Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Inilah Mobil-Mobil Cina yang Bakal Digandrungi di Amerika

Mobil buatan China, diakui atau tidak, dianggap memiliki reputasi yang buruk bagi sebagian orang. Terutama, karena ambivalensi pemerintah China terhadap aturan dan rekomendasi hak cipta global yang telah menyebabkan munculnya banyak peniru murahan di kalangan pabrikan otomotif negeri Tirai Bambu itu. Namun, itu tidak berarti China tidak menghargai mobil yang bagus, mewah, kencang, atau bahkan dengan kualitas yang layak. Setidaknya, ada beberapa produk di pasar mobil Cina yang mampu menarik konsumen di pasar Amerika Serikat. Apa saja itu?

BestCar Indonesia – Mobil Cina, diakui atau tidak, dianggap memiliki reputasi yang buruk bagi sebagian orang. Ambivalensi pemerintah China terhadap aturan dan rekomendasi hak cipta global telah menyebabkan munculnya banyak peniru murahan di kalangan pabrikan otomotif negeri Tirai Bambu itu. China juga tidak memiliki budaya mengemudi yang biasa digunakan oleh banyak negara di dunia untuk meningkatkan industri otomotifnya. Transportasi di sana harus murah, dan industri otomotif China pandai membuat produk murah, mengambil jalan pintas dengan cara apa saja.

Namun, itu tidak berarti China tidak menghargai mobil yang bagus, mewah, kencang, atau bahkan dengan kualitas yang layak. Perlu juga diingat bahwa di sini, di dunia Barat, dan Amerika pada khususnya, mobil adalah simbol status. Akibatnya, kita bisa menjadi sangat sombong tentang transportasi, sementara hidup di luar kemampuan kita dan menganggap kredit sebagai hak yang diberikan Tuhan. Jadi, dengan semua pemikiran tersebut, berikut adalah produk-produk di pasar mobil Cina yang mampu menarik konsumen di pasar Amerika Serikat.

 

Songsan Motors SS Dolphin

SS Dolphin adalah retro murni tahun 1960-an, dengan lampu depan ganda, aksen krom, lekukan kecil di sisi bodi, dan lengkungan belakang yang membulat. Tanpa malu-malu meniru generasi pertama Chevrolet Corvette, itu membuat kita bertanya-tanya apakah GM (General Motors) harus membuat kesepakatan daripada mencoba melawannya. Biarkan Songsan Motors menjual SS Dolphin, dengan syarat mereka mengubah nama menjadi sesuatu yang tidak terlalu ‘bodoh’ dan mempekerjakan desainer sesungguhnya untuk membuat emblem baru, serta mengambil bagian dari setiap penjualan. Mobil ini bertenaga listrik murni, jadi tidak ada emisi yang harus diukur dan mungkin tidak perlu banyak usaha untuk membuat SS Dolphin melaju di jalan raya sesuai peraturan Amerika Serikat.

 

Ford Equator

Sebagai bagian dari usaha patungan Jiangling-Ford, Ford Equator adalah crossover tujuh-seater yang ditenagai oleh mesin empat silinder 2.0 liter. Agak mengejutkan, karena sebagai kendaraan utilitas ukuran besar, Equator dibanderol dengan harga yang bukan diposisikan untuk pasar mewah. Crossover ini disiapkan untuk menghadapi Jeep Grand Commander dan Toyota Highlander di Cina. Hadir dengan transmisi manual lima-kecepatan atau otomatis lima-kecepatan dan pilihan penggerak roda-belakang atau all-wheel-drive (AWD), Ford Equator juga memiliki satu set lampu depan yang keren.

 

Changan Eado

Sedan menengah berharga murah di AS nasibnya akan menjadi seperti Hyundai Sonata, dengan banderol yang dimulai dari $ 23.700. Changan Eado yang lumayan tampan ini harganya setara dengan sekitar $ 16.000. Sedan empat-pintu ini dibekali mesin bensin 1,6 liter yang menghasilkan power maksimal 125 tenaga kuda dan tersedia dengan trasmisi manual lima-kecepatan atau otomatis empat-kecepatan – ya, ini menjelaskan mengapa harganya murah. Namun, bagi mereka yang hanya menginginkan sedan berkualitas bagus dan tampan yang dirancang di Turin (Italia) serta dibekali serangkaian fitur yang solid, Changan Eado bisa menjadi pilihan. Mobil ini sebetulnya memiliki juga versi yang lebih sporty dengan mesin turbo 170hp yang lebih canggih plus transmisi kopling ganda 7-speed.

 

Wey VV7

Wey adalah merek “premium” di bawah payung Great Wall Motors, salah satu pabrikan aal Cina yang mencoba menempa jalannya sendiri dan menghasilkan produk hebat dengan harga yang wajar. Embel-embel premium yang diusungnya mungkin berlebihan, tetapi VV7 adalah crossover lima-pintu yang layak, dengan mesin turbo 2.0 liter yang menghasilkan tenaga hingga 227hp. Ada desas-desus VV7 berhasil merengkuh pasar Eropa dan kemudian pasar AS. Dan itu artinya akan menghadapi persaingan yang ketat jika harga USD setara dengan harga China. Dibanderol mulai dari $ 24.388, harga ini setara dengan merek Jepang dan Korea yang saat ini tengah membangun crossover keluarga dengan sederet teknologi pada titik harga itu. Hebatnya, tuner Jerman Brabus mulai mengerjakan VV7 GT dan mungkin ini cara terbaik pabrikan China untruk masuk ke pasar Eropa.

 

Hongqi L5

Hongqi L5 adalah mobil resmi negara Republik Rakyat China (RRC) dan hanya tersedia untuk elit Pemerintah. Namun, justru banyak yang mengapresiasi gaya retro ’badass’ mobil ini. Faktanya, Hongqi memiliki lebar 6,5 kaki, tinggi 5 kaki, dan mengusung mesin V12 6.0 liter yang menghasilkan tenaga maksimal 402hp dan torsi 405 lb-ft. ‘Hongqi’ sendiri – yang diterjemahkan sebagai ‘Bendera Merah’ — adalah pembuat mobil terlama di Tiongkok dan terkenal dengan produk-produknya berupa limusin estate dan mobil parade yang berukuran sangat besar. Tidak mengherankan jika bagian dalam kabinnya berbalut kulit, aksen kayu, dan teknologi terbaru yang tidak dibutuhkan pembeli kelas pekerja. Ya, hanya para tetua negara yang membutuhkan mobil ini. Dalam nilai dolar AS, Hongqi L5 berbenderol $ 760.000.

 

Buick GL8 Avenir Concept

Tentu, minivan ini hanya mewakili sebagian kecil pasar AS, tetapi paling tidak kita ingin sekali melihat minivan mewah yang nyata di AS. Anda mungkin tidak akan membelinya, tetapi kita berharap pabrikan otomotif Amerika akan memberi mereka kesempatan. Buick sendiri sekarang mampu meningkatkan sebagian besar penjualannya di pasar China, dan GL8 adalah minivan pasar China. Sementara yang terbaru, GL8 Avenir, bukanlah mobil produksi, tetapi mobil konsep ini mungkin sebanding dan bahkan bisa melebihi minivan Lexus LM di pasar Jepang yang luar biasa itu. Kita hanya bisa berharap versi produksinya nanti tetap memiliki kabin kelas bisnis dengan kursi sandar mewahnya yang bermotif berlian dan berlapis emas, dua layar infotainmen belakang ukuran besar, dan atap kaca besar di bagian atasnya.

Avenir GL8 sebenarnya sudah canggih dan layak mendapat perhatian yang signifikan. Mobil ini telah dibekali fitur berteknologi vehicle-to-everything (V2X), yang memungkinkan kendaraan berkomunikasi satu sama lain, selain juga berkomunikasi dengan infrastruktur jalan dan lalu lintas, untuk meningkatkan keselamatan berkendara.

 

Volkswagen Cross Lavida

Volkswagen membuat bank di China, dan memiliki jajaran produk khusus China sendiri, termasuk Cross Lavida. Lavida adalah mobil terlaris Volkswagen di China, dan Cross Lavida adalah turunan dari Gran Lavida yang merupakan versi hatchback/wagon dari sedan tersebut. Anggap saja seperti Audi A4 Allroad dan Volvo V60 Cross Country. Cross Lavida adalah sebuah Volkswagen yang diposisikan di antara hatchback dan station wagon, dengan roof rail pembawa beban yang membuatnya mungkin akan laku di pasar AS.

 

Volkswagen Phideon

Berada di antara Passat dan Phaeton yang sekarang tak lagi beredar, Volkswagen Phideon khusus dibikin untuk pasar China. Mobil ini adalah sedan besar yang dibangun di atas platform Volkswagen MLB yang juga digunakan oleh Audi A6 dan A7. Phideon dibekali mesin V6 3.0-liter bertenaga 295hp atau sistem hybrid berkapasitas 2.0 liter yang dijadwalkan meluncur tahun ini. Selain itu, Phideon juga tersedia dengan mesin bensin empat silinder 2.0 liter turbocharged yang menggerakkan roda depan (FWD) melalui transmisi DSG tujuh-kecepatan. Phideon disebut-sebut juga akan menjadi mobil armada limusin eksekutif ‘low budget’ yang sempurna di Amerika Serikat, dan bahkan memiliki moda khusus bagi pengemudi untuk mengendalikan sistem infotainmen ke kursi belakang.

Teks: Yusran Hakim

Sumber: carbuzz.com

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga