Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Ini Dia Ford Mustang Termahal yang Dilelang Seharga Rp 54 Miliar

Ford Mustang Shelby GT350R Prototipe lansiran tahun 1965 – merupakan prototipe untuk 5R002 – milik kolektor John Atzbach yang membelinya pada tahun 2010 silam ini terjual dengan harga fantastis, $ 3,85 juta (sekitar Rp 54 miliar) di pelelangan Mecum Indy 500 pada pertengahan Juli 2020 lalu, menjadikannya sebagai Mustang termahal yang pernah ada.

BestCar Indonesia – Sulit membayangkan seorang ‘car enthusiast’ yang belum pernah menonton film Ford v. Ferrari. Ya, film blockbuster yang membawa nama Ken Miles menjadi begitu terkenal, meskipun pembalap Inggris seperti dia telah menjadi kepribadian yang dihormati di kalangan penggemar Ford dan penggemar balap.

Sebelum memperoleh ketenaran internasional lewat ajang Le Mans 24 Jam bersama GT40-nya, pria yang diperankan oleh Christian Bale dalam film Ford v. Ferrari itu harus menghabiskan waktu di belakang kemudi Shelby GT350R Prototipe lansiran tahun 1965. Dan mobil spesial ini – merupakan prototipe untuk 5R002 – baru saja terjual dengan harga fantastis, $ 3,85 juta (sekitar Rp 54.000.000.000), di pelelangan Mecum Indy 500 pada pertengahan Juli 2020 lalu, menjadikannya sebagai Mustang termahal yang pernah ada.

Julukan “Flying Mustang” alias “Mustang Terbang” seolah kembali pada hari itu, mengingat R-Model pertama Ford ini “juga bisa dibilang sebagai Mustang yang paling penting dalam sejarah pembuat mobil spesifik (marque) seperti (Ford) Shelby.” Dilabur dalam warna Wimbledon White dengan kombinasi garis-garis biru, iterasi (pengulangan) dari Mustang Fastback yang lebih ringan dan lebih bertenaga ini merupakan Shelby American dengan karakter “mobil sport dual-purpose sejati.”

Dijual pada Maret 1966 dengan harga hanya $ 4.000 (sekitar Rp 56 juta), “Ken Miles Flying Mustang” yang merupakan prototipe dari Shelby 5R002 ini akhirnya menemukan rumah baru di Shelby American Museum di Boulder, Colorado selama 14 tahun. Lalu seorang kolektor bernama John Atzbach membeli mobil itu pada tahun 2010 silam. Dia menghabiskan ribuan jam untuk meneliti dan memulihkan Shelby GT350R Prototype ini, kemudian memamerkan ‘poni car’ yang disebut-sebut lebih kencang dari sebelumnya itu pada tahun 2014 di Amelia Island Concours – yang juga dihadiri oleh insinyur proyek R-Model dari Ford, Chuck Cantwell.

Shelby GT350R Prototype yang merupakan model prototipe pertama untuk kompetisi dan sekaligus merupakan yang pertama dari dua tim pabrik R-Model Ford ini memegang tempat khusus dalam sejarah produsen mobil Amerika berlambang ‘Blue Oval’ tersebut. Tentu, tak diragukan lagi bahwa Ken Miles ikut berperan membantu mencuatkan nama 5R002 untuk dirinya sendiri di trek balap. Selain itu ada Peter Brock, Bob Bondurant, dan Jerry Titus yang juga pernah menjadi joki ‘muscle car’ satu ini dengan sukses besar di Kejuaraan Nasional B-Production SCCA.

Sebuah Shelby GT350R Prototype tentu akan membuat penggila mobil seperrti Anda tak bisa tidur. Tapi jika Anda berada di pasar mobil yang serupa tetapi tidak memiliki jutaan dolar untuk dibelanjakan, ada rumah reproduksi Original Venice Crew yang bisa membantu membangun replika orisinal Shelby dengan harga hanya sekitar $ 250.000 (sekitar Rp 350 juta) atau berkisar di angka itu. Model reproduksi Shelby GT350R Prototype bahkan dapat Anda pesan khusus dengan kelengkapan live axle seperti yang ada pada versi akhir GT350R atau sistem suspensi independen seperti prototipe awal GT350R.

 

Teks: Yusran Hakim

Sumber: www.autoevolution.com

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *