai kendaraan yang andal di kawasan pertambangan.

 

Toyota Dyna Refrigerator

Sementara Dyna Refrigerator karoserinya khusus dirancang untuk kebutuhan mengangkut barang-barang yang memerlukan alat pendingin. Menggunakan  New Dyna 110 ST 4-ban sebagai basis, Dyna Refrigerator memiliki dimensi panjang 3.100mm, lebar 1.700mm, dan tinggi 1.700mm, sehingga mampu bergerak lincah di jalan-jalan perkotaan yang kecil.

Dyna 110 ST adalah truk empat ban untuk angkutan beban ringan dengan  rear over hang yang lebih panjang, guna meningkatkan volume dan kapasitas beban lebih besar. Mobil ini menggunakan dua chamber sistem dengan adjustable separator dan alat pendingin chiller dengan suhu 15-5 derajat Celcius dan cooler dengan suhu hingga minus 5 derajat Celcius.

 

Toyota Hiace Microbus

Sedangkan Hiace Microbus karoserinya dikembangkan menggunakan New Hiace 2.5 sebagai basisnya. Mengusung engine 2.494cc 2KD-FTV Turbocharged yang mampu memproduksi power hingga 102 PS dan torsi 26.5kgm, Hiace Microbus tampil bertenaga. Hiace Microbus digunakan untuk angkutan yang didesain dengan karoseri bangku yang banyak.

 

“Kehadiran line-up niaga Toyota yang makin lengkap dengan berbagai variannya diharapkan dapat menjadi berbagai solusi bisnis dan berkontribusi dalam peningkatan industri di Indonesia,” tambah Henry.

 

Teks: Yusran Hakim

Foto: Yusran Hakim & TAM

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *