Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
Mitsubishi2017-1

Total Football’ a la Mitsubishi, Incar 91 Ribu Unit di 2017

Selain akan fokus pada penjualan kendaraan penumpang serta kendaraan niaga ringan serta meresmikan pabrik perakitan kendaraan penumpang Mitsubishi Motors di Indonesia, di tahun ini pula Mitsubishi Motors akan masuk ke dalam segmen Small MPV dengan produk terbarunya. Targetnya, 91.000 unit terjual sepanjang tahun fiskal 2017.

Mitsubishi2017-3

BestCar Indonesia – Ibarat permainan sepak bola, Mitsubishi Motor di Indonesia bakal menerapkan jurus ‘Total Football’ untuk bermain habis-habisan mulai tahun 2017 ini. Tak tanggung-tanggung, Mitsubishi mencanangkan tahun ini sebagai tahun yang penting bagi kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia, sekaligus menjadi tahun yang akan menorehkan sejarah tersendiri selama 47 tahun berkembang di tanah air.

Persis seperti taktik permainan ‘Total Football’ yang memungkinkan semua pemain bertukar posisi (permutasi posisi) secara konstan sambil menekan pemain lawan yang menguasai bola, Mitsubishi mencanangkan strategi yang mereka sebut “FULL POWER FOR BRAND NEW START”, mengharuskan tim berisi para pemain yang mempunyai skill menyerang dan bertahan yang sama bagusnya serta memilki fisik prima untuk bisa tampil konstan sepanjang permainan.

Dan, begitulah yang dilakukan Mitsubishi Motor di Indonesia. Sebagai langkah awal, mulai 1 April 2017 ini PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) – distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia dari dua principal: Mitsubishi Motors Corporation (MMC) dan Mitsubishi Fuso Truck % Bus Corporation (MFTBC) – akan merombak organisasinya. KTB akan menjadi perusahaan yang fokus pada bisnis MFTBC (kendaraan komersial), dan bisnis MMC (kendaraan penumpang dan niaga ringan) akan menjadi bisnis utama dari sebuah perusahaan baru bernama Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Bukan cuma organisasi, Mitsubishi Indonesia juga melakukan perombakan di jajaran pimpinannya. Hisashi Ishimaki, Presiden Direktur KTB saat ini, per April nanti akan memiliki dua penerus untuk MMKSI dan KTB. Kyoya Kondo dari Mitsubishi Corporation akan menjadi Presdir MMKSI, dan Atsushi dari Mitsubishi Corporation akan menjadi Presdir KTB.

Konkretnya, selain akan fokus pada penjualan kendaraan penumpang serta kendaraan niaga ringan dan peresmian pabrik perakitan kendaraan penumpang Mitsubishi Motors di Indonesia, di tahun ini pula Mitsubishi Motors akan masuk ke dalam segmen Small MPV dengan produk terbarunya.

Mitsubishi2017-2

Targetnya? Tak main-main, Mitsubishi mengincar penjualan 91.000 unit kendaraan penumpang dan kendaraan niaga ringan di tahun fiskal 2017 (mulai April 2017 hingga Maret 2018). Angka yang ditargetkan Mitsubishi itu boleh dibilang melonjak drastis dari target realisasi penjualan di tahun fiskal 2016 yang mencapai 67.176 unit. Di tahun fiskal 2016, Mitsubishi sendiri memproyeksi penjualan di kisaran 65.100 unit.

“Target 91.000 unit di 2017 memang cenderung besar peningkatannya dibandingkan tahun sebelumnya. Namun kami optimis, karena tahun ini kami melihat kondisi pasar sudah cukup membaik, dan mulai tahun ini kami juga memasuki pasar terbesar yaitu low-MPV (LMPV),” ungkap Group Head MMC Sales Division PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Imam Choeru Cahya pada acara Annual Media Gathering 2017 di Jakarta, Kamis (23/03-2017).

Seperti diketahui, melambatnya kondisi ekonomi Indonesia pada tahun lalu (2016) berdampak pada kondisi capaian pasar otomotif nasional yang cenderung stagnan. Di tengah kondisi tersebut, KTB masih mampu meningkatkan penjualan dan market share kendaraan penumpang (passanger car/PC) dan mempertahankan market share kendaraan niaga ringan (light commercial vehicle/LCV).

Merujuk data retail sales GAIKINDO tahun 2016, KTB Mitsubishi Motors membukukan penjualan retail  sebesar 67.176 unit (Januari-Desember 2016). Dari angka tersebut, KTB Mitsubishi Motors berhasil meningkatkan segment share total kendaraan penumpang dan niaga ringan dari 25% di tahun 2015 menjadi 26% di tahun 2016. Hal ini terutama disebabkan karena tiga kendaraan Mitsubishi Motors yang berhasil meningkatkan segment share di kelasnya, yaitu Pajero Sport, Triton, dan Colt L300.

Melihat lebih jauh, KTB Mitsubishi Motors juga berhasil meningkatkan penjualan di kategori kendaraan penumpang, dari 20.370 unit di tahun 2015, menjadi 24.337 unit di tahun 2016. Peningkatan juga terjadi di market share kendaraan penumpang, yaitu dari 2,8% menjadi 2,9%, dan di product segment share-nya yang menunjukkan peningkatan dari 21% menjadi 24% di tahun 2016. Untuk kendaraan niaga ringan, Mitsubishi Motors mengalami penurunan penjualan dari 57.023 unit di tahun 2015 menjadi 42.839 unit di tahun 2016, seiring dengan turunnya permintaan pasar di kategori ini, dengan tetap menjaga market share dan product segment share di angka 26-27%.

 

Kategori Volume Market Share Product Segment Share
2015 (Jan-Des) 2015 (Jan-Des) 2015 (Jan-Des) 2016 (Jan-Des) 2015 (Jan-Des) (2016 (Jan-Des)
Passanger Car (PC) 20.370 24.337 2,8% 2,9% 21% 24%
Light Commercial Vehicle (LCV) 57.023 42.839 27% 26% 27% 27%
PC + LCV

 

77.393 67.176 8% 7% 25% 26%

Penjualan Kendaraan Mitsubishi Motors 2016 (retail sales)

 

Kategori MODEL 2016 (Jan-Des)
Unit Share Kelas
Kendaraan Penumpang (PC) Pajero Sport 4×2 17.164 32% Medium SUV 4×2 (2.500cc)
Pajero Sport 4×4 1.960 66% Medium SUV 4×4 (2.500cc)
Outlander Sport 1.683 12% Medium SUV 4×2 (2.000cc)
Mirage 3.220 13% City Car A
Delica 310 7% High MPV
Total PC 24.337 2,9%  

 

 

Kendaraan Niaga Ringan (LCV) Triton 4×4 6.743 53% Small Pick-up 4×4
L300 21.457 77% Small Pick-up & Van 4×2
Colt T-120SS 14.648 12% Mini Pick-up & Van 4×2
 

Total LCV

42.839 26%%  
 

Total (PC + LCV)

67.176 7%  

Mitsubishi2017-4

Imam Choeru Cahya optimis tahun 2017 ini penjualan kendaraan penumpang Mitsubishi bakal ditargetkan naik signifikan, terutama dengan hadirnya New Small MPV di kelas low-MPV (LMPV) pada penghujung tahun. LMPV tersebut dipastikan meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, Agustus mendatang, dan bisa mulai didistribusikan pada Oktober 2017. “Jadi, ada waktu sekitar enam untuk penjualan LMPV baru ini hingga berakhirnya tahun fiskal 2017 pada April 2018,” ujarnya.

LMPV yang belum diungkapkan namanya itu, menurut Imam, akan menyumbang 21.000 unit atau 23,08 persen dari target penjualan sepanjang tahun fiskal 2017. Jumlah penjualan yang sama persis juga akan disumbang oleh Pajero Sport. Sementara sisanya berasal dari Outlander Sport sebanyak 1.300 unit, Mirage dengan 1.800 unit, Delica dengan 300 unit,Triton yang menyumbang 8.200 unit, Colt L300 dengan 24.000 unit, dan Colt T120SS sebanyak 13.400 unit. “Kami harap, New Small MPV ini bisa mennyacapai target penjualan sekitar 21.000 unit hingga April 2018. Itu bagian dari target 91 ribu unit yang kami canangkan,” ujarnya.

Selain itu, di tahun 2017 ini MMC akan meluncurkan beberapa varian baru seperti Pajero Sport rakitan lokal, Triton Single Cab 4×2 Hi-Rider, dan Triton Minor Changes di ajang IIMS yang digelar bulan April 2017 ini. “Secara keseluruhan, prediksi kami serupa dengan prediksi GAIKINDO, bahwa penjualan kendaraan secara nasional akan mencapai sekitar 1,1 juta unit atau tumbuh 2,5 persen,” ungkap Imam.

Optimisme yang sama juga diungkapkan Osamu Iwaba, Executive General Manager of MMC Marketing Division PT KTB. Menurutnya, tren peningkatan yang terjadi di segmen kendaraan penumpang Mitsubishi pada periode 2015-2016 umumnya dipicu oleh keluarnya model baru. “Padahal saat itu kondisi ekonomi Indonesia sedang melambat, tapi penjualan kendaraan penumpang Mitsubishi masih bisa naik. Model terbaru Pajero Sport (All-New Pajero Sport) yang dirilis saat itu benar-benar menjadi penyumbang utama kenaikan penjualan Mitsubishi secara keseluruhan. Dan, tahun ini kami lebih optimis dengan target baru 91.000 unit itu, karena kami memiliki model yang benar-benar baru di kelas Small MPV, segmen terbesar di pasar Indonesia,” paparnya.

Mitsubishi2017-5

Mitsubishi2017-6

Osamu Iwaba mengaku sangat yakin small MPV baru Mitsubishi bakal diterima pasar, walaupun pasar low-MPV nasional telah disesaki banyak pemain lama seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, dan Suzuki Ertiga. “Small MPV baru kami benar-benar berbeda dengan yang kebanyakan small MPV yang ada di pasar Indonesia. Saya bisa bilang desain, fitur, dan teknologinya lebih unggul dengan mesin 1.500cc. Tampilannya lebih seperti crossover SUV dengan 7-seater, dan kabinnya juga lebih luas daripada para kompetitornya di sini. Versi produksinya nanti lebih dari 90% akan sama dengan Mitsubishi XM Concept yang telah diperkenalkan tahun lalu….dan yang penting, harganya tak akan lebih mahal dari small MPV yang sudah ada di pasar,” ujar Osamu berpromosi.

Di lain pihak, timpal Imam Choeru Cahya, MMC sendiri sangat serius menggarap pasar kendaraan penumpang (PC) dan kendaraan niaga ringan (LCV) tahun ini. MMC sudah membenamkan investasi sekitar US$ 600 juta untuk membangun pabrik baru berkapasitas total 160.000 unit di wilayah Deltamas, Cikarang, Kabupaten Bekasi dan sudah siap berproduksi mulai April ini. Rincian kapasitas produksi tersebut, lanjut Imam, mencakup 30.000 unit untuk Pajero Sport lokal, 80.000 unit untuk New Small MPV, dan 30.000 unit untuk kendaraan niaga ringan Colt L300. Selain itu, KTB juga menargetkan penambahan 58 diler baru sepanjang 2017 untuk memperluas jangkauan pelayanan. “Per April 2017, sudah ada 85 outlet diler dan ditargetkan akan bertambah 58 outlet dealer lagi, sehingga jumlah jaringan penjualan dan purnajual kendaraan penumpang dan kendaraan niaga ringan Mitsubishi hingga 31 Maret 2018 mendatang akan menjadi 143 diler,” papar Imam.

Seperti yang ditegaskan Kyoya Kondo, yang akan menjadi Presiden Direktur MMKSI, tahun 2017 merupakan salah satu tahun terpenting bagi Mitsubishi di Indonesia. “Kami telah mengembangkan bisnis kami di Indonesia selama 46 tahun, dan tahun ini adalah lembaran baru bagi kami.”

 

Inilah 7 Jurus ‘Total Football’ Mitsubishi di 2017

Mitsubishi2017-8

KOMITMEN Mitsubishi Motors untuk terus memperkuat posisinya di segmen kendaraan penumpang dan niaga ringan Indonesia serta mencapai target penjualan di tahun 2017, Mitsubishi Motors mencanangkan strategi  a la ‘Total Football’ yang mereka sebut “FULL POWER FOR BRAND NEW START”. Inilah 7 langkah konkret telah disiapkan sebagai semangat menyambut pasar otomotif 2017 yang diperkirakan memiliki angka pertumbuhan sama seperti tahun 2016:KOMITMEN Mitsubishi Motors untuk terus memperkuat posisinya di segmen kendaraan penumpang dan niaga ringan Indonesia serta mencapai target penjualan di tahun 2017, Mitsubishi Motors mencanangkan strategi  a la ‘Total Football’ yang mereka sebut “FULL POWER FOR BRAND NEW START”. Inilah 7 langkah konkret telah disiapkan sebagai semangat menyambut pasar otomotif 2017 yang diperkirakan memiliki angka pertumbuhan sama seperti tahun 2016:

1. BRAND NEW PRODUCT

Di tahun 2017 ini Mitsubishi Motors akan meluncurkan beberapa produk unggulannya, antara lain Small MPV yang akan diluncurkan pertama kalinya di dunia (world premiere) dan beberapa penyegaran produk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Dengan adanya peluncuran produk terbaru ini, Mitsubishi Motors mencanangkan target penjualan sebanyak 91.000 unit selama tahun fiskal 2017 (April 2017-Maret 2018).

Mitsubishi2017-10

2. BRAND NEW FACTORY

Di tahun ini juga Mitsubishi Motors akan meresmikan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) sebagai produsen kendaraan Mitsubishi Motors. Pabrik manufaktur baru ini memiliki kapasitas produksi sebesar 160.000 unit per tahun, dan akan memulai operasinya pada April 2017. Model yang akan diproduksi adalah Pajero Sport, diikuti dengan model terbaru small MPV serta Colt L300 (saat ini masih diproduksi secara konsinyasi). Sebagian dari hasil produksi ini akan diekspor ke negara ASEAN lain sebagai pusat produksi terbesar di ASEAN setelah pabrik Laem Chabang di Thailand.

Mitsubishi2017-11

3. BRAND NEW DISTRIBUTOR

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) melakukan restrukturisasi bisnis dan mengalihkan bisnis distribusi kendaraan penumpang dan niaga ringan merek Mitsubishi Motors di Indonesia kepada PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) per tanggal 1 April 2016. Kepemilikan saham MMKSI merupakan gabungan dari Mitsubishi Corporation (MC) sebanyak 40%, PT Krama Yudha (KY) sebanyak 30% dan Mitsubishi Motors Corporation (MMC) sebanyak 30%.

Restrukturisasi ini bertujuan untuk lebih fokus pada setiap segmen pasar, serta untuk merespon dan berkontribusi pada setiap pemintaan dari masing-masing segmen pasar dengan cepat dan fleksibel. Melalui perubahan struktur organisasi ini, Mitsubishi ingin terus berkembang dan memperluas produk dan layanan dengan kualitas yang lebih baik, yang tentunya hal ini diperuntukkan bagi konsumen setia kendaraan Mitsubishi dan juga masyarakat Indonesia.

4. BRAND NEW NETWORK

Hal yang secara konsisten menjadi perhatian utama antara lain dengan memperkuat dan meningkatkan 3S (sales, service, sparepart) serta meningkatkan kepuasan pelanggan baik dari sisi penjualan produk juga layanan purna jual. Untuk mempermudah konsumen mendapatkan layanan dengan standar Mitsubishi, jaringan diler kendaraan penumpang ditargetkan akan bertambah hingga 143 outlet pada akhir tahun fiskal 2017 diseluruh Indonesia.

Mitsubishi2017-13

5. BRAND NEW COMMUNICATION

Demi menyukseskan peluncuran kendaraan, Mitsubishi Motors secara konsisten memperkuat komunikasi di segmen baru dengan saluran komunikasi yang lebih optimal, termasuk dengan menambah kegiatan bersama konsumen dengan target 800 event di tahun 2017. Mitsubishi Motors juga memiliki standar terbaru dalam mengadakan aktivitas penjualan, seperti pameran, untuk memperkuat image dari merek Mitsubishi Motors itu sendiri.

Mitsubishi2017-14

6. BRAND NEW SERVICE

Layanan yang lebih optimal bagi konsumen, termasuk melanjutkan program “Gratis biaya jasa hingga 50.000km (khusus Triton 40.000km) untuk setiap pembelian kendaraan penumpang Mitsubishi. Konsentrasi Mitsubishi Motors 2017 juga untuk membuat setiap layanan lebih mudah dijangkau, baik oleh konsumen maupun calon konsumen, dengan penyediaan layanan baru, seperti Bengkel Buka Minggu, juga Mitsubishi Service Booking dan Test Drive yang di tahun 2017 ini akan dioptimalkan untuk dapat diakses secara mudah via situs Mitsubishi Motors Indonesia.

Mitsubishi2017-15

7. BRAND NEW PEOPLE

Pada akhirnya, dengan produk dan layanan terbaik dari Mitsubishi Motors, kami berharap dapat memberikan dampak bagi para pengendara, baik itu konsumen maupun calon konsumen Mitsubishi. Dengan pengalaman berkendara yang lengkap dan memuaskan, memungkinkan setiap pengendara merasakan kehidupan yang lebih baik, menaklukkan setiap tantangan hidup, mencapai mimpi, dan merasakan Brand New Day dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Mitsubishi2017-16

Teks: Yusran Hakim

 

 

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *