Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
LexusLC500Launching-2

Lexus LC500 pun ‘Mengaspal’ di Indonesia: Even Sharper, More Refined

Dibanderol Rp 4,290 miliar (on-the-road), supercar 2-pintu Lexus dengan transmisi 10-speed ini menjanjikan ‘emotional driving’ bagi para pengemudinya secara lebih dinamis. Gilanya, saat diluncurkan hanya tersisa 5 unit lagi dari 10 unit jatah untuk pasar Indonesia.

BestCar Indonesia – Lexus Indonesia memberi kejutan bagi penggemar mobil mewah Tanah Air, Rabu lalu (26/07-2017), ketika meluncurkan produk terbaru di segmen luxury coupe, Lexus LC 500. Versi produksi dari mobil konsep Lexus LF-LC yang peluncuran globalnya dilakuan awal Februari 2017 lalu di Hawaii ini dibanderol dengan harga Rp 4,290 miliar, dan hanya tersedia 5 unit dari 10 unit yang menjadi jatah untuk pasar Indonesia.

Sebagai salah satu brand premium dunia, Lexus memang kental dengan produk-produk luxury dan sporty. Lexus LC 500 salah satu ‘masterpiece-nya’. Hadir dengan desain eksotis dan performa yang mumpuni, Lexus LC 500 disebut-sebut sebagai bentuk apresiasi terbaru dari Lexus untuk pelanggan setianya yang terus meningkat di Indonesia.

LexusLC500Launching-1

Seperti yang Anda tahu, kehadiran Lexus LC 500 memang diawali oleh lahirnya mobil konsep Lexus LF-LC yang pertama kali ditampilkan di Detroit Motor Show tahun 2012 — Lexus Indonesia juga menampilkan mobil konsep Lexus LF-LC di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015.

Kehadiran mobil konsep Lexus LF-LC sontak menarik perhatian para pecinta otomotif, karena tidak hanya menampilkan sisi sport namun juga memancarkan gaya kemewahan. Desain revolusionernya sangat memikat pada pandangan pertama, sehingga tak heran jika mobil konsep ini memenangkan penghargaan “Eyes on Design” pada ajang Detroit Motor Show 2012.

Kecantikan Lexus LF-LC membuat para petinggi Lexus berkomitmen untuk merealisasikan mobil konsep ini menjadi nyata dalam bentuk versi produksi. Sejak tahun 2016, embrio Lexus LF-LC kemudian diwujudkan dalam bentuk maha karya  Lexus LC 500.

LexusLC500Launching-3

Lexus LC 500 sebetulnya juga merupakan inisial dari Lexus Coupe 500, dengan desain yang mengusung tema “Seduction & Technology” – untuk menggambarkan paduan antara alur keindahan menggoda dengan kecanggihan teknologi yang hanya bisa dilakukan oleh Lexus. Layaknya seorang atlet kelas dunia yang mengenakan pakaian stylish, Lexus LC 500 digadang-gadang sebagai mobil sport impresif yang mampu melahap jalanan beraspal dengan penuh gaya dan kenyamanan.

Tak heran, sebelum resmi diluncurkan di pasar nasional pun supercar kupe dua-pintu ini telah ‘dipesan’ sebanyak 5 unit dari 10 unit yang menjadi jatah untuk pasar Indonesia. “Harganya Rp 4,290 miliar on the road. Kuotanya untuk pasar Indonesia juga tidak banyak, hanya 10 unit saja. Namun sejauh ini sudah ada 5 orang memesan unit LC 500 ini,” ungkap Adrian Tirtadjaja.

LexusLC500Launching-4

LexusLC500Launching-5

Dibangun dengan postur ultra-low center of gravity, Lexus LC 500 diklaim mampu melaju dengan kenyamanan yang presisi. Meski mesin V8 berkapasitas 4.969cc di balik bonnet lebarnya tak dibekali perangkat turbocharger alias mesin natural aspirated, namun LC 500 yang berpenggerak roda-belakang (RWD) mengusung transmisi otomatis canggih 10-speed dan fitur World’s Fastest Shift Change serta rear wheel steering yang dapat meningkatkan performa dan kenikmatan berkendara.

LexusLC500Launching-6

Nuansa mewah amat terasa dari sisi eksterior, terutama lewat fitur flush door handle, newly developed ultra-small 3-beam LED head lamps, dan lampu belakang baru yang berdesain radikal. Sedangkan dari sisi interior, kemewahan mencuat lewat trim berkonsep drape-like ornamentation dan balutan bahan kulit Alcantara.

Desain interior Lexus LC 500 sangat memperhatikan kerumitan detil yang meliputi ornamen-ornamen indah, kemajuan teknologi, serta keahlian pembuatan. Perpaduan seluruh elemen tidak hanya merefleksikan nuansa elegan, namun juga diklaim meningkatkan gairah berkendara pada saat duduk di balik setir. Posisi berkendara juga diatur ergonomis, mulai dari sudut setir, penatan pedal gas, hingga posisi duduk yang fokus pada desain cross sectional.

Lexus LC 500, menurut Adrian Tirtadjaja, memang dipersiapkan oleh Lexus sebagai model terdepan yang dapat menghadirkan ‘emotional driving’ bagi para pengemudinya secara lebih dinamis. Dengan mengusung konsep “Even Sharper, More Refined” Lexus LC 500 dinilai dapat merespon secara cepat keinginan dan kebutuhan sang pengemudi. Respon cepat ini membuat pengemudi serasa terkoneksi dengan mobil, sehingga membuat sensasi berkendara menjadi lebih tajam.

Ketika mengendarai mobil di daerah perkotaan saat menjalani rutinitas sehari-hari, Lexus LC 500 menghadirkan rasa berkendara yang nyaman seperti tingkat keredaman suara di dalam kabin yang hanya dimiliki oleh mobil luxury. Perpaduan antara karakter sport yang liar dengan luxury yang nyaman menjadi pembeda antara Lexus LC 500 dengan mobil sedan sport lainnya.

Inilah alasan mengapa Lexus LC 500 disebut sebagai maha karya, karena misi mengubah desain mobil konsep Lexus LF-LC menjadi nyata tidaklah mudah. Para Takumi, atau sebutan bagi artisan yang berdedikasi tinggi, serta hasil karyanya bisa menginspirasi orang lain, harus memisahkan desain yang sudah ada dan memulai kembali dengan kanvas baru.

Hal tersebut memiliki level kesulitan melebihi pembuatan desain mobil baru secara keseluruhan. Diperlukan sebuah kordinasi yang baik antara divisi R&D, Engineering, Design, Production dan pihak lainnya agar mampu membawa Lexus ke tahap yang lebih tinggi.

Spesifikasi dan Desain

Menggunakan sistem penggerak roda-belakang (RWD), Lexus LC 500 dibekali mesin V8 5,0 liter (4.969cc) Naturally Aspirated (non-turbo) yang dapat menghasilkan power maksimal 470hp pada 7.100rpm dan torsi puncak 532Nm pada putaran mesin 4.800 hingga 5.600 per menit. Sepintas, output daya sebesar itu seperti kurang sebanding dengan kapasitas mesinnya yang 5,0liter. Tapi seperti yang dijelaskan Adrian, Lexus sengaja membekali LC 500 dengan mesin berkapasitas besar untuk memperoleh kenyamanan berkendara sehari-hari.

“Mesin kecil yang ‘dipaksa’ menghasilkan output tinggi cenderung tidak tahan stress, dan ini mengurangi kenyamanan berkendara jika digunakan sehari-hari. Karena itu Lexus LC 500 menggunakan mesin berkapasitas besar yang tidak akan stress walaupun dipaksa hingga di batas redline. Apalagi output-nya juga disesuaikan pada batas yang ideal untuk mencapai pengendaraan dinamis sekaligus nyaman untuk daily use,” papar Adrian.

Lebih dari itu, Lexus juga membekali LC 500 dengan transmisi otomatis terbaru 10-speed (10 tingkat kecepatan). Komponen transmisi dibuat sekecil mungkin menggunakan bahan alumunium agar dapat mengurangi bobot massa mesin, sehingga menghasilkan transmisi dengan tingkat rasio yang rendah. Hasilnya, pengemudi dapat merasakan ritme berkendara yang dinamis dengan konsumsi bahan bakar efisien.

LexusLC500Launching-7

Dari sisi kemewahan dan kenyamanan, tentu saja reputasi Lexus tak terbantahkan. Filosofi desain Lexus “L-Finesse” disematkan pada fitur-fitur Lexus LC 500. Intriguing Elegance misalnya, dapat dilihat pada sisi pintu mobil terdapat ornamen yang menyerupai lipatan tirai dengan motif timbul ke permukaan, sehingga menghasilkan gelombang bayangan yang cukup indah. Kursi jok depan sudah mengadopsi model sport dengan tambahan sistem pengaturan yang ditempatkan di bagian samping. Mobil ini juga dilengkapi dengan L-shaped patterned analog clock, layar EMV 10,3inci, dan 13 buah audio speaker Mark Levinson sebagai hiburan.

LexusLC500Launching-8

LexusLC500Launching-9

Pada bagian speedometer, Lexus LC 500 telah mengadopsi single dial meter TFT LCD ukuran 8inci dengan tampilan baru yang lebih canggih. Display meter dapat bergerak ke sebelah kanan untuk menampilkan berbagai informasi seputar kendaraan secara lebih lengkap, sementara tampilanyapun dapat berubah sesuai dengan mode berkendara yang dipilih.

LexusLC500Launching-10

Konsep desain Seamless Anticipation ditemui ketika beranjak ke bagian eksterior LC 500. Struktur bodi mobil banyak menggunakan material serat karbon, termasuk di bagian pintu dan juga atap mobil yang sifatnya opsional. Namun, desainer Lexus LC 500 menghadirkan terobosan dengan menghilangkan tonjolan pada bagian handle pintu untuk menjaga kecantikan desain serta meningkatkan performa aerodinamis. Selain itu, tombol pembuka bagasi juga ditempatkan secara tersembunyi di bagian stoplamp.

LexusLC500Launching-11

LexusLC500Launching-12

Sedangkan konsep desain Incisive Simplicity terlihat di lampu belakang model L-shape dengan sedikit lekukan ke dalam, membuat penerangan menjadi terefleksi dan menghasilkan cahaya yang indah. Untuk nuansa sport yang lebih kental, Lexus juga melahirkan warna terbaru Naples Yellow yang ditampilkan perdana melalui Lexus LC 500.

LexusLC500Launching-13

Teks: Yusran Hakim

Foto: Esa Wijayantoro dan Lexus

 

Spesifikasi Teknis Lexus LC 500

DIMENSI
P x L x T (mm) 4.770 x 1.920 x 1.345
Wheelbase (mm) 2.870
Ground Clearance (mm) 133
Bobot Bersih/Curb Weight (kg) 1.935 – 2.375
ENGINE & CHASSIS
Tipe Mesin 2UR-GSE
Konfigurasi Mesin V8, 32 Valve DOHC with Dual VVT-i
Displacement (cm3 ) 4.969
Power maksimal (hp/rpm) 470 / 7.100
Torsi Maksimal (Nm/rpm) 532 / 4.800-5.600
Transmisi Otomatis, 10-speed
Drivetrain FR
Kecepatan maksimal (km/jam) 270
Tipe Rem (depan & belakang) Cakram berventilasi (Ventilated Disc Brake)
Suspensi (depan) Independent, Double Joint Multilink
Suspensi (belakang) Independent, Double Joint Multilink
Radius putar minimal (m) 5,3
Ban serep (Spare Tire) Ground Tire
EXTERIOR
Sistem penerangan depan 3 LED High and Low Beam Headlamp with LED DRL
Sistem penerangan belakang LED with a Sense of Depth
Rear Side View Mirrors Auto Retractable, Electro Chromic, Heated
Velg dan Ban 245/40RF21 (depan) dan 275/35RF21 (belakang)
INTERIOR
Kapasitas bangku 2 baris bangku, 4 penumpang
Memory Bangku Depan Hanya di bangku pengemudi
Seat Cover  Material Semi Aniline Leather + Alcantara
Audio System Mark Levinson Surround Audio with 13 Speakers
Monitor depan 10,3inci EMV
Drive Mode Select 4 Mode (Eco-Normal -Sport – Sport +)
Wireless Charger Tidak ada
Interior Trim Engraved Metal
Navigation System Lexus Navigation System
Sunroof Carbon Roof
Air Circulation Dual Zone Climate Control
Atmosphere Control Carbon Air Filtration
Seat Heater/AC Front Seat Heater and Cooler
Parking Assist Rear Camera + Sonar Safety
Airbags 10 Airbags
Brake Feature ABS with Brake Assist
Vehicle Stability VDIM

 

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *