Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
BESTCAR FEATURES - TOYOTA MARKET SHARE

Tertinggi di 2016, Toyota Capai Market Shares 39% di Pasar Ritel

Tak cuma di pasar ritel, kinerja ekspor kendaraan utuh bermerek Toyota juga mencatat tren positif. Sepanjang bulan Mei 2016, total volume kendaraan utuh bermerek Toyota yang diekspor ke manca Negara berjumlah 18.600 unit atau meningkat sebesar 22% dibandingkan dengan bulan yang sama tahun 2015. Peningkatan terbesar disumbangkan oleh model Kijang Innova dengan 500 unit atau lebih dari dua kali lipat (219%) dibandingkan jumlah ekspor tahun lalu.

BestCar Indonesia – Melanjutkan tren pertumbuhan penjualannya, pada Mei 2016 PT. Toyota-Astra Motor (TAM) kembali menorehkan kinerja positif dengan total penjualan mencapai 33.624 unit dan meraih market shares 39% di pasar ritel. Kinerja ini tercatat sebagai yang tertinggi sepanjang tahun 2016.

Pada Mei 2016, semua segmen kendaraan penumpang Toyota di pasar ritel mengalami pertumbuhan signifikan diibandingkan dengan April 2016. Pertumbuhan tertinggi di bulan Mei 2016 dicapai di segmen sedan, sebesar 47,9%, diikuti segmen SUV yang tumbuh 19,4%, segmen 4×4 yang tumbuh 12,3%, hatchback yang tumbuh 7,4%, serta MPV yang tumbuh 3,5%.

Sepanjang bulan lalu, Toyota Avanza masih menjadi kontributor utama penjualan Toyota dengan total penjualan ritel 14.027 unit atau tumbuh 5,5% dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Penjualan ritel Avanza pada Mei lalu tercatat sebagai yang tertinggi sepanjang 2016. Sedangkan segmen sedan Toyota yang mencatatkan pertumbuhan tertinggi di pasar ritel pada bulan Mei lalu, ditopang oleh membaiknya kinerja entry sedan yang tumbuh tiga kali lipat lebih, dari 103 unit pada April menjadi 339 unit pada Mei 2016.

Sementara segmen SUV Toyota di pasar ritel yang mencatatkan pertumbuhan tertinggi kedua pada bulan lalu meningkat sebesar 19,4% dibandingkan dengan pencapaian bulan April  sebelumnya. Dua produk Toyota yang bersaing di segmen ini, yaitu Toyota Rush di segmen medium SUV dan All Toyota Fortuner di segmen high SUV, tetap berhasil meraih peningkatan penjualan.

Peluncuran versi terbaru Toyota Rush TRD Sportivo dan TRD Sportivo Ultimo dengan kapasitas 7 penumpang, berhasil mengangkat penjualan pionir medium SUV di Indonesia ini ke posisi 2.418 unit atau tumbuh 7,4% dibandingkan dengan April 2016. Pada periode yang sama, All-new Toyota Fortuner yang diluncurkan pada awal tahun ini masih tetap memimpin di segmen high SUV dengan angka penjualan sebesar 3.007 unit dengan market shares 58,4% di kelasnya.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto, menyebutkan bahwa Toyota masih mampu mencatatkan kinerja positif di tengah kompetisi yang semakin ketat dan perlambatan pertumbuhan pasar otomotif nasiona. “Kami bersyukur atas pencapaian positif ini. Hal ini tak lepas karena support dan kepercayaan dan kesetiaan yang kuat customer terhadap produk, teknologi, dan layanan Toyota.  Pencapaian ini tentu memberikan keyakinan yang lebih kuat lagi bagi kami dalam melihat prospek pasar otomotif nasional sepanjang 2016. Di bulan-bulan mendatang, kami berharap, kinerja Toyota dan pasar otomotif nasional pada umumnya, dapat terus membaik hingga akhir tahun ini,” ujar Henry dalam siaran persnya, Minggu (20/06-2016).

Ekspor Kijang Innova Melesat Dua Kali Lipat

BESTCAR FEATURES - TOYOTA MARKET SHARE

Tak cuma di pasar ritel, perlahan tetapi pasti kinerja ekspor kendaraan utuh bermerek Toyota kembali mencatatkan tren yang positif. Sepanjang bulan Mei 2016, total volume kendaraan utuh bermerek Toyota yang diekspor ke manca Negara berjumlah 18.600 unit atau meningkat sebesar 22% dibandingkan dengan bulan yang sama tahun 2015 dengan volume 15.300 unit.

Peningkatan  terbesar disumbangkanoleh model Kijang Innova yang berhasil mengirimkan sebanyak 3.500 unit atau lebih dari dua kali lipat (219%) dibandingkan tahun lalu yang berjumlah 1.600 unit. Model dengan peningkatan signifikan di tempat kedua setelah Kijang Innova adalah Agya sebesar 189%, dari 900 unit di bulan Mei 2015 menjadi 1.700 unit tahun ini. Tempat ketiga diduduki oleh Fortuner dengan volume ekspor 4.600 unit, meningkat hampir satu setengah kali dari bulan yang sama tahun sebelumnya (3.600 unit). Volume ekspor model lainnya seperti Vios, Yaris, Avanza, Rush, Town Ace/Lite Ace adalah 8.800 unit.

“Kami berupaya dengan sungguh-sungguh untuk bisa menjaga stabilitas kinerja kspor, terutama karena sempat vakum mengekspor Kijang Innova dan Fortuner yang disebabkan oleh persiapan produksi perubahan model total kedua model tersebut. Respon konsumen yang positif menjadi pemicu semangat kami untuk mengejar target ekspor yang ditetapkan di awal tahun agar dapat dicapai dengan baik,” ungkap Direktur Korporasi dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) I Made Dana Tangkas.

Made juga menegaskan bahwa konsistensi kinerja ekspor tidak dapat dicapai tanpa adanya dukungan para pemasok serta sistem logistik yang memadai. TMMIN, lanjutnya, menyambut baik upaya pemerintah yang belum lama ini meresmikan 11 Pusat Logistik Berikat, dengan TMMIN termasuk salah satu di dalamnya. Langkah  pemerintah ini diharapkan mampu memberikan dukungan kelancaran terhadap arus logistik barang yang secara langsung maupun tidak langsung akan memberikan dampak positif terhadap aktivitas industri hulu hingga hilir di Indonesia.

BESTCAR FEATURES - TOYOTA MARKET SHARE

Selain kendaraan utuh, Toyota juga mengekspor kendaraan terurai (Complete Knock-Down/CKD) sebanyak 4.150 unit, mesin bensin dan etanol tipe TR sebanyak 3.400 unit, serta komponen kendaraan sebanyak 8 juta buah sepanjang bulan Mei 2016.

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *