Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Ketika Penggila Yaris Bilang “Pengen!”

Begitulah ‘ulah’ para anggota komunitas. Mereka begitu detil, begitu antusias, dan begitu riuh ketika berhadapan dengan kendaraan favorit mereka. Lebih-lebih jika itu kendaraan baru yang belum mereka rasakan sebelumnya.

BestCar Indonesia – Menarik sekali melihat berbagai reaksi dan aksi kerumunan anggota komunitas Toyota Yaris Club Indonesia (TYCI), ketika menyaksikan secara langsung peluncuran Toyota New Yaris di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Selasa, 20 Februari 2018 lalu. Seolah bertemu harta karun, para ‘pecinta’ small hatchback Toyota ini seakan ‘menggila’.

Berebutan mereka menyerbu ke atas panggung, tempat dua unit New Yaris 2018 varian TRD Sportivo berkelir merah dan Citrus Yellow yang baru saja diluncurkan bertengger. Sebagian lainnya memilih menyerbu satu unit New Yaris versi balap milik TTI dan satu unit varian TRD Sportivo berkelir putih dengan transmisi manual yang ‘diparkir’ di bawah panggung, di antara deretan kursi tamu.

Beberapa orang langsung membuka pintu, tak sabar ingin merasakan kabin Yaris terbaru. Sebagian lagi membuka kap mesin, mengintip kolongnya, membuka tail gate, dan bahkan ada pula yang hanya mengelus-elus body New Yaris. Kabin menjadi bagian yang paling menyita perhatian para anggota komunitas pengguna Toyota Yaris itu. Nyaris tak ada bagian interior di dalam kabin yang tak disentuh. Jok depan-belakang diduduki, lapisannya diperiksa, dijajal pula penyetelan kursinya, termasuk mencoba semua konfigurasi bangkunya. Begitu pula dengan door trim, semua material pelapis yang ada di sekujur interior, dan tentu saja memeriksa juga semua laci dan kompartemen barang yang ada di dalam kabin. Tak ada yang luput dari inspeksi para penggila Yaris ini. Dashboard, apa lagi. Tak ada satu tombol pun di bagian ini yang tak mereka periksa atau dicoba. Dan, satu lagi yang tak terlewatkan: selfie bareng!

Begitulah ‘ulah’ para anggota komunitas. Mereka begitu detil, begitu antusias, dan begitu riuh ketika berhadapan dengan kendaraan favorit mereka. Lebih-lebih jika itu kendaraan baru yang belum mereka rasakan sebelumnya.

Sesuai dengan karakter produknya, kegiatan yang mengusung tema “Special Preview NewYaris – Powered by Excitement” ini dihadiri sekitar 50 member TYCI. Tidak hanya dimeriahkan oleh member TYCI, kegiatan ini juga dihadiri oleh17 perwakilan komunitas yang tergabung dalam Toyota Owner Club (TOC). Bahkan, komunitas non-Toyota juga turut hadir menyaksikan peluncuran Toyota New Yaris.

Kegiatan ‘Special Preview’ ini tidak lepas dari dukungan PT Toyota-Astra Motor (TAM), sejalan dengan komitmen APM Toyota di Indonesia itu untuk selalu men-support kegiatan positif komunitas pecinta brand berlogo ‘dua elips’ yang memberikan nilai tambah kepada masyarakat. Selain itu, kegiatan seperti ini juga dinilai sejalan dengan semangat Toyota Let’s Go Beyond. “TAM ingin mengajak para anggota komunitas selalu berpikir dan melakukan sesuatu yang lebih (beyond) denganToyota-nya,” ujar Rouli Sijabat, Manager of Public Relations TAM.

Mewakili Fransiscus Soerjopranoto selaku Executive General Manager PT TAM yang hari itu berhalangan hadir, Rouli Sijabat juga memaparkan bahwa kegiatan seperti ini sengaja dipersembahkan untuk rekan-rekan komunitas sebagai apresiasi dari Toyota. “Karena selama ini komunitas telah menjadi partner penting bagi Toyota. Melalui dukungan dan masukan dari member komunitas, Toyota dapat terus berinovasi dan menghadirkan produk baru sesuai dengan kebutuhan para pengguna kendaraan,” paparnya.

Kegiatan ini, kata Irwan Danar Ranti Prasojo selaku Ketua Umum TYCI, memang menjadi ajang yang ditunggu-tunggu oleh para member. “Tentu saja, acara ini sekaligus menjawab rasa penasaran kami mengenai model terbaru dari Yaris. Selain itu, momen ini juga kami manfaatkan untuk bertemu dan menjalintali silaturahmi antar member komunitas,” ungkapnya.

O ya, TYCI sendiri resmi didirikan pada 19 Agustus 2006. Saat ini, TYCI mempunyai lebih dari 1.981 member yang tersebar diseluruh Indonesia. Dengan memiliki member yang beragam, TYCI rutin mengadakan kegiatan internal, seperti Jambore, Touring,Coaching Clininc, CSR dan Gathering. Sehingga, sesama member dapat saling berinteraksi dan menjalin tali silaturahmi.

Lalu apa komentar para pecinta Toyota Yaris terhadap model terbaru hatchback Toyota ini? “Kami menyambut baik kehadiran New Yaris. Secara keseluruhan desainnya tampak banyak mengalami perubahan positif dari pendahulunya. Dilihat dari desainnya, mobil ini cocok untuk gaya hidup anak muda yang energetic dynamic,” jelas Irwan.

Sebagian besar anggota TYCI banyak yang memuji desain buritan New Yaris, yang menurut mereka kini jauh lebih modern dan sporty, mirip Corolla Auris. Lebih dari itu, New Yaris kini mengusung fitur safety (keselamatan) yang tak pernah terbayangkan sebelumnya. “Gila ini, airbags-nya aja ada tujuh. Belum lagi vehicle stability control (VSC) dan HSA (Hill-start Assist), ABS, EBD, BA, dan jok dengan ISOFIX. Dan gilanya, semua itu ada di seluruh tipe. Jauh….jauh banget dibanding Yaris sebelumnya,” ungkap Irwan Danar.

Di bagian dalam, interior dan deretan fitur baru New Yaris juga menuai banyak pujian dari member TYCI. Tapi yang paling membuat senang para penggila Yaris ini adalah adanya paddle shift di setir pada tipe TRD Sportivo bertransmisi CVT, selain keyless entry berikut tombol start-stop. Tak heran jika seorang member TYCI berhijab ditanya oleh host yang menggawangi acara ini, “Bagaimana Yaris baru ini menurut Anda?”, spontan menjawab setengah berteriak, “Bikin pengeeeenn!” Eh? “Pengen ganti sama (Yaris) yang baru ini,” sergahnya diiringi tertawa riuh rekan-rekan komunitasnya.

Menurut Ketua Umum TYCI Irwan Danar Ranti Prasojo, ia dan rekan-rekan komunitasnya menyukai Toyota Yaris karena hatchback yang satu ini terkenal memiliki mesin yang ‘bandel’ sejak dulu. “Performanya juga mengesankan, penampilannya stylish serta nyaman dikendarai, sehingga sangat mumpuni sebagai partner harian maupun berpergian keluar kota,” ujarnya.

Teks dan Foto: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *