Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Para ‘Bintang Pameran’ Booth Mitsubishi di GIIAS 2018

BestCar Indonesia – Memperkenalkan tagline global terbaru Mitsubishi Motors, “Drive your Ambition” yang divisualisasikan melalui sebuah SUV performa tinggi bertenaga listrik, Mitsubishi e-Evolution Concept, booth Mitsubishi Motors yang terletak di Hall 9 nomor 9B, dengan luas 2.100m2 tetap mengusung ‘Global Booth Design’ untuk memperkuat brand Mitsubishi Motors melalui komunikasi terpadu, dengan ciri khas menonjolkan kendaraan sebagai “bintang pameran”.

Dan, inilah para ‘bintang pameran’ Mitsubishi di ajang GIIAS 2018:

 

Mitsubishi e-Evolution Concept

Mitsubishi e-Evolution Concept adalah sebuah prototipe teknis untuk menggambarkan arah strategis merek Mitsubishi Motors yang diperbaharui, dengan menggabungkan kekuatan SUV, EV (electric vehicle/kendaraan listrik), dan kemampuan untuk mengintegrasikan sistem baru untuk pengalaman pengguna akan mobilitas yang terintegrasi.

Bagian depan e-Evolution Concept hadir dengan tampilan segar dari desain khas Mitsubishi Motors, DYNAMIC SHIELD. Grille hitam yang berada di bawah kaca dan ditegaskan oleh garis biru, menyiratkan bahwa mobil ini adalah kendaraan listrik berperforma tinggi. Air intake yang besar terletak di bawah headlamp, memberikan aliran udara yang cukup untuk mendinginkan kaliper rem listrik. Keunggulan aerodinamika juga terlihat pada jet tail fins di pilar C yang mengalirkan udara di samping kendaraan menuju kedua sisi bumper belakang.

Kaca depan depan yang landai dan overhang pendek memberikan e-Evolution sebuah profil samping yang unik yang tidak mungkin diciptakan sebelum hadirnya era kendaraan bertenaga listrik. Ground clearance yang tinggi, overhang pendek, bentuk bahu yang kokoh, dan pinggang kendaraan yang kecil menggambarkan sebuah kendaraan yang gesit dan lincah. Bentuk ban kekar yang menonjol di keempat sudut menyiratkan torsi besar dari sebuah kendaraan 4WD.

Tenaga Mitsubishi e-Evolution berasal dari tiga motor listrik dengan torsi yang berlimpah. Absennya mesin besar di bawah kap (hood/bonnet) memberi ruang bagi desainer untuk mewujudkan sebuah kokpit yang baru dan radikal, dengan panel instrumen tampak mengambang di depan pengemudi. Panel instrumen mengadopsi bentuk panel horizontal khas Mitsubishi, dengan menempatkan informasi di atas garis sumbu dan tombol operasional berada di bawah.

Sebuah layar datar besar membentang di dashboard menampilkan kondisi di luar kendaraan, navigasi, dan informasi pembimbing. Layar besar ini diapit oleh dua layar yang lebih kecil untuk menampilkan gambar dari kamera depan dan belakang. Sisi samping yang didominasi oleh kaca memberikan visibilitas 360 derajat yang nyaris tidak terhalang, untuk impresi yang lebih mirip sebuah jet tempur daripada sebuah mobil.

Teknologi pada MITSUBISHI e-EVOLUTION CONCEPT

 

  • Sistem EV (Kendaraan Listrik)

Mitsubishi e-Evolution Concept menggunakan motor listrik dengan performa dan torsi tinggi, yang dipadukan dengan sistem baterai berkapasitas besar untuk memberikan performa yang halus dan responsif yang membedakan kendaraan listrik dari kendaraan bermesin konvensional. Drive battery terletak di bawah lantai tengah kendaraan, memberikan pusat gravitasi rendah untuk stabilitas pengemudian terbaik.

 

  • Sistem 4WD

Untuk performa berkendara terbaik, sistem triple motor 4WD menggunakan satu motor untuk menggerakkan roda depan, dilengkapi dengan sistem Dual Motor Active Yaw Control (AYC) yang menggabungkan dua motor belakang melalui unit torque-vectoring AYC yang dikontrol secara elektronik. Semua ini terintegrasi ke dalam sistem kontrol dinamis kendaraan MMC yang unik, Super All-Wheel Control (S-AWC), sehingga meningkatkan kemampuan berbelok dan performa traksi. Rem Mitsubishi e-Evolution Concept mengendalikan daya dorong dengan responsif dan tepat melalui bantuan kaliper listrik yang menggantikan kaliper hidraulik konvensional. Efek dari sistem tersebut dapat langsung dirasakan bahkan pada kecepatan dan tekanan gravitasi rendah. Kendaraan listrik ini selalu menawarkan pengendalian yang tangkas yang sesuai dengan keinginan pengemudi saat berkendara di dalam kota, jalan bebas hambatan, atau di jalan yang berkelok.

 

  • Sistem AI (Artificial Intelligence)

‘Otak’ dari e-Evolution Concept adalah sistem Artificial Intelligence (AI) yang dapat meningkatkan kemampuan pengemudian. Susunan sensor memungkinkan sistem AI untuk segera membaca perubahan kondisi jalan dan lalu lintas, serta keinginan pengemudi. Pengalaman berkendara dibawa ke tingkat yang baru, dengan membuat kendaraan lebih mudah dan lebih aman untuk dikendalikan. Fungsi bimbingan khusus memungkinkan sistem AI mentransfer pengetahuan kepada pengemudi untuk meningkatkan keahlian mengemudi. Setelah membangun gambaran tingkat keterampilan pengemudi, sistem ini membangun program pelatihan yang memberikan saran melalui dialog suara dan layar dasbor. Hasilnya, pengemudi dapat merasakan kendaraan sesuai dengan apa yang mereka inginkan dan seketika mendapati diri mereka menikmati pengalaman berkendara yang belum pernah dinikmati sebelumnya.

 

Mitsubishi XPANDER – Warna Baru dan Varian Baru

Setahun setelah diluncurkan pada ajang GIIAS tahun lalu (2017), Mitsubishi XPANDER mendapatkan penyegaran melalui hadirnya pilihan warna baru Deep Bronze Metallic yang tersedia untuk varian Ultimate dan Sport. Warna baru ini semakin melengkapi pilihan warna Quartz White Pearl, Diamond Black Mica, Sterling Silver Metallic, Titanium Grey Metallic, dan Red Metallic yang sebelumnya telah menjadi pilihan masyarakat Indonesia.

Untuk memperkaya opsi varian yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, XPANDER hadir dengan penambahan varian baru, XPANDER Sport bertransmisi manual (M/T) dan XPANDER GLS bertransmisi otomatis (A/T).

Setelah menjalani World Premiere di GIIAS 2017, XPANDER diterima dengan sangat baik oleh masyarakat Indonesia dan telah menjadi market leader segmen Small MPV pada Semester I 2018 dengan 29,7% dan diraihnya beberapa penghargaan dari media massa nasional.

 

Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate Limited Edition

MMKSI kembali menghadirkan Pajero Sport Rockford Fosgate Limited Edition, sebuah edisi terbatas dari model Pajero Sport yang diluncurkan di ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) bulan April 2018 lalu. Hanya 1.000 unit Pajero Sport edisi terbatas ini yang dijual.

Pajero Sport Rockford Fosgate Limited Edition mendapatkan ubahan utama pada sistem hiburan dan kenyamanan yang memberikan pengalaman berkendara yang eksklusif dengan sistem audio premium Rockford Fosgate. Model SUV ini tampil semakin sporty melalui beberapa aksesoris untuk menunjang tampilan dan image Pajero Sport yang tangguh dan stylish.

Poin-poin penyegaran yang disematkan pada Pajero Sport Rockford Fosgate Limited Edition adalah: Rockford Fosgate Audio Premium System, Front Under Garnish, Rear Under Garnish, Muffler Cutter, Engine Hood Emblem, 18” Alloy Wheel Special Design, Spare Tyre Cover dan Emblem spesial Rockford Fosgate Limited Edition.

“Awalnya Pajero Sport Rockford Fosgate Limited Edition ditargetkan 250 unit per bulan dengan maksimal 1.000 unit. Tapi ternyata ternyata dalam 1,5 bulan sudah habis, diler-diler banyak yang komplain karena masih banyak permintaan dan diler masih terima SPK. Karena itu kami mengajukan lagi tambahan 1.000 unit lagi ke supplier, untuk memenuhi permintaan tersebut,” ungkap Imam Choeru Cahya Head of Sales & Marketing Group PT MMKSI.

Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate Limited Edition tambahan ini dijadwalkan baru akan diproduksi di bulan Agustus ini. Itu artinya, konsumen yang memesan di GIIAS 2018 tentu harus bersabar. “Sekarang kita masih terima order dulu, karena 500 unit tambahan baru akan diproduksi pada Agustus ini dan 500 lagi di bulan September. Jadi walaupun permintaannya lebih dari 500 unit, kita janjikan sisanya di bulan September mendatang,” tambah Imam.

Sesuai dengan namanya, Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate Limited Edition yang berbasis pada New Pajero Dakar 4×2 ini akan berfokus kepada konfigurasi suara racikan Rockford Fosgate yang terkenal di dunia audio mobil. Ada empat speaker beserta dua tweeter, dan juga satu Subwoofer serta amplifier Rockford Fosgate di dalam kabin Pajero Sport edisi khusus ini. Selain itu, ada juga beberapa perbedaan detil di sisi eksterior. Banderol? Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate Limited Edition dijual dengan harga di bawah varian tertinggi Pajero Sport Dakar 4×2 Ultimate, yaitu Rp 545 juta.

 

Mitsubishi Triton Athlete

Mitsubishi Triton Athlete merupakan varian baru model Triton yang mendapatkan ubahan utama dari segi tampilan eksterior dan interior untuk menghadirkan kesan sporty dan stylish.

Triton Athlete menyasar konsumen segmen hobi dan pengguna semi-private, dengan menawarkan kenyamanan lebih dari sebuah kendaraan kabin ganda melalui suguhan Keyless Operating System, Push Start Button dan Leather Seat Material + Power Seat dengan paduan aksen warna hitam dan oranye pada interior.

Mitsubishi Triton Athlete tampil semakin agresif melalui penyegaran pada eksterior, seperti: Sporty Black Grille, Stylish Sporty Bar, Aggressive 17” Alloy Wheel, Sporty Front Bumper Garnish, Stylish Body Stripping, Stylish Gate Spoiler, Sporty Black Side Step, Sporty Rear Bumper, Sporty Black Door Handle, Sporty Black Electric Folding Door Mirror, Stylish HID Headlamp with DRL. Mitsubishi Triton Athlete hadir dengan dua pilihan transmisi, otomatis (A/T) dan manual (M/T), dengan satu pilihan warna, yakni White Pearl.

 

Mitsubishi Outlander Sport

Mitsubishi Outlander Sport dirancang khusus bagi pecinta medium SUV yang menginginkan kendaraan yang tangguh di berbagai medan, dengan cita rasa tinggi serta fitur yang fungsional. Beragam ubahan telah diaplikasikan pada Outlander Sport untuk meningkatkan kenyamanan konsumen, salah satunya adalah sudut kemiringan kursi belakang yang ditambah secara signifikan hingga 6 derajat yang merupakan jawaban atas permintaan konsumen dari model yang sebelumnya.

Beberapa fitur unggulan juga disematkan pada model SUV kompak ini, yaitu:

  • Panoramic Glass Roof dengan LED Illumination serta kaca anti UV.
  • Paddle Shift dengan bahan yang kuat serta mudah dijangkau.
  • Keyless Operating System (KOS) serta One-touch Start System (OSS).
  • Mesin 2.0 liter MIVEC yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 150PS @ 6.000 rpm dan torsi maksimum 20,1kgm @ 4.200 rpm.
  • Transmisi INVECS-III CVT (Continuously Variable Transmission) dengan moda ‘Sport’

 

Teks: Yusran Hakim

Foto: Tito B. Setiawan

 

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *