Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

J.D. Power: Daihatsu Paling Memuaskan dalam Penjualan di Indonesia

Studi J.D Power juga menemukan bahwa 61% pelanggan mendapatkan petunjuk bagaimana mengoperasikan fitur-fitur pada kendaraan baru mereka saat proses delivery, sehingga terdapat tingkat kepuasan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan 39% pelanggan yang tidak mendapatkan petunjuk penggunaan (masing-masing 826 vs. 780).

BestCar Indonesia – Dengan berkembangnya fitur-fitur canggih dan high-tech yang tersedia pada model-model kendaraan baru, konsumen/pelanggan kini semakin mengandalkan para konsultan sales untuk memperagakan fitur-fitur tersebut saat berbelanja dan proses delivery. Penjelasan mengenai fitur kendaraan ini, menurut Studi Indeks Kepuasan Penjualan Indonesia tahun 2018 dari J.D. Power yang diterbitkan Kamis (25/10/2018), ternyata meningkatkan peluang para pelanggan untuk belanja.

Di Indonesia, masih menurut hasil Studi Indeks Kepuasan Penjualan Indonesia tahun 2018 dari J.D. Power, Daihatsu berada di peringkat tertinggi pada tingkat kepuasan sales dengan nilai 818. Lalu ada Datsun yang berada di peringkat kedua dengan nilai 812, dan Honda serta Suzuki bersaing ketat pada posisi ketiga dengan nilai sama (811).

Tingkat kepuasan pelanggan yang mendapatkan penjelasan menyeluruh mengenai fitur/manfaat kendaraan saat melakukan pembelian dan proses delivery (55%) lebih tinggi dari tingkat kepuasan pelanggan yang tidak menerima penjelasan pada kedua kesempatan tersebut (masing-masing 827 vs. 787, dengan skala 1.000 poin).

Studi J.D Power juga menemukan bahwa 61% pelanggan mendapatkan petunjuk bagaimana mengoperasikan fitur-fitur pada kendaraan baru mereka saat proses delivery, sehingga terdapat tingkat kepuasan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan 39% pelanggan yang tidak mendapatkan petunjuk penggunaan (masing-masing 826 vs. 780). “Pembeli kendaraan di Indonesia menghargai panduan yang diberikan saat transaksi pembelian, terutama terkait fitur-fitur yang baru di pasaran,” ungkap Srabani Bandyopadhyay, Country Manager untuk J.D. Power Indonesia.

“Konsultan sales yang menggunakan alat digital untuk memperagakan fitur-fitur tersebut membantu pelanggan untuk terlibat lebih jauh dengan produknya dan menambah keseluruhan pengalaman penjualan,” tambahnya.

Studi ini juga menemukan bahwa pemegang pengaruh utama pada keputusan pelanggan untuk membeli adalah teman/keluarga (61%); pameran kendaraan (56%); display kendaraan di pusat-pusat perbelanjaan/mal (46%); panduan harga kendaraan (32%); dan rekomendasi pemilik diler/konsultan sales diler (31%).

Seperti diketahui, J.D. Power adalah perusahaan portfolio dari XIO Group, perusahaan global investasi alternatif dan perusahaan ekuitas swasta yang memiliki kantor pusat di London dan dipimpin oleh empat pendirinya: Athene Li, Joseph Pacini, Murphy Qiaodan Carsten Geyer. J.D. Power mempunyai kantor perwakilan di Singapura, Bangkok, Beijing, Shanghai dan Tokyo yang mengadakan penelitian tingkat kepuasan konsumen dan memberikan layanan konsultasi di bidang otomotif, teknologi informasi dan keuangan di Kawasan Asia Pasifik. Bersama-sama, kelima kantor perwakilan ini menerjemahkan kepuasan pelanggan kepada kalangan konsumen dan bisnis di Australia, Cina, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, UAE dan Vietnam.

Berikut adalah temuan-temuan utama tambahan dari Studi Indeks Kepuasan Penjualan Indonesia tahun 2018 dari J.D. Power tersebut:

  • Masalah-masalah yang dialami saat membeli kendaraan: Hampir sekitar sepertiga dari pelanggan (29%) mengalami satu atau lebih masalah saat membeli kendaraan. Tingkat kepuasan lebih rendah pada pelanggan yang mengalami hal ini dibandingkan dengan yang tidak mengalami masalah (masing-masing 792 vs. 816). Masalah yang paling umum dikutip adalah keharusan kembali mengunjungi diler untuk urusan dokumen (18%) dan staf diler berusaha menambahkan item yang tidak diinginkan pelanggan ke dalam paket yang dibeli (16%).

 

  • Penggunaan internet saat membeli kendaraan: Tingkat kepuasan lebih tinggi pada pelanggan yang menggunakan internet saat melakukan pembelian kendaraan daripada pelanggan yang tidak menggunakan internet – menggarisbawahi pentingnya merek-merek kendaraan untuk menyediakan website yang menarik, mudah digunakan dan informatif (masing-masing 812 vs. 804).

 

  • Pelanggan setia memiliki pemahaman yang lebih baik: Tiga perempat (75%) dari pelanggan setia melakukan pencarian kendaraan yang akan dibelinya secara online, dibandingkan dengan 52% dari pelanggan pemula yang melakukan hal yang sama. Hampir tiga perempat (70%) pelanggan setia juga membandingkan harga dari beberapa diler sebelum membeli kendaraan dibandingkan dengan 41% pelanggan pemula.

Bagaimana hasilnya? Dari hasil Studi Indeks Kepuasan Penjualan (Mass Market) Indonesia tahun 2018 tersebut, J.D. Power kemudian merangkumnya dalam sebuah peringkat studi: Daihatsu berada di peringkat tertinggi pada tingkat kepuasan sales dengan nilai 818. Lalu ada Datsun yang berada di peringkat kedua dengan nilai 812, dan Honda serta Suzuki yang bersaing ketat pada posisi ketiga dengan nilai sama (811).

Studi Indeks Kepuasan Penjualan (Mass Market) Indonesia 2018 sendiri pada dasarnya merupakan sebuah analisa menyeluruh pada pengalaman para pelanggan dalam membeli dan delivery kendaraan. Studi ini berdasarkan respon dari 2.665 pemilik kendaraan baru yang membeli kendaraan mereka antara bulan Agustus 2017 hingga Juli 2018 dan dikumpulkan antara bulan Februari dan September 2018.

Kini di tahun ke-18, studi ini telah didesain ulang dan pemeriksaan secara menyeluruh pada lima faktor yang berkontribusi pada tingkat kepuasan pelanggan terhadap pengalaman membeli kendaraan baru di segmen pasar umum. Dalam urutan tingkat kepentingan, faktor-faktor tersebut adalah konsultan sales diler (23%); fasilitas diler (23%); menghasilkan kesepakatan (19%); proses delivery (19%); dan kelengkapan dokumen (16%).

Studi ini juga memasukan Net Promoter Score® (NPS) — Net Promoter,® Net Promoter System,® Net Promoter Score,® NPS,® dan emotikon terkait NPS merupakan merek terdaftar Bain & Company, Inc., Fred Reichheld and Satmetrix Systems, Inc — yang mengukur kemungkinan pelanggan merekomendasikan kendaraan mereka dengan skala 0-10.

 

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *