Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Optimis, Mitsubishi Indonesia Targetkan Penjualan 90.000 Unit Tahun 2021 ini

Meski masih dihantui kondisi pandemi yang belum bias diprediksi kapan akan berakhir, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) optimis menargetkan penjualan mobil mereka pada segmen kendaraan penumpang (passenger car) dan niaga ringan (light commercial vehicles) tumbuh 64,32% year-on-year (yoy) atau menjadi 90.000 unit di tahun fiskal 2021 ini.

BestCar Indonesia – Meski penjualan industri mobil Indonesia pada tahun 2020 mengalami penurunan 44,59% akibat kondisi pandemik dan Pembatasan Sosial Berskala Besar, namun PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) optimis menargetkan penjualan mobil mereka pada segmen kendaraan penumpang (passenger car) dan niaga ringan (light commercial vehicles) tumbuh 64,32% year-on-year (yoy) atau menjadi 90.000 unit di tahun fiskal 2021 ini.

Target tersebut didasarkan dengan mempertimbangkan kondisi pandemi Covid-19, pasar otomotif yang perlahan pulih, peluncuran pembaruan produk MMKSI, dan prediksi target Gaikindo untuk penjualan kendaraan tahun 2021 sebesar 750.000 unit, serta ragam produk yang diluncurkan kompetitor untuk pasar Indonesia belakangan ini.

“Dengan semua pertimbangan itu, MMKSI menargetkan total penjualan sekitar 90.000 unit di tahun fiskal 2021 ini. Dari jumlah itu, sekitar 60.000 unit di antaranya berasal dari mobil penumpang dan 30.000 unit lainnya dari segmen Light Commercial Vehicle (LCV) atau kendaraan niaga ringan,” jelas Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division  MMKSI, dalam acara media gathering secara virtual, Selasa (06/04/2021).

Distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC) itu mengklaim masih berhasil menjaga posisi pasar yang kuat, baik pada segmen kendaraan penumpang (passenger car) dan niaga ringan (light commercial vehicles).

Merujuk pada data penjualan retail GAIKINDO tahun kalender 2020, kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia mencatat angka penjualan sebanyak 54.768 unit (Jan 2020 – Dec 2020). Dari jumlah itu, penjualan model kendaraan penumpang menyumbang 34.504 unit (Xpander, Xpander Cross, Pajero Sport, Eclipse Cross, Outlander PHEV). Angka ini terkoreksi 57,2% jika dibandingkan dari tahun sebelumnya (2019), dikarenakan daya beli dan situasi pasar. Sementara capaian penjualan kendaraan niaga ringan Mitsubishi Motors di Indonesia tercatat sebanyak 20.264 unit (Triton, L300 dan T-120SS), terkoreksi 47% dibandingkan tahun 2019. Secara total, angka penjualan kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia terkoreksi 55,4%.

 

Rincian penjualan dari segmen kendaraan penumpang dan niaga ringan:

 

Kategori Volume (Jan – Dec 2020) Pangsa Pasar (Jan – Dec 2020) Perbandingan tahun kalender (2019 vs 2020)
CY2019 CY2020 CY 2019 CY 2020 Unit CY2019 % CY2019
Kendaraan Penumpang 80.680 34.504 10,4% 8.4% <46.176 <57,2%
Kendaraan Niaga Ringan 38.256 20.264 22,5% 17,5% <17.992 <47.0%
Kendaraan Penumpang & Niaga Ringan 118.936 54.768 12,6% 10,4% <64.168 <54,0%

 

Irwan Kuncoro

Beberapa model kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors berhasil menjaga posisi pasar dan mampu meredam penurunan drastis di penjualan di masing-masing segmen:

  • Xpander (termasuk Xpander Cross) meraih pangsa pasar 24,1%di segmen small-MPV
  • L300 menjadi pemimpin pasar di kelas Pick-Up & Van Small dengan pangsa pasar 60.6%
  • Triton menjadi pemimpin segmen di kelas 4×4 dengan pangsa pasar 53,6%
  • Pajero Sport menjadi pemimpin segmen di kelas 4×4 dengan pangsa pasar 53,2%

 

Rincian penjualan retail model kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia tahun 2020:

 

Kategori Model CY2020 (Jan – Dec 2020)
Unit Pangsa Pasar Segmen
Kendaraan Penumpang (PC) Xpander 14.301 24,1% Small MPV
Xpander Cross 11.267
Pajero Sport 4×2 8.024 34,9% Medium SUV 4×2 (2.500cc)
Pajero Sport 4×4 599 53,2% Medium SUV 4×4 (2.500cc)
Eclipse Cross 271 2,1% Medium SUV 4×2 (2.000cc)
Outlander PHEV 9 0,0 SUV 4×4 Upper High
Total PC 34.504 8,4%
Kendaraan Niaga Ringan (LCV) Triton 4×4 5.105 53,6% Small Pick-Up 4×4
Triton 4×2 172 0,7% Small Pick-Up 4×2
L300 14.986 60,6% Mini Pick-Up & Van 4×2
Total LCV 20.264 17,5%
Total PC + LCV 54.768 10,4%

 

Seperti diakui Irwan Kuncoro, keberhasilan MMKSI menjaga posisi pasar di kedua segmen tersebut ditopang oleh model Mitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross) yang berkontribusi signifikan terhadap angka penjualan total MMKSI dan secara umum turut menjaga volume dan kontribusi di segmen small-MPV.

Irwan juga mengaku optimis penjualan model Xpander dan seluruh variannya akan meningkat tahun ini, berkat adanya kebijakan relaksasi PPnBM dari Pemerintah yang diberlakukan sejak awal tahun ini. Menurutnya, penjualan Xpander dan Xpander Cross pada tahun lalu rata-rata di kisaran 2.100 unit hingga 2.200 unit akibat terdampak pandemi. Namun di bulan Maret 2021, setelah diberlakukan PPnBM 0%, rata-rata penjualan dua varian Xpander tersebut melonjak dua kali lipat menjadi sekitar 4.500 per bulan. “Kalau dibandingkan dengan penjualan tahun lalu (2020), angka ini naik dua kali lipat. Kami melihat sangat positif ke depannya dan akan terus mengoptimalkan kesempatan relaksasi PPnBM ini,” paparnya.

Selain itu, Irwan Kuncoro juga menegaskan bahwa Mitsubishi tetap melakukan pengembangan jaringan diler baru, dengan menargetkan 8 outlet dealer baru sepanjang tahun fiskal 2021 ini. “Untuk pengembangan jaringan baru di tahun fiskal 2021, kami menargetkan 8 outlet baru. Kami berharap dapat terus memberikan layanan sales dan after sales terbaik untuk costumer di Indonesia,” ujarnya.

 

Tentu saja, MMKSI juga telah dan akan melakukan banyak langkah serta strategi untuk lebih meningkatkan posisi brand Mitsubishi Motors di Indonesia, serta mencapai target penjualan tahun 2021, di antaranya:

 

  • Peluncuran Produk Baru

Di tahun 2021, MMKSI telah dan akan meluncurkan beberapa produk baru dan penyegaran produk yang telah dikembangkan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat Indonesia. Hal ini juga dilakukan agar MMKSI dapat memperkuat lini penjualan dan mencapai target yang telah ditetapkan.

 

  • Pengembangan Jaringan Diler Resmi dan Fasilitas Bodi & Cat Mitsubishi Motors

MMKSI berencana untuk melanjutkan pengembangan jaringan diler resmi khusus kendaraan penumpang Mitsubishi Motors menjadi 164 diler di akhir tahun fiskal 2021. Fasilitas resmi Mitsubishi Bodi & Car juga ditargetkan meningkat pada akhir tahun fiskal 2021 menjadi total 23 fasilitas di seluruh Indonesia. Hal ini berjtujuan untuk memudahkan konsumen untuk memperoleh layanan terbaik dengan standar Mitsubishi.

 

  • Peningkatan Kepuasan Konsumen

MMKSI memiliki target mempertahankan dan meraih kepuasan konsumen tertinggi melalui layanan penjualan dan purna jual dengan target meraih penghargaan SSI dan CSI no.1 tahun 2021

 

  • Komunikasi Terintegrasi

Sebagai saran pendukung utama pencapaian target, aktivitas promosi dan branding aktivitas above the line¸below the line¸PR dan digital akan lebih terintegrasi dengan peningkatan saluran komunikasi yang lebih optimal. Menggelar beragam event, mulai dari partisipasi pameran otomotif berskala internasional, regional hingga pameran yang diselenggarakan baik secara offline maupun virtual dengan standar MMKSI dalam design dan konsep pameran dan aktifitas, serta optimalisasi kanal dan layanan digital.

 

“MMKSI terus terpacu untuk memberikan produk dan layanan terbaik kepada konsumen secara berkelanjutan pada keseluruhan proses kepemilikan kendaraan, serta berusaha untuk mencapai target penjualan. Berbagai capaian yang diraih MMKSI diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap industri otomotif, pertumbuhan ekonomi dan kepentingan masyarakat Indonesia secara luas,” ungkap Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI dalam media gathering yang sama.

 

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga