Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Menunggu BMW M4 CSL Hommage 2023 yang Banderolnya Setara Ferrari SF90 Stradale

Divisi M BMW telah mengkonfirmasi peluncuran M4 CSL terbaru pada 20 Mei mendatang pada ajang Concorso d’Eleganza Villa d’Este di Italia. Tapi lebih dari itu, divisi M BMW digadang-gadang juga tengah sedang dalam proses menyiapkan versi M4 CSL yang lebih ekstrem. Dan jika rumor ini benar, maka bakal ada varian Hommage yang berada di puncak keluarga M4 generasi baru tersebut. Benarkah?

BestCar Indonesia – Divisi M BMW telah mengkonfirmasi peluncuran BMW M4 CSL model 2023 M4 pada ajang Concorso d’Eleganza Villa d’Este di Italia, 20 Mei 2022 mendatang. Tapi lebih dari itu, divisi M BMW digadang-gadang juga tengah sedang dalam proses menyiapkan versi M4 CSL yang lebih ekstrem.

Menurut sebuah artikel yang diterbitkan secara online oleh WhereCar belum lama ini, BMW M4 CSL model 2023 tidak akan diposisikan di puncak keluarga M4 generasi baru, karena posisi itu bakal disediakan untuk model Hommage. Varian yang belum disebutkan Namanya itu disebut-sebut mengadopsi beberapa ciri gaya dari BMW 3.0 CSL Hommage Concept (gambar di atas) yang dibangun untuk menghormati E9 CSL tahun 70-an.

Meskipun berbagi platform dasar dan proporsi keseluruhan yang sama dengan M4 CSL model 2023, namun varian Hommage akan terlihat berbeda. Hal ini bisa dimengerti, mengingat varian yang belum diberi nama resmi ini mengusung panel bodi ekslusif yang dipesan lebih dahulu, dibentuk lebih aerodinamis, dan tampil lebih agresif pada saat yang sama. Panel body M4 CSL Hommage ini bahkan diyakini akan dibuat dari serat karbon untuk menjaga bobotnya tetap terkendali. Omong-omong, timbangannya harus sekitar 1.550 kg (3.417 pon), tak boleh lebih.

Sama seperti M4 CSL terbaru, dapur pacu varian Hommage juga berbasis mesin bensin enam silinder segaris 3,0-liter yang familiar, dengan turbocharger ganda. Output tenaga dan torsi disebut-sebut mencapai 600hp dan 700Nm (516 lb-ft), dan seluruh daya mesin tersebut disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis delapan kecepatan. Setidaknya, begitulah rumor yang beredar. Akselerasi 0 hingga 62mph (0-100kpj) mungkin memakan waktu sekitar 3,5 detik dan kecepatan tertinggi bisa melebihi angka 300kpj (186mph).

Mengutip situs web Australia yang mengklaim produksi M4 CSL varian Hommage kemungkinan dibatasi hingga total 50 unit saja, maka masing-masing mungkin akan dihargai sekitar €600.000 (setara dengan lebih dari US$630.000) di pasar Eropa, atau kira-kira sama dengan banderol Ferrari SF90 Stradale baru. Meskipun demikian, faktor kekerenan dan kelangkaan seharusnya membuat mobil baru Hommage cukup populer di kalangan para kolektor, jadi tak usah heran jika nilainya nanti akan terus melambung.

Sementara itu, BMW M4 CSL 2023 sendiri bersiap untuk debut pada Jumat depan, 20 Mei 2022. Model yang berfokus pada trek balap ini akan menampilkan lampu depan dengan warna kuning, seperti teaser resmi yang telah diungkapkan, lampu belakang eksklusif, gril ginjal dengan bilah horizontal, dan celemek besar.

Secara harfiah, M4 CSL terbaru ini  bermandikan serat karbon, 2023 M4 CSL memiliki spoiler depan besar dengan bilah samping bermerek. Lebih banyak trim merah dapat dilihat di side skirt, kontras dengan warna eksterior biru muda dan diffuser lima sirip yang terlihat. Velg khusus ukuran 19 inci di depan dan 20inci di belakang masing-masing dibalut ban 275/35 dan 285/30, dengan penutup tengah velg (dop) khusus untuk menghormati ulang tahun ke-55 Divisi M.

Di bagian dalam, kursi bucket dengan sandaran kepala terintegrasi yang terbuat dari serat karbon semakin meningkatkan nuansa sporty M4 CSL model 2023 ini. Semua dibungkus dalam kombinasi kulit merah dan abu-abu dan Alcantara abu-abu pada prototipe yang digambarkan, dengan jahitan putih dan merah. Logo ‘CSL’ menghiasi sandaran kursi dan konsol tengah, dan BMW telah menggunakan serat karbon di dalamnya. Setirnya dibalut Alcantara, dan door card-nya memiliki tema yang mirip dengan joknya. Hal baru lainnya adalah absennya kursi belakang, disertai dengan stiker ‘tidak ada bagasi di sini’, dan fakta bahwa tidak ada sistem infotainment iDrive 8 di mobil ini.

Belum jelas bagaimana performa mesin 6-silinder segaris twin-turbo 3.0-liter di balik bonnet M4 CSL model 2023. Beberapa orang percaya bahwa mesin M4 CSL akan memiliki sekitar 540 tenaga kuda, meskipun belum ada cara untuk membuktikannya. Namun yang pasti, ia akan lebih bertenaga (sekitar 40hp atau lebih) daripada yang ditemukan di bawah kap mesin BMW M4 Competition Coupe yang mampu meletupkan tenaga hingga 503hp dan torsi puncak 650Nm (479lb-ft), membuatnya melejit hingga 97kpj (60mph) dari titik diam dalam 3,4 detik pada model varian All-Wheel Drive xDrive (berpenggerak 4-roda, opsional). Berkat daya mesin yang lebih besar dan bobot yang lebih ringan, BMW M4 CSL 2023 diyakini mampu menyelesaikan akselerasi yang sama dengan waktu sepersepuluh detik lebih cepat.

Unit pertama dari BMW M4 CSL model 2023 diperkirakan akan mulai tiba di Amerika Serikat pada musim gugur tahun ini. Dan, meskipun harganya masih menjadi rahasia lain yang belum terbongkar, kami memperkirakannya akan lebih dari dua kali lebih mahal dari M4 Competition xDrive Coupe, yang dimulai dengan harga dasar US$79.000, belum termasuk biaya pengantaran hingga ke tujuan, biaya dealer, dan opsional lainnya.

Teks             : Yusran Hakim

Sumber         : www.autoevolution.com

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga