Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Suzuki Jimny Gen 4 Resmi Meluncur di GIIAS 2019, Banderolnya Rp315,5 – 330 juta

Ditawarkan dalam empat trim/tipe berdasarkan skema warna yang disediakan (single tone dan two tone) serta transmisi (manual dan otomatis), Jimny generasi keempat untuk pasar Indonesia dibanderol dengan harga termurah Rp 315,5 juta dan termahal Rp Rp 330 juta (On-the-Road/OTR Jakarta).

BestCar Indonesia – Yang ditunggu-tunggu para pecinta Suzuki Jimny di Indonesia akhirnya datang juga. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) secara resmi meluncurkan Suzuki All-New Jimny atau Suzuki Jimny generasi keempat pada pembukaan ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang, Kamis (18/07/2019). Peluncuran mobil fenomenal yang lama dinantikan para pecinta off-road 4×4 ini sekaligus menandai inovasi Jimny generasi keempat yang hadir lebih eksklusif dan tangguh, baik dari performa, fitur, maupun tampilan.

Ditawarkan dalam empat trim/tipe berdasarkan skema warna yang disediakan (single tone dan two tone) serta transmisi (manual dan otomatis), Jimny generasi keempat untuk pasar Indonesia dibanderol dengan harga termurah Rp 315,5 juta dan termahal Rp Rp 330 juta (On-the-Road/OTR Jakarta). Masing-masing adalah:

  • Suzuki JIMNY MT (single tone)           Rp 315.500.000
  • Suzuki JIMNY AT (single tone)           Rp 328.000.000
  • Suzuki JIMNY MT (two tone)                     Rp 317.500.000
  • Suzuki JIMNY AT (two tone)                     Rp 330.000.000

Untuk varian single tone, pilihan warna bodinya terdiri dari Superior White, Silky Silver Metallic, Medium Grey, Bluish Black Pearl 3, dan Jungle Green. Sementara varian two tone dengan atap hitam, pilihan warnanya terdiri dari Kinetic Yellow + Bluish Pearl 3; Brisk Blue Metallic + Bluish Black Pearl 3; dan Chiffon Ivory Metallic + Bluish Black pearl 3.

“Jimny telah melegenda dan menjadi bagian dari sejarah otomotif Indonesia. Sejak diperkenalkan tahun1979, Jimny telah terjual lebih dari 130.000 unit dan sudah menjadi bagian hidup masyarakat lewat ketangguhan dan performanya di berbagai medan off-road,” ungkap Seiji Itayama, President Director PT SIS dalam peluncuran Jimny generasi keempat itu di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang, Kamis (18/07/2019).

Bagaimanapun, lanjut Itayama, eksistensi Jimny selalu menempati ruang di hati para penggemarnya dari masa ke masa. “Untuk mengapresiasi para penggemar Jimny di Indonesia, hari ini kami meluncurkan Jimny generasi keempat yang menghadirkan fitur-fitur modern dan performa berkualitas tapi tetap mewariskan keistimewaan identitas Jimny sebagai mobil off-road,” tambahnya.

Suzuki All-New Jimny sendiri sebetulnya telah diperkenalkan secara langsung ke publik dalam negeri di ajang GIIAS 2018 lalu. Saat itu, Jimny generasi keempat langsung mencuri perhatian masyarakat, ditandai dengan membludaknya pesanan langsung kepada PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Meski saat itu PT. SIS belum memberikan kepastian soal harga, toh calon konsumen seakan tak peduli. Di ajang GIIAS tahun lalu saja setidaknya lebih dari 85 pesanan All-New Jimny masuk ke PT. SIS.

“Kini, dengan harga dan tipe yang telah ditetapkan, prioritas kami terutama untuk memenuhi pesanan pelanggan yang telah terlebih dulu indent sejak tahun lalu. Tapi secara umum, sementara ini Suzuki akan memberi kuota sekitar 40 – 50 unit setiap bulannya, yang akan disbar ke dilr-diler,” ungkap Harold Donnel, Head of Brand Development and Marketing Research PT.SIS.

Lalu, apakah itu berarti para konsumen yang telah indent – terutama sejak tahun lalu – akan bisa langsung membawa pulang unit pesanannya sekarang? Nah, menurut Harold Donnel, pada dasarnya itu akan sangat tergantung pada diler dimana konsumen memesannya. “Suzuki Jimny ini kan diimpor utuh (CBU) dari Jepang. Sementara permintaannya secara global meledak di semua Negara, kita (PT.SIS) saja hanya mendapat jatah sekitar 40-50 unit per bulan. Dan, dari stok yang sudah kami terima itu telah kami sebar ke seluruh diler. Jadi jika konsumen kebetulan memesannya di diler yang telah memperoleh stok Jimny, mestinya sudah bisa membawa pulang unitnya,” paparnya di ICE, BSD City, Jumat (19/07/2019).

Terkait dengan waktu indent selanjutnya, kata Harold, juga akan tergantung pada stok dan kuota di diler tempat konsumen memesannya. “Jumlah yang memesan (indent) di masing-masing diler itu kan berbeda, sementara stoknya tiap bulan kami distribusikan secara proporsional ke tiap diler. Jadi di diler yang jumlah pengindent-nya jauh lebih banyak dari stok yang tersedia, tentu saja waktu indent-nya juga akan lebih lama. Begitu juga sebaliknya,” ungkap Harold.

Sejauh ini pihak Suzuki Indonesia mengaku tidak memasang target penjualan untuk Suzuki Jimny generasi keempat di ajang GIIAS 2019. Begitu juga untuk program atau promo khusus Jimny selama GIIAS, termasuk promo ‘trade-in’ seperti yang diberlakukan untuk produk-produk lainnya. “Sejujurnya, kami tidak memasang target penjualan dan promo/program khusus untuk Jimny di GIIAS 2019 ini. Selain karena kami masih menunggu kedatangan unit stoknya dari Jepang, para konsumen Jimny juga tidak ada yang mau beli secara kredit. Sejak tahun lalu mereka semua bayar cash, tidak ada satupun yang menanyakan skim kredit untuk Jimny yang mereka pesan,” tutup Harold.

 

Teks & Foto: Tito B. Setiawan, Yusran Hakim

 

 

 

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *