Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Suzuki Targetkan Market Share 12% dan Ekspor 69.000 Unit di 2020

Untuk mencapai target tersebut, tahun ini Suzuki telah menyiapkan berbagai strategi untuk meningkatkan performanya di industri otomotif Indonesia. Di antaranya, menghadirkan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan serta memberikan value-for-money terbaik, selain juga akan menjamin ketersediaan stok spare part dengan harga yang kompetitif, memperluas akses konsumen, dan membuka Part Depo baru untuk memangkas waktu distribusi.

BestCar IndonesiaPT Suzuki Indomobil Sales (SIS), selaku agen pemegang merk (APM) Suzuki di Indonesia, menargetkan peningkatan market share hingga 12% serta target ekspor mobil di angka 69.000 unit — baik dari segmen CKD maupun CBU – pada tahun 2020 ini.

Untuk mencapai target tersebut, Suzuki telah menyiapkan berbagai strategi untuk meningkatkan performanya di industri otomotif Indonesia. Antara lain adalah menghadirkan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan serta memberikan value-for-money terbaik.

Selain itu, selama 2020 Suzuki juga akan menjamin ketersediaan stok spare part dengan harga yang kompetitif, memperluas akses konsumen dengan My Suzuki, membuka Part Depo baru untuk memangkas waktu distribusi, serta menghadirkan produk terbaru Suzuki Genuine Oil dan Chemical yang diluncurkan Selasa (04/02/2020) ini, yaitu oli ECSTAR.

Suzuki juga akan senantiasa berupaya untuk memperluas jaringan layanan purna jual ke seluruh Indonesia dengan membuka 6 diler baru untuk 4W yang memiliki fasilitas 3S (Sales, Service, Spare Part), agar dapat lebih mudah dijangkau oleh konsumen. Selain itu, Suzuki juga akan kembali mengadakan program tahunannya seperti pos siaga saat Lebaran serta menjadi sponsor untuk kegiatan AFF Suzuki Cup 2020.

Target di tahun 2020 ini sebetulnya juga didasarkan dari pencapaian Suzuki sepanjang tahun 2019 lalu, yang berhasil mencatatkan penjualan retail sales kendaraan roda empat (4W) sebanyak 102.865 unit. Meskipun industri otomotif secara nasional mengalami penurunan performa sekitar 11%, Suzuki berhasil mempertahankan posisinya sebagai merek mobil yang dipercaya dan dipilih oleh masyarakat Indonesia melalui dominasi Carry Pick Up yang merajai segmen low pick-up dengan pangsa pasar mencapai 56,8%.

 

Seluruh prestasi yang dicapai oleh Suzuki ini juga didukung oleh rangkaian produk baru yang dihadirkan untuk pelanggan Indonesia selama tahun 2019, yaitu:

  • All New Ertiga Suzuki Sport – Maret 2019
  • New Carry Pick Up – April 2019
  • Jimny – Juli 2019
  • New Baleno – Desember 2019

Secara keseluruhan, kontribusi terbesar penjualan Suzuki di tahun 2019 lalu ini berasal dari produk dalam negeri New Carry Pick Up sebanyak 54.943 unit pada posisi pertama dan All New Ertiga yang mencapai 26.377 unit sebagai kontributor kedua. Penjualan produk lokal Suzuki secara total berkontribusi sebesar 87,1% terhadap angka penjualan Suzuki secara nasional.

“Terima kasih atas kepercayaan dan dukungan pelanggan selama tahun 2019 untuk terus memilih mobil Suzuki. Pencapaian angka penjualan ini membuktikan bahwa Suzuki masih menjadi mobil pilihan yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan di Indonesia,” ujar Seiji Itayama, President Director PT SIS dalam acara Suzuki Media Gathering 4W & OBM di Jakarta, Selasa (04/02/2020).

Tak hanya pada penjualan produk, layanan purnajual (aftersales) Suzuki sepanjang tahun lalu juga mencatat performa yang baik. Lebih dari 1 juta unit mobil Suzuki melakukan servis di bengkel resmi sepanjang tahun 2019. Angka ini meningkat 8% dibanding tahun 2018. Peningkatan angka service intake ini merupakan bukti bahwa layanan Suzuki semakin dipercaya dan tetap menjadi pilihan konsumen untuk merawat kendaraannya. Saat ini, Suzuki memiliki 339 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia yang di antaranya menyediakan layanan Sales, Service, dan Spare Part.

“Kami sangat mengerti bahwa salah satu hal terpenting dalam memiliki kendaraan adalah layanan purnajualnya. Hal inilah yang mendasari kami untuk terus memberikan layanan yang terbaik kepada pelanggan. Peningkatan service intake pada tahun 2019 merupakan bukti bahwa layanan purnajual Suzuki semakin dipercaya oleh pelanggan setia kami,” papar Itayama.

Pencapaian tersebut tentu saja tak lepas dari beragam program yang telah dilaksanakan, seperti Service Campaign, layanan online booking melalui website, Home Service, dan 24-hour Suzuki Emergency Roadside Assistance. Tak hanya itu, Suzuki juga terus meningkatkan kualitas SDM untuk melayani konsumen dengan mengadakan pelatihan hingga ajang kompetisi, seperti ajang ‘Suzuki Victorious Contest’ dan ‘National Technician Skill Competition’.

“Kini di tahun 2020, upaya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan akan terus ditingkatkan. Selain melanjutkan program layanan purnajual di tahun sebelumnya, Suzuki akan menambah fasilitas dalam pelayanan, update aplikasi layanan Halo Suzuki, serta 10 Komitmen Pelayanan Dealer Suzuki,” tambah Itayama.

 

Pencapaian Ekspor dan Spare Parts Suzuki

Kinerja Suzuki dalam menjalankan aktivitas ekspor, terus mengalami hasil yang positif. Sepanjang 2019 Suzuki berhasil mengapalkan 66.433 unit mobil ke 52 negara tujuan. Pencapaian ekspor ini terdiri dari 26.820 unit completely knock-down (CKD) serta 39.613 unit completely built-up (CBU). Kontribusi terbesar ekspor Suzuki dipimpin oleh All New Ertiga sebesar 27.318 unit CBU atau 41,1% dari total ekspor Suzuki dan diikuti oleh Karimun Wagon R dengan kontribusi sebesar 21.936 unit CKD atau 33% dari total ekspor Suzuki.

 

Raihan positif juga dicapai pada penjualan suku cadang resmi Suzuki, dimana dari sisi pasar domestik roda empat serta suku cadang resmi Suzuki Marine, masing-masing berhasil meningkatkan pendapatannya sebesar 13% di tahun 2019. Di pasar ekspor, peningkatan pendapatan suku cadang resmi Suzuki untuk roda empat mencapai 23%.

Ke depannya, Suzuki menegaskan akan senantiasa berupaya memperluas jaringan layanan purnajual ke seluruh Indonesia, baik untuk kendaraan roda empat, roda dua, maupun marine. Suzuki selalu mengukir berbagai jejak terbaik dari hulu hingga ke hilir, dan kepedulian tidak berhenti pada penjualan saja, namun juga kepuasan pelanggan.

 

Performa Suzuki Marine

Sementara itu, Suzuki Marine yang banyak digunakan untuk sektor perikanan, pariwisata, transportasi, dan pemerintahan juga mencapai peningkatan performa penjualan mesin tempel atau Outboard Motor (OBM) di tahun 2019 sebesar 27% dibandingkan tahun 2018. Peningkatan penjualan juga diikuti dengan pencapaian penjualan pada mesin tempel 4-tak yang memberikan kontribusi sebesar 36% dari total penjualan Outboard Motor Suzuki.

Guna mendekatkan diri dengan pelanggan, Suzuki Marine juga rutin mengadakan beragam program untuk pelanggan, seperti customer gathering, sea trial, dan kegiatan pameran. Tidak hanya itu, Suzuki Marine juga mengadakan program ‘Clean Up the World’ sebagai bentuk tanggung jawab sosial, untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya kebersihan lingkungan di sekitar pantai.

Pertumbuhan ini didukung dengan hadirnya 10 diler resmi yang tersebar di berbagi wilayah kota besar, yaitu Jakarta, Padang, Cilacap, Bali, Surabaya, Tarakan, Ternate, Ambon, Sorong, dan Batam. Melalui diler-diler tersebut, Suzuki Marine memberikan layanan dan spareparts kepada para pelanggan.

 

Teks & Foto: Tito B. Setiawan

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *