Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

IMX 2019: Ketika Ekspo Modifikasi Raih Rp 3,8 Miliar dalam 2 Hari

Dunia modifikasi lokal ternyata sangat potensial. Setidaknya itu terbukti lewat penyelenggaraan kedua event Indonesia Modification Expo 2019 yang mampu meraih transaksi Rp 3,8 miliar dari peserta bertambah banyak 30%. Ini sekaligus memperlihatkan bahwa expo modifikasi dengan platform baru sangat dibutuhkan dan bisa menjadi sarana pendorong untuk menggairahkan dunia otomotif Tanah Air.

BestCar Indonesia Dunia modifikasi otomotif lokal ternyata sangat potensial. Setidaknya itu terbukti lewat penyelenggaraan tahun kedua event Indonesia Modification Expo 2019 (IMX 2019) yang mampu meraih transaksi Rp 3,8 miliar dari peserta yang bertambah banyak 30%. Ini sekaligus memperlihatkan bahwa expo modifikasi dengan platform baru sangat dibutuhkan dan bisa menjadi sarana pendorong untuk menggairahkan dunia otomotif Tanah Air.

“Indonesia Modification Expo (IMX) saat ini merupakan satu-satunya expo modifikasi dengan tujuan untuk mendukung dan memfasilitasi semua potensi munculnya part-part aftermarket di Indonesia. IMX pestanya modifikasi, dan para kreator menunjukkan kreatifitasnya, kreatifitas yang positif. Terima kasih banyak atas dukungan dari semua pihak karena turut menyukseskan terselenggaranya IMX 2019,” ungkap Andre Mulyadi, Project Director IMX 2019.

Gelaran expo modifikasi ‘Indonesia Modification Expo (IMX) 2019’ yang dilaksanakan di Balai Kartini, Jakarta, pada 28-29 September 2019 memang berlangsung meriah. Bukan hanya karena tampilnya beberapa produk, kolaborasi, dan karya modifikasi selama dua hari penyelenggaraan, tapi juga karena tenant produk dan jasa aftermarket di IMX 2019 menggelar beragam program promosi dengan diskon hingga 50% untuk para pengunjung.

Pada hari pertama penyelenggaraan IMX saja tercatat beberapa produk, kolaborasi dan karya modifikasi dirilis ke pasaran. Di antaranya adalah kolaborasi Datsun Indonesia dengan brand legenda kustom kulture Mooneyes membuat Datsun GO edisi khusus. Lalu ada AMMDes beerskala 1:1 dengan konsep mini mixer truck hasil karya pemenang kompetisi digital AMMDes Digimodz.

Tentu saja tak ketinggalan penampilan berbagai mobil modifikasi, seperti Lamborgini Aventador dengan produk lokal KARMA Bodykit. Lalu ada Toyota Terios dan Mitsubishi Xpander hasil modifikasi produk lokal Garuda Bodykit. Sementara di booth Honda Indonesia ada Honda HR-V modifikasi hasil kolaborasi dengan influencer Kiki Anugraha.

Ajang IMX 2019 bahkan juga dijadikan Suzuki Indonesia untuk pertama kalinya memamerkan Suzuki New Carry Fluzh Concept, yang berbasis New Carry Pick-Up dengan modifikasi berkonsep low rider. Hadir dengan warna Matte Chrome Steel Red, modifikasi pada New Carry Fluzh Concept yang telah dibangun sejak Juli 2019 ini terlihat pada grille depan, lampu DRL, headlamp with eyelid, slide mirror, flat rear deck, air suspension, dan rear LED, serta ban depan 165/40 R17 dan belakang 225/35 R17.

Berbagai produk otomotif dan aftermarket, lokal maupun impor, yang digelar para tenant di ajang IMX 2019 juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Di antaranya brand lokal Avantech yang meluncurkan produk velg lokal jenis beadlock untuk penyuka tampilan off-road. Juga velg aftermarket lokal merek Torsion Wheel yang meluncurkan beberapa produk dengan desain atraktif. Sementara Autovision meluncurkan produk lampu LED RS300 yang memiliki 3 warna. Begitu pula dengan Prestone yang meluncurkan produk radiator coolant bertutup biru yang mengandung formula dan keunggulan lebih baik.

Selain acara ‘kopdar’ akbar ratusan komunitas mobil dari seluruh Indonesia, IMX 2019 juga diramaikan oleh kedatangan beberapa orang tuner/praktisi/pengamat modifikasi terkenal dari luar negeri, yang beberapa di antaranya terlibat dalam kurasi mobil-mobil NMAA TOP 50 yang dipamerkan dan juga sebagai narasumber talk show. “Mereka datang ke sini selain penasaran dengan IMX juga secara personal mendukung terselenggaranya expo modifikasi terbesar di Asia Tenggara ini,” papar Andre Mulyadi, founder NMAA sekaligus IMX Project Director.

Di antara para tuner/praktisi/pengamat modifikasi tersebut antara lain Samuel Du, editor in chief majalah Super Street asal Amerika Serikat yang mengulas soal modifikasi secara global. Lalu ada Osaka Automesse representative, yang terdiri dari penyelenggara, pemilik brand produk aftermarket, dan juga publisher media kenamaan dari Jepang. Selanjutnya Yonas Liu, tuner rumah modifikasi JDM Yard asal Australia yang sekaligus pemilik Honda EG6 terkencang dan paling dihormati di dunia. Ada pula Ryan “Rywire” Basseri”, tuner dari Rywire Motorsport Electronics, AS, yang spesialisasinya meracik perkabelan mesin mobil kencang dan canggih. Dan tercatat nama Shige Suganuma, President merek kustom kulture Mooneyes asal Jepang.

“Kami akan berusaha melayani dan memberikan yang terbaik untuk para pengunjung IMX 2019, antusias pengunjung yang ditunjukan dari presale ticket yang sudah habis terjual sejak beberapa minggu lalu, makin banyaknya tenant, merupakan bukti membanjirnya kepercayaan khalayak otomotif terhadap IMX membuat kami bersemangat untuk menyajikan expo modifikasi tahun kedua ini menjadi yang terbaik,” ungkap Andre Mulyadi.

 

Produk Terbaik + Guyuran Diskon

Exhibitor yang akan berpameran di IMX 2019 merupakan produk-produk berkualitas dan menarik. Bahkan tak hanya dari dalam negeri, beberapa brand luar negeri juga hadir kali ini. Yang menarik, selama penyelenggaraan IMX 2019 tersebut setiap brand modifikasi/aftermarket membawa lini produk terbaru, teknologi terkini, serta memberikan berbagai diskon khusus untuk semua produk yang dijualnya.

Mulai dari produk busi, karpet mobil, sticker, car cover, lampu, audio, velg, air suspension, kaca film, body kit, sampai car detailing memberikan harga terbaiknya dalam dua hari penyelenggaraan IMX 2019. Apalagi dengan adanya dukungan dari Tokopedia sebagai Exclusive E-Commerce Partner,  pengunjung akan diberikan kemudahan dan keuntungan berbelanja di IMX 2019 melalui program cicilan 0% serta ratusan cashback voucher.

Beberapa program promosi penjualan #IMXSpecialDeals dari tenant yang hanya berlaku jika transaksi dilakukan di IMX 2019 antara lain Car cover BitelBlack yang memberi potongan harga 30% atau bonus seat cover untuk setiap pembelian selimut mobil. Lalu Suspensi udara Air Pride yang memberikan voucher undian untuk mendapatkan 1 unit sepeda motor untuk setiap pembelian air-suspension. Ada pula kaca film V-Kool, V-Kool PPF (Pain Protection Film), dan produk perawatan kaca film Glass Fusion yang ditawarkan dengan diskon hingga 30%, mendapat cashback, dan banyak penawaran lainnya.

Sementara Turtle Wax memberi potongan harga 20% untuk paket Kinclong, yang terdiri dari beberapa produk siap pakai untuk membersihkan mobil. Juga produk aditif bahan bakar dan oli STP yang memberi potongan 50% untuk beberapa produknya. Sementara lampu Autovision menggelar program penjualan dengan potongan harga hingga 50% untuk beberapa jenis bohlam dan perangkat kelistrikan mobil lainnya.

Di bagian lain, Speed Z sebagai workshop spesialis performance parts tahun ini membawa program penjualan big brake kit AP Racing dengan harga “miring”. Begitu pula dengan Audio Pioneer yang bakal memberi diskon sampai produk headunit terbarunya hingga Rp 1,25 juta! Sementara workshop spesialis lampu, Yoong Motor, menjual beberapa produk berkaitan lampu yang bisa ditebus dengan harga mulai Rp 75 ribu.

Ada pula Dice Sticker yang memberikan hadiah langsung berupa paket audio, custom headlamp, karpet, dan sebaginya dengan nilai Rp 2,5 juta khusus untuk konsumen yang bertransaksi full body wrapping. Lalu Protera Protection ikut memberikan potongan harga 25% untuk layanan anti rust (karat) dan coating mobil. Sementara busi Brisk memotong harga tipe busi Premium Evo sebanyak 25%.

Torsion Wheel, velg lokal pertama asal Indonesia, juga memberikan diskon khusus sebesar 10% di IMX 2019. Puluhan velg original dengan harga khusus juga disajikan di IMX 2019, dan semua produk tersebut sudah dikurasi terlebih dahulu oleh FWD dan Autodistro Jakarta.

“Dalam setiap penyelenggaraan IMX kami ingin selalu memanjakan pengunjung yang datang tak hanya dengan konten acara yang menarik, tetapi juga lewat program penjualan produk terbaik yang bisa didapatkan dengan harga terbaik. Apalagi pengunjung sekaligus berkesempatan mendapatkan produk modifikasi terbaru yang dirilis hari ini,” bilang Andre Mulyadi.

 

Konten Spesial

Selalu ada konten-konten spesial pada tiap penyelenggaraan event IMX, tak terkecuali tahun ini. Misalnya NMAA TOP 50 yang merupakan kumpulan mobil terbaik hasil kurasi yang tahun ini menyajikan karya modifikasi lebih beragam dan advanced.

Di antaranya mobil Toyota Land Cruiser 40 Series dengan mesin modern LS V8 buatan General Motors. Lainnya ada sebuah Honda S2000 yang dibangun secara detail dengan kit Spoon Sports. Selain itu sebuah MINI Countryman dimodifikasi dengan fitment roda maksimal memanfaatkan velg dan ban super lebar. Kalau belum cukup ada pula, masih ada mobil hatchback Suzuki Swift dengan komponen JDM, atau Honda Brio bergaya VIP.

Kegiatan lain adalah Garage Sale produk aftermarket berkualitas yang bahkan sudah sejak pagi diserbu pengunjung. Sementara itu pengunjung juga bisa membeli merchandise resmi IMX 2019 berupa t-shirt dan hoodie edisi terbatas di booth yang disediakan dengan harga khusus.

Untuk pengunjung yang membawa anak, booth Indonesia Diecast Expo (IDE) menyajikan kegiatan balap diecast dengan hadiah-hadiah menarik untuk para pemenang. Keseruan fun competition ini terbilang menyita perhatian karena untuk berpartisipan, pengunjung cukup mendaftarkan nama anak dan diecast balapnya sudah disediakan panitia.

 

Konten berikutnya adalah meet and greet sekaligus unveiling 3 Datsun GO T-Active modifikasi milik influencer MotoMobi, Fitra Eri, dan Ridwan Hanif dalam program ‘Datsun Live Modz Challenge 2019’. Ketiganya ditantang untuk memodifikasi Datsun GO T-Active sesuai gaya pilihannya masing-masing, untuk kemudian dinilai para juri dari NMAA sekaligus diumumkan pemenangnya di hari terakhir IMX 2019 (Minggu, 29/09/2019).

Tantangan ini berkonsep winner takes all, atau siapapun dari tiga influencer/YouTuber tersebut yang dinobatkan sebagai pemenang Datsun Live Modz Challenge 2019 bakal mendapatkan 2 Datsun GO T-Active modifikasi milik lawannya. Artinya, sang pemenang akan dapat 3 unit Datsun GO T-Active modifikasi sekaligus!

Tentu, IMX juga membawa misi edukasi dalam tiap penyelenggaraan dengan mengadakan 4 sesi talk show yang dibagi dalam 2 hari. Hari pertama talk show diadakan bertema “JDM Culture in Indonesia” serta “Modification Industry Business” yang dibawakan narasumber kompeten di bidangnya dari dalam dan luar negeri.

“Beberapa tuner dan pelaku modifikasi dalam dan luar negeri kami libatkan dalam talk show interaktif ini, sehingga kita bisa sama-sama belajar dan mendapat wawasan baru soal modifikasi dari sudut pandang lain. Dengan begitu harapannya modifikasi kita bisa ‘naik kelas’,” kata Andre Mulyadi.

Selain konten otomotif dan modifikasi, IMX 2019 juga menyuguhkan beberapa penampil yang menghibur di panggung utama sepanjang hari pertama. Dimulai dari penampilan DJ kids Lionel, pemenang beberapa kompetisi DJ anak di Indonesia. Ada pula band Juicy Luicy yang menghibur dengan lagu-lagu ‘easy listening’ mereka. Female DJ Diana Dee juga termasuk performer yang mengisi hari pertama IMX 2019 dengan beat-beat mengentak.

Yang tak kalah menarik, pengunjung IMX 2019 juga berkesempatan mendapatkan Giveaway dan Supergiveaway. Sekurangnya ada 11 slot Giveaway bernilai puluhan juta yang bisa didapat setiap harinya dan diundi hampir setiap jam, yang puncaknya akan diundi di akhir acara yaitu Honda All New Brio 2019 “Track Day” by Garasi Drift.

Mobil tersebut adalah unit mobil baru yang dimodifikasi YouTuber modifikasi ternama, Garasi Drift. Alasan Ziko Harnadi dan Dipo Dwiki memilih Honda All New Brio sebagai hadiah Super Giveaway untuk IMX 2019 ini adalah karena sesuai dengan rata-rata pengunjung yang berjiwa muda yang lebih suka mobil kompak, kencang, dengan interior luas, dan fitur komplet.

“Selain itu mobil ini juga yang paling asyik dimodifikasi. Dibuat tampilan ‘Track Day’ dengan ubahan yang relatif tak banyak tetapi tampilannya langsung keren. Karena itu kami berharap yang akan dapat mobil Super Giveaway IMX 2019 adalah mereka yang memang benar-benar suka modifikasi dan memakai mobilnya, bukan untuk dijual lagi,” harap Ziko dan Dipo kompak.

 

NMAA TOP 50

Di hari terakhir penyelenggaraan IMX 2019, Minggu (29/09/209), mobil Toyota Land Cruiser FJ 40 hasil modifikasi oleh ProRock Engineering milik Rangga Erlangga Polnaja sukses dinobatkan sebagai peraih The Ultimate NMAA TOP 50 oleh para juri. Mobil yang dibangun dengan gaya ‘sleeper’ nan rapi ini didaulat oleh nominator lainnya yaitu: Honda S2000 milik Pengepul Mobil, Toyota 86 V8 milik Andhika Ashari, Honda Civic Estilo “drag” Reindy Riupassa, dan Porsche RWB milik William Bakajin untuk menjadi The Ultimate tahun ini.

Sementara itu, pemenang yang beruntung mendapatkan Supergiveaway IMX 2019 berupa All New Honda Brio 2019 yang dimodifikasi Garasi Drift adalah Theodorus Fredika (26) dari Ciamis. “Saya tidak mimpi untuk dapat mobil. Apalagi ketika jalan mau ke IMX 2019 ada saja halangannya, mobil saya sempat rusak dan mogok. Makanya mobil Supergiveaway ini akan saya pakai dan rawat terus. Terima kasih IMX dan Garasi Drift, dream come true,” ujar Theodorus yang  yang sehari-hari bekerja sebagai honorer tata usaha sebuah sekolah di Ciamis.

“Secara umum kami senang dengan raihan positif dari penyelenggaraan IMX 2019. Pengunjungnya sangat ramai, transaksi yang terjadi juga naik signifikan, dan paling penting banyak juga dukungan positif dari para pelaku modifikasi Indonesia yang berminat akan ikut berpartisipasi pada IMX di tahun-tahun mendatang. Kami yakin dengan platform yang dibawa IMX ini, modifikasi Tanah Air bakal menjelma menjadi industri yang besar!,” tutup Andre.

 

Teks & Foto: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *