Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

”Kalahkan!”, Optimisme Mitsubishi Indonesia di ‘Tahun Sulit’

Dari total penjualan ritel 146.805 unit dan raihan 14,2% pangsa pasar otomotif nasional — meningkat nyaris dua kali lipat dari tahun 2017 — selama 2018, yang mengejutkan adalah penjualan model kendaraan penumpang yang mencapai 98.964 unit (terdiri dari model Pajero Sport, XPANDER, Outlander sport, Delica, dan Mirage). Terjadi lonjakan drastis 174% dari periode yang sama tahun sebelumnya. Mitsubishi optimis pangsa pasar penjualan tahun 2019 bakal meningkat.

BestCar Indonesia – Ada yang menarik dalam acara PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Annual Media Gathering 2019 yang digelar di Kaffeine, the Foundry, kawasan SCBD, Jakarta, Rabu lalu (13/03/2019). Inilah untuk pertama kalinya Mitsubishi Indonesia meneriakkan ‘tagline’ baru: “Kalahkan!” Singkat, padat, namun penuh makna yang mengekspresikan optimisme distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC) itu dalam menghadapi pasar otomotif domestik tahun 2019 ini.

Jika terdengar sangat ‘percaya diri’, tagline terbaru Mitsubishi itu sebetulnya memang merefleksikan keberhasilan capaian penjualan kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Indonesia sepanjang tahun 2018 yang ‘memecahkan rekor’.

Merujuk pada data penjualan retail GAIKINDO tahun 2018, kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia mencatat angka penjualan ritel sebanyak 146.805 unit (Januari-Desember 2018). Secara nasional, data penjualan ritel Januari-Desember 2018 yang dilansir GAIKINDO memperlihatkan Mitsubishi Indonesia berhasil naik ke posisi empat, menggeser Suzuki ke posisi lima. Dengan angka penjualan ritel 146.805 unit selama 2018, Mitsubishi meraih 14,2% pangsa pasar otomotif nasional. Capaian ini meningkat nyaris dua kali lipat dari tahun 2017 yang hanya mendapat 7,5% pangsa pasar nasional (79.669 unit) pada periode yang sama (Januari-Desember 2017).

Dari total penjualan ritel 146.805 unit selama 2018, yang mengejutkan adalah penjualan model kendaraan penumpang yang mencapai 98.964 unit (terdiri dari model Pajero Sport, XPANDER, Outlander sport, Delica, dan Mirage). Terjadi lonjakan drastis 174% dari periode yang sama tahun sebelumnya. Dan yang paling mencolok, 70% lebih dari total penjualan ritel di segmen kendaraan penumpang Mitsubishi itu ternyata didominasi oleh penjualan model XPANDER.

Sementara capaian penjualan kendaraan niaga ringan Mitsubishi Motors di Indonesia mencapai 47.841 unit (terdiri dari Triton, Colt L300 dan Colt T-120ss), naik 9,6% dibandingkan capaian tahun 2017 pada periode yang sama. Jadi, secara total, angka penjualan kendaraan Mitsubishi di Indonesia pada kedua segmen (penumpang dan niaga ringan) meningkat sebesar 84% sepanjang periode Januari-Desember 2018.

Sebagian besar model kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi juga sukses menaikkan pangsa pasar (market share) dan mampu meredam penurunan penjualan di masing-masing segmen. Adapun rincian penjualan dari segmen kendaraan penumpang adalah sebagai berikut:

Rincian penjualan retail kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia tahun 2018:

Torehan keberhasilan Mitsubishi Indonesia memang layak disematkan kepada model Mitsubishi XPANDER yang berkontribusi signifikan terhadap angka penjualan total MMKSI dan secara umum turut meningkatkan volume dan kontribusi segmen low-MPV. Sejak diluncurkan di ajang GIIAS 2017, angka penjualan Mitsubishi XPANDER secara retail sudah mencapai 100.000 unit pada awal Maret 2019. Capaian penjualan retail ini menjadikan XPANDER sebagai model kendaraan yang mencapai penjualan tercepat ke 100.000 unit di kelas small-MPV, dalam kurun waktu 18 bulan. Seremoni penyerahan unit ke-100.000 dilaksanakan pada kesempatan pertemuan tahunan MMKSI dan media massa nasional pada 13 Maret 2019.

Sepanjang tahun 2018 lalu, kontribusi XPANDER mendominasi hingga 70% lebih dari total penjualan ritel di segmen kendaraan penumpang Mitsubishi. Itu artinya, sepanjang Januari-Desember 2018 lalu Xpander mendominasi penjualan ritel di segmen kendaraan penumpang Mitsubishi dengan total 69.274 unit.

Sejak diluncurkan di ajang GIIAS 2017, angka penjualan Mitsubishi XPANDER secara retail sudah mencapai 100.000 unit pada awal Maret 2019, menjadikannya sebagai model kendaraan yang mencapai penjualan tercepat ke 100.000 unit di kelas small-MPV, dalam kurun waktu 18 bulan.

Bagaimana dengan penjualan di segmen kendaraan penumpang Mitsubishi lainnya? Nah, ini yang harus dicermati oleh Mitsubishi Indonesia. Dari total penjualan di segmen kendaraan penumpang Mitsubishi yang mencapai 98.964 unit, hanya sekitar 29.690 unit kontribusi dari kendaraan penumpang Mitsubishi lain non-Xpander, yang terdiri dari Pajero Sport, Outlander Sport, Delica, Mirage, dan Lancer.

Dan dari jumlah itu, hanya Pajero Sport yang secara wholesales (pengiriman dari pabrik ke diler) mampu mencatat angka penjualan 21.029 unit sepanjang Januari-Desember 2018. Sementara Outlander Sport hanya mampu terjual 816 unit pada periode yang sama. Dan lebih tragis lagi nasib dua model di segmen kendaraan penumpang Mitsubishi lainnya, Mirage dan Delica. Tahun lalu, kedua model ini bahkan telah ‘dipensiunkan’ oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mengingat penjualannya yang anjlok drastis.

Mitsubishi Mirage, misalnya. City car Mitsubishi yang diimpor langsung dari Thailand ini awalnya sempat mencatat penjualan hingga 3.164 unit pada tahun pertama diluncurkannya di pasar nasional (2012), lalu naik menjadi 6.183 unit pada 2013. Tahun 2014 penjualannya sempat turun hingga 5.373 unit, sebelum naik lagi menjadi 6.551 unit pada 2015. Namun setelah itu penjualan Mirage terus turun drastis, menjadi 2.925 unit pada 2016 dan anjlok tinggal 1.674 unit di tahun 2017. Hingga September 2018, sebelum penjualannya dihentikan pada November 2018, penjualan Mirage hanya mencapai 260 unit.

Nasib Mitsubishi Delica lebih parah lagi. Pertama kali diluncurkan di Indonesia pada 2014 silam, rekor penjualan MPV boxy ini sempat tembus 404 unit di 2015. Namun angka penjualan wholesale-nya terus melorot hingga hanya 171 unit pada 2017 dan berada di titik terendah hanya 28 unit sepanjang semester pertama tahun 2018, sebelum akhirnya tak dipasarkan lagi pada Juli 2018.

Bagi MMKSI, pertaruhan terbesarnya saat ini memang ada di ceruk LMPV. Artinya, pabrikan berlambang tiga berlian ini mau tak mau akan ‘all out’ merawat kesuksesan Xpander – juga Pajero Sport, mengingat model kendaraan penumpang lainnya tak bisa diharapkan. Jika sampai terjadi ‘kejatuhan’ penjualan XPANDER, bagaimanapun, bakal sangat mempengaruhi pertumbuhan segmen kendaraan penumpang Mitsubishi di Indonesia secara keseluruhan.

 

Optimisme dan Strategi di 2019

Tahun 2019 ini, bagaimanapun, bukan kondisi yang mudah bagi industri otomotif nasional, meski proyeksi dan target GAIKINDO untuk penjualan kendaraan tahun ini cukup optimis pada patokan angka 1,1 juta unit. Kondisi politik yang cenderung memanas dan uncertainty menjelang dan pasca Pilpres dan Pemilukada serentak tahun ini, kondisi ekonomi yang belum stabil, serta kompetisi yang makin ketat mengingat banyaknya produk kompetitor yang diluncurkan ke pasar, tentu saja menjadi tantangan utama bagi Mitsubishi Indonesia untuk mewujudkan taglineKalahkan!” yang digadang-gadang.

Toh President Director PT MMKSI, Naoya Nakamura, mengaku tantangan itu justru makin memacu semangat dan optimisme MMKSI untuk berkompetisi dalam memberikan layanan penjualan dan purna jual terbaik kepada konsumen. “Keberhasilan MMKSI dalam meningkatkan pangsa pasar di kedua segmen (kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi) di Indonesia sepanjang tahun lalu (2018), lanjutnya, merupakan bukti bahwa kami mampu, dan ini sekaligus menjadi bukti komitmen Mitsubishi Motors dalam menggarap pasar kendaraan di Indonesia. Apalagi, pada November 2018 kami telah mendapatkan predikat ‘Mitsubishi Motors’s No.1 Distributor in the World’, jadi kami harus optimis mempertahankan itu,” ungkapnya di sela acara MMKSI Annual Media Gathering 2019, di Jakarta, Rabu lalu (13/03/2019).

Masih menurut Naoya Nakamura, untuk lebih memperkuat posisi brand Mitsubishi Motors di Indonesia serta mencapai target penjualan tahun 2019, MMKSI akan mengimplementasikan berbagai aktifitas dan strategi sepanjang tahun 2019. Di antaranya adalah peluncuran produk baru dan penyegaran produk yang telah dikembangkan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat Indonesia. “Ini kami lakukan agar MMKSI dapat memperkuat lini penjualan dan mencapai target tahun fiskal 2019 yang telah ditetapkan,” paparnya.

Selain itu, MMKSI juga akan memenuhi komitmennya mempercepat pengiriman kendaraan. Saat ini, waktu inden dan pengiriman unit XPANDER sudah berjalan normal dengan rata-rata waktu pengiriman maksimal satu bulan untuk wilayah DKI Jakarta. Adapun rencana produksi pada pabrik Mitsubishi Motors di Indonesia akan ditingkatkan hingga 160.000 unit per tahun di tahun fiskal 2020.

Strategi lainnya adalah pengembangan jaringan. Diler Resmi & Mitsubishi Bodi & Cat MMKSI misalnya, berencana memenuhi target pengembangan diler resmi khusus kendaraan penumpang Mitsubishi menjadi 153 diler resmi kendaraan penumpang di akhir tahun fiskal 2019. Fasilitas resmi Mitsubishi Bodi & Cat juga ditargetkan meningkat pada akhir tahun fiskal 2019 menjadi 20 fasilitas di seluruh Indonesia. Hal ini bertujuan untuk memudahkan konsumen untuk memperoleh layanan terbaik dengan standar Mitsubishi.

MMKSI juga memiliki target mempertahankan dan meraih kepuasan konsumen tertinggi konsumen melalui layanan penjualan dan purna jual, dengan target meraih penghargaan SSI dan CSI no.1 tahun 2019. Sementara sebagai sarana pendukung utama pencapaian target, aktivitas ‘above the line’, ‘below the line’, PR dan digital akan lebih terintegrasi dengan peningkatan saluran komunikasi yang lebih optimal. Misalnya dengan menggelar beragam event, mulai dari partisipasi pada pameran otomotif berskala international, regional hingga pameran yang diselenggarakan dengan menerapkan standar MMKSI dalam desain booth dan konsep pameran untuk memperkuat brand Mitsubishi Motors.

“MMKSI mengucapkan terima kasih atas dukungan rekan-rekan media yang telah mendukung aktivitas brand Mitsubishi Motors sepanjang tahun 2018. Hubungan dan sinergi yang terjalin baik antara MMKSI dan media di Indonesia terwujud melalui berbagai pemberitaan positif yang disampaikan kepada masyarakat, terbukti menjadi pemacu MMKSI untuk memberikan layanan terbaik kepada konsumen pada keseluruhan proses kepemilikan kendaraan, serta mencapai target penjualan yang telah ditetapkan. Berbagai capaian yang diraih MMKSI diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap industri otomotif, pertumbuhan ekonomi dan kepentingan masyarakat Indonesia secara luas,” pungkas Naoya Nakamura.

 

Teks: Yusran Hakim

 

 

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *