Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
navaraaceh1

Let’s Get Lost!

Musibah dan berkah itu setipis kertas. Belasan jam tersesat di belantara Taman Nasional Gunung Leuser dan terputus dari ‘peradaban’ justru menjadi sebuah ‘epic driving’ tak terlupakan bersama Nissan all-new Navara NP300

BestCar Indonesia – SULIT mengabaikan undangan PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) untuk menjajal pikap terbarunya, All-new Navara NP300 model 2015, kali ini. Oke, saya memang pernah menjajal pikap kabin ganda andalan Nissan itu di trek off-road Pagedangan, Bumi Serpong Damai, beberapa waktu sebelumnya. Tapi  lihat apa yang ditawarkan Nissan: rute ‘menantang’ ratusan kilometer di bumi Serambi Mekah yang dikemas dalam tagline ‘Ekspedisi ke Tanah Rencong’! Ya, ekspedisi … di kawasan paling ujung pulau Sumatera.  “Fuiihh … pasti seru … ini baru test drive kendaraan berpenggerak empat-roda di habitat yang sebenarnya,” ujar saya dalam hati.

Rabu, 20 Mei 2015, saya bersama sekitar 20-an jurnalis nasional lainnya telah berada di atas Sabang, pulau We, yang menyajikan lansekap luar biasa indah. Pulau vulkanik dengan tebing-tebing curam berteras, plus pepohonan hijau yang dikelilingi laut berwarna biru muda hingga biru gelap. Menginjakkan kaki di Bandara Maimun Saleh, Sabang, cuaca cerah plus tujuh unit All New NP300 Navara menyambut rombongan. Destinasi pertama adalah Balohan Bay sebelum dilanjutkan ke Monumen Kilometer Nol yang merupakan titik paling Barat kepulauan Indonesia.

navaraaceh2

Duduk sebagai penumpang di bangku belakang Navara tipe VL bertransmisi manual, saya menikmati sebisanya jalur berliku yang relatif sempit buat pikap kabin-ganda andalan Nissan ini. Ini pertama kalinya saya merasakan langsung sebagai penumpang All-new NP300 di jalan aspal. Meski terbilang mulus dengan lalulintas relatif sepi, lebar jalan aspal di Sabang hanya sekitar 4 meter plus tikungan tajam dan tanjakan serta turunan curam.

Untunglah NP300 Navara tipe VL yang masuk pasar nasional dibekali suspensi belakang model 5-link live axle dengan per spiral, menggantikan model per daun pada pendahulunya. Suspensi depan memang tetap mempertahankan model double wishbone yang sama, namun dengan shock absorber dan lingkar per spiral yang telah direvisi untuk memperoleh pengendaraan lebih baik. Saya merasa cukup nyaman di bangku belakang, meski Navara meliuk-liuk lincah saat melahap tikungan tajam. Sandaran punggung kursinya jauh lebih landai ketimbang pendahulunya, dengan ruang kaki (leg room) dan head room lega. Gejala body roll (limbung) boleh dibilang sangat minim, meski masih terasa di bangku belakang. Fitur Vehicle Dynamic Control (VDC) yang bekerjasama dengan TCS amat membantu melahap tipe jalan berlika-liku seperti di Sabang ini. Keduanya mampu memaksa pikap berbobot nyaris 2 ton selalu mengikuti perintah pengemudi, menghindari terjadinya gejala overshoot atau sliding berlebihan.

navaraaceh3

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *