Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
IgnisGLAGS-1

GIIAS 2017: Suzuki Luncurkan Ignis Tipe GL AGS, Lebih Murah Rp 20 Juta

Seperti varian GX AGS, tipe GL terbaru yang didatangkan secara utuh atau CBU (Completely Built Up) dari India ini menggunakan transmisi otomatis AGS (auto gear shift) namun dengan harga hanya Rp. 149.500.000 alias Rp 20 juta lebih murah dari banderol Ignis tipe GX AGS.

BestCar Indonesia – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memanfaatkan gelaran akbar tahunan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 untuk meluncurkan varian terbaru Suzuki Ignis, yaitu GL AGS, alias tipe GL dengan transmisi otomatis AGS (auto gear shift). Varian terbaru ini melengkapi line-up Suzuki Ignis sebelumnya, yaitu GL MT, GX MT, dan GX AGS.

Seperti varian GX AGS, tipe GL terbaru ini menggunakan transmisi otomatis AGS (auto gear shift) yang modanya dapat diubah dari manual menjadi otomatis dengan modul yang tersedia. “Ada teknologi kita yang dapat digunakan oleh pengendara Suzuki Ignis GL AGS, yakni mengubah-ubah transmisi dari manual ke matic atau sebaliknya. Jadi kondisional,” papar papar Yulius Purwanto, Head of Product Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Dari sisi eksterior dan interior, varian GL AGS sama sekali tak ada perbedaan dengan Ignis GL bertransmisi manual yang lebih dulu beredar. Begitu juga dengan mesinnya, masih menggunakan mesin bensin empat silinder berkode K12M dengan kapasitas 1.197cc (1,2liter) yang didukung Variable Valve Timing (VVT) dan juga DOHC. Mesin ringan bermaterial alumunium ini mampu meletupkan tenaga maksimal 83PS pada 6.000rpm dan torsi puncak 113Nm pada 4.200rpm. Seluruh daya mesin disalurkan ke roda depan, menghasilkan konsumsi bahan bakar yang diklaim mampu mencapai 20km/liter.

Suzuki Ignis GL AGS yang didatangkan secara utuh atau CBU (Completely Built Up) dari India ini ditawarkan dengan harga Rp. 149.500.000 (on the road,  Jabodetabek). Dibandingkan Ignis tipe GX AGS yang banderolnya Rp 169,5 juta, varian terbaru GL bertransmisi AGS ini lebih murah Rp 20 juta.

Perbedaan lainnya, tipe GL tidak dilengkapi dengan roof rail dan head lamp dengan proyektor serta DRL seperti tipe GX. Selain itu, seperti tipe GL manual, saudara sekandungnya yang bertransmisi otomatis ini juga tak dibekali  fitur start/stop button seperti halnya tipe GX. Seperti tipe GL manual, varian terbaru GL AGS juga hanya ditawarkan dengan enam pilihan warna, yakni Silky Silver, Arctic White Pearl, Midnight Black Pearl, Uptown Red Pearl, Tinsel Blue Pearl Metallic dan Glistering Grey Metallic.

IgnisGLAGS-2

“Tujuan diluncurkannya Ignis GL AGS di GIIAS 2017 ini adalah sebagai respon Suzuki terhadap banyaknya masukan dari konsumen yang mencari Ignis dengan transmisi otomatis, namun dengan harga yang tetap terjangkau. Tentu saja kami memperhatikan suara konsumen kami, dan menggunakannya sebagai dasar untuk pengembangan produk agar dapat terus memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia,” papar Yulius Purwanto, Head of Product Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Beberapa waktu lalu PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengaku mobil anyar andalannya, Suzuki Ignis, melebihi ekspektasi perusahaan. Sejak diluncurkan pada 17 April hingga 15 Juni 2017, jumlah surat pemesanan kendaraan (SPK) Ignis mencapai 7.449 unit. “Dari jumlah itu, yang paling banyak terjual adalah tipe GX AGS sebanyak 48% atau 3.575 unit. Kemudian 34% tipe GX manual dngan 2.521 unit, dan 18% sisanya adalah tipe GL (manual) sebanyak 1.353 unit,” ungkap Marketing Director PT SIS, Donny Saputra.

Dijadwalkan pada akhir bulan Agustus 2017 ini distribusi Suzuki Ignis GL AGS sudah tersebar di seluruh Indonesia.

Seperti varian Ignis lainnya, tipe GL AGS diposisikan sebagai crossover urban yang memiliki sederet keunggulan SUV. Di bagian mesin misalnya, air intake dirancang setinggi 700mm (70cm), sehingga mampu menerobos genangan air ketika musim penghujan. Jarak pijak ke tanah (ground clearance) juga mencapai 180mm (18cm), dengan radius putar kemudi hanya 4,7meter.

Dengan panjang total hanya 3.700mm, lebar 1.660mm dan tinggi 1.595mm, Suzuki Ignis Mengusung struktur body Total Effective Control Technology sebagai pendukung keselamatan dan platform baru HEARTECT, berupa struktur baru high-rigid underbody bermaterial high-tensile steel yang memungkinkan Ignis tetap andal digunakan di jalanan off-road.

Di sektor interior, dari balik kemudi pengendara bisa mengetahui kondisi kendaraan melalui meter cluster yang meninformasikan kondisi baterai, immobilizer, power steering, ABS, hand brake, oil indicator, RPM meter, Speedometer, Safety Belt hingga Airbag.

Memuat barang di bagian belakang Suzuki Ignis juga sangat akomodatif. Mulai dari 267 liter ketika semua jok tegak berdiri, lalu menjajikan 469 liter ketika jok belakang dilipat dengan konfigurasi 60:40, dan menyediakan 947 liter dengan jok belakang dilipat seluruhnya. Akses barang juga tak merepotkan, berkat tinggi pintu bagian bawah ke tanah hanya 740mm. Bibir pintu bagasi memiliki tinggi 715mm dan lebar 995mm. Di dalam kabin, barang bisa ditumpuk hingga setinggi 950mm dan lebar 1.160mm. Panjang barang yang bisa masuk hingga 1.280mm.

Peranti keselamatan juga menjadi perhatian Suzuki untuk Ignis. Sistem pengeremannya telah dibekali fitur Anti-Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) serta ada Brake Assist (BA). Sementara sorotan lampu depan halogen bisa disetel secara manual ketinggiannya sesuai dengan jarak pandang yang diingini pengendara. Sehingga, bisa lebih nyaman ketika berkendara malam hari. Sedangkan untuk keselamatan pengendara dan penumpang depan sudah disiapkan dua SRS Airbag. Adapun sabuk pengaman sudah memiliki fitur pretensioner & force limiter.

Bagi keluarga muda yang masih memiliki bayi, takkan kesulitan memasangkan child seat karena di jok penumpang belakang telah dibekali ISOFIX. Sedangkan dari sisi keamanan (security) , Ignis dibekali Electronic Control Module (ECM) untuk meminimalisir terjadinya pencurian. Electronic Control Module ada pada anak kunci yang memiliki sinyal sendiri dan tidak dapat dihidupkan tanpa kunci asli.

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *