Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

MUNAS 1 X-MOC 2019: Ketua Baru dan Target 10 Kepengurusan Baru di 2020

Target X-MOC di 2020 adalah terbentuknya 10 Kepengurusan baru, baik itu di daerah maupun di Kota atau Kabupaten, dan pelaksanaan Jambore Nasional yang kedua sekaligus perayaan ulang tahun X-MOC yang ketiga. Selain itu, tahun depan X-MOC juga mendaftarkan diri sebagai assosiasi di Ikatan Motor Indonesia (IMI).

BestCar Indonesia – Perkumpulan Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia (X-MOC) menggelar Musyawarah Nasional (MUNAS) 1 X-MOC 2019 di Media Hotel & Towers, Jakarta, Sabtu (02/11/2019). Dihadiri oleh seluruh Perwakilan dari 18 Pengurus Daerah dan 27 Pengurus Chapter dari seluruh penjuru Indonesia, agenda MUNAS 1 X-MOC 2019 adalah melakukan pemilihan ketua umum masa bakti 2019-2021 selain penyempurnaan dan pengesahan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga 2019 yang akan menjadi dasar dalam menjalankan organisasi atau X-MOC Indonesia.

MUNAS 1 X-MOC 2019 sendiri merupakan musyawarah nasional X-MOC yang pertama sejak komunitas para pemilik Mitsubishi Xpander ini didirikan pada 10 September 2019 silam. Pengurus Pusat (Pengurus Nasional) periode 2017-2019 juga merupakan kepengurusan pertama yang dibentuk oleh para pendiri X-MOC Indonesia. Uniknya, selain dihadiri seluruh Perwakilan dari 18 Pengurus Daerah dan 27 Pengurus Chapter dari seluruh penjuru Indonesia, MUNAS 1 X-MOC 2019 juga juga , tidak dihadiri oleh member se-JABODETABEK dan member dari daerah yang berencana melakukan deklarasi turut berpartisipasi untuk memeriahkan jalannya Musyawarah Nasional X-MOC.

Sehari sebelumnya, Jumat (01/11/2019),  juga diadakan Rapat Kerja Nasional untuk membahas agenda X-MOC di tahun 2019-2020. Jumlah anggota X-MOC seluruh Indonesia saat ini berjumlah 3219 (Data per tanggal 1 Oktober 2019) yang tersebar di 30 Provinsi dengan pertambahan rata-rata 130 member tiap bulannya.

 

Agenda utama Musyawarah Nasional pertama X-MOC Indonesia adalah pemilihan ketua umum masa bakti 2019-2021, selain melakukan penyempurnaan dan pengesahan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga 2019 yang akan menjadi dasar dalam menjalankan organisasi. Sedangkan proses pemilihan ketua umum didahului dengan tahapan pendaftaran calon ketua umum yang dilaksanakan jauh hari sebelum MUNAS berlangsung sampai dengan tahapan pengumuman Calon Ketua Umum. Dari hasil pendaftaran, pada tanggal 27 Oktober 2019 telah di umumkan oleh Steering Committee, yaitu adanya calon tunggal, Danny Bastian yang juga merupakan salah satu pendiri X-MOC Indonesia.

Target X-MOC di 2020 adalah terbentuknya 10 Kepengurusan baru, baik itu di daerah maupun di Kota atau Kabupaten, dan pelaksanaan Jambore Nasional yang kedua sekaligus perayaan ulang tahun X-MOC yang ketiga. Selain itu, tahun depan X-MOC juga mendaftarkan diri sebagai assosiasi di Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Penyelenggaraan MUNAS ini dapat berlangsung berkat dukungan dari berbagai pihak dan Sponsor, seperti dari Asuka Car TV, Dunlop, Sieken, HSR, Autoplaza Jakarta, JNE, Garda Oto, STP, Bluebird Group, Idemitsu dan pemain baru di coating kendaraan dengan membawa brand asal Amerika, yaitu System-X, dan tentunya dukungan dari PT. MMKSI dan seluruh member X-MOC pada umumnya.

Pada kesempatan tersebut, Pengurus X-MOC Periode 2017-2019 juga memberikan penghargaan kepada pihak-pihak yang telah ikut membesarkan X-MOC selama kurun waktu dua tahun. Di antaranya adalah dari pihak PT. Auto Global International selaku pemegang merek ICE-U, OHK Parts dan tentunya pihak Mitsubishi Motors (dalam hal ini PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia/MMKSI). Juga kepada media yang banyak berperan menyebarluaskan berita tentang kegiatan X-MOC, seperti tabloid Otomotif dan GridOto. Hingga saat ini terdapat lebih dari 340 artikel telah dimuat baik di media digital maupun cetak.

Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia (X-MOC Indonesia) sendiri dideklarasikan pada 10 September 2017 di Kopi Tiam SCBD oleh 16 orang yang hadir dan memilih Didi Zakaria (X-0001) sebagai Ketua Umum pertamanya. Kepemimpinan kemudian dilanjutkan oleh Sonny Eka Putra (X-0017) di awal tahun 2018.

Pada 2 Februari 2018, Didi Zakaria (X-0001), Danny Bastian (X-0021), dan Hari Suwondo (X-0014) mengesahkan X-MOC Indonesia menjadi Badan Hukum melalui Notaris RA. Dyah Ayu Permatasari, SH., M.KN, sehingga terbitlah Akta Notaris Nomor 01 Tanggal 2 Februari 2018 dan selanjutnya didaftarkan pada 13 Februari 2018 ke Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia untuk mendapatkan surat keputusan dari KEMENKUMHAM dengan nomor AHU-0001821.AH.01.07.TAHUN 2018. Tidak hanya sampai didaftarkan menjadi Badan Hukum, X-MOC Indonesia juga mendaftarkan logonya ke Direktorat Hak Kekayaan Intelektual di tahun 2019. Hal ini bisa dikatakan bahwa, X-MOC adalah salah satu komunitas otomotif  yang “serius” dalam membangun komunitas yang baru terbentuk 2 (dua) tahun sejak 2017.

Hingga saat ini, perkumpulan Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia telah memiliki perwakilan baik itu di tingkat Provinsi (Pengurus Daerah) dan di tingkat Kabupaten/Kota (Pengurus Chapter) terdiri dari 18 Pengurus Daerah dan 27 Pengurus Chapter.

Dalam perkembangannya, X-MOC menjadi salah satu komunitas otomotif khususnya roda-empat yang aktif baik dalam kegiatan off-line (event) maupun online (dunia maya). Tercatat hampir setiap minggu X-MOC selalu mengadakan kegiatan di berbagai wilayah kepengurusan baik itu di PENGDA maupun di PENGCHAP, dari mulai Kopdar, family gathering, touring dan tidak ketinggalan bakti sosial. Baru-baru ini X-MOC juga menggalang dana untuk korban kebakaran hutan di daerah yang terkena dampak, Sumatera dan Kalimantan, disalurkan melalui PENGDA RIAU, JAMBI dan KALIMANTAN TENGAH.

Selain kegiatan off-line, kegiatan online di X-MOC terbilang sangat aktif. Terbukti lebih dari 20.500 akun tergabung di dalam Facebook Group, lebih dari 3.600 follower fanpage dan lebih dari 6.000 follower akun official Instagram X-MOC, 380 subscriber Youtube dan hampir 200 per hari mengunjungi laman www.x-moc.id.

Tak mau kalah dengan beberapa perusahaan besar yang menggunakan kanal social media sebagai media promosi, X-MOC juga menerapkan strategi omni channel sebagai marketing promotion strategi untuk  memperkenalkan X-MOC di komunitas otomotif roda empat dan khususnya pengguna Mitsubishi Xpander, dengan harapan adanya ketertarikan untuk bisa bergabung dengan X-MOC. Average engagements rate hingga saat ini dapat dikatakan lumayan baik. Bedanya X-MOC dengan perusahaan besar, dana untuk promosi tersebut berasal dari rasa memiliki yang besar dari seluruh member yang secara suka rela meluangkan waktu, ide dan pikirannya untuk membesarkan X-MOC. Hashtag #xmoc  #xmocid dan #JoinXMOCPalingBener menjadi salah satu hashtag wajib kami setiap posting di social media, dan saat ini sudah tercatat ribuan posting dan telah dimanfaatkan untuk dijadikan target pasar berbagai produk.

 

Teks & Foto: Tito B. Setiawan

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *