Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
KendaraanKomersialGIIAS2017-1

GIIAS 2017: Show off Para ‘Titan’ di Hall Komersial

Bukan hanya menampilkan puluhan kendaraan baru dan prototype (purwarupa) ukuran besar dalam model bus dan truk, beberapa brand kendaraan komersial kali ini memilih GIIAS 2017 sebagai peluncuran perdana kendaraan komersial untuk pertama kalinya di dunia.

KendaraanKomersialGIIAS2017-2

BestCar Indonesia – Pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 ke-25 menghadirkan nuansa tersendiri melalui berbagai booth kendaraan komersial (niaga). Bukan hanya menampilkan puluhan kendaraan baru dan prototype (purwarupa) ukuran besar dalam model bus dan truk, beberapa brand kendaraan komersial kali ini memilih GIIAS 2017 sebagai peluncuran perdana kendaraan komersial untuk pertama kalinya di dunia.

Sebanyak 55 unit kendaraan komersial, termasuk model terbaru dan prototype,  dipamerkan pada gelaran GIIAS 2017. Inilah di antaranya:

  1. Dongfeng Sokon (DFSK)

Inilah salah satunya produsen pendatang baru asal China yang mencoba memasarkan kendaraan komersialnya di kelas ringan, siap menjadi penantang kendaraan komersial ringan di tanah air seperti Daihatsu Grand Max, Suzuki Mega Carry dan Tata Super Ace. Di ajang GIIAS 2017 ini DFSK membawa dua kendaraan utamanya, yaitu DFSK Super Cab Mini Truck yang dikhususkan untuk pasar komersial Indonesia dan DFSK Glory 580 yang masuk kedalam kategori SUV. Pada kesempatan kali ini DFSK memaksimalkan ajang GIIAS 2017 untuk memperkenalkan produk komersial terbarunya dengan menggelar system pra penjualan.

KendaraanKomersialGIIAS2017-5

KendaraanKomersialGIIAS2017-6

Dongfeng Glory 580

Dongfeng Glory 580

 

  1. FAW

FAW Group Corporation adalah sebuah perusahaan milik  pemerintah yang diperdagangkan ke publik. Perusahaan ini membuat mobil, bus, dan truk dari ukuran ringan, medium, sampai kelas berat beserta dengan suku cadang kendaraan. FAW menjadi produsen mobil pertama Cina ketika memperkenalkan mobil penumpang pertama mereka, Hong Qi, pada tahun 1958. Saat ini, FAW merupakan satu dari empat produsen otomotif terbesar di Cina, bersama dengan Chang’an Motors, Dongfeng Motor, dan SAIC Motor.

Di GIIAS 2017, FAW menghadirkan ragam model truk berat serta truk ringan yang dapat menunjang transportasi kargo dan kegiatan operasional lainnya. Di antaranya adalah FAW jenis traktor dan truk light duty aplikasi mini mixer. Mengangkat tema “Your Business Optimizer”, FAW menawarkan promo kemudahan DP ringan dan layanan purna jual yang lebih luas serta gratis jasa selama dua tahun dan kemudahan-kemudahan lainnya.

KendaraanKomersialGIIAS2017-8

  1. Hino

Hino Motors, Ltd.  atau populer dengan nama Hino adalah perusahaan multinasional yang memproduksi mesin diesel, truk, dan bus. Sejak 1973, perusahaan ini menjadi produsen truk medium dan truk heavy-duty di Jepang. Perusahaan yang didirikan pada tahun 1942 ini berkantor pusat di Hino, Tokyo. Hino merupakan divisi dari Toyota Motor Corporation.

KendaraanKomersialGIIAS2017-10

DI Indonesia, Hino telah hadir selama 30 tahun lewat Hino Indonesia (PT Hino Motors Sales Indonesia – HMSI dan PT Hino Motors Manufacturing Indonesia – HMMI) sebagai produsen kendaraan niaga truk dan bus telah menjadi bagian dari pergerakan dan pertumbuhan perekonomian indonesia. Hadir sejak 17 Desember 1982 di Indonesia, Hino memiliki varian produk truk dan bus komersial yang sangat lengkap sesuai dengan kebutuhan konsumen.

KendaraanKomersialGIIAS2017-11

Di GIIAS 2017, booth Hino yang berada di Hall 3, Indonesia Convention Exhibition (ICE), menampilkan 7 kendaraan komersial andalannya, di antaranya adalah produk terbaru yang dikenalkan untuk pertama kalinya, yaitu New Hino Dutro 130 HDL, Hino Dutro 130 HD, dan RM 380.

KendaraanKomersialGIIAS2017-9

  1. Hyundai Truck & Bus

Menempati Hall 3H dengan luas booth 760 meter persegi, Hyundai Truck dan Bus memamerkan 4 unit kendaraan komersial dari segmen truk ringan dan truk heavy duty. Pada gelaran GIIAS 2017 ini Hyundai Truck & Bus juga meluncurkan Hyundai X-Cient dari segmen truk heavy duty dan Hyundai Mighty dari truk light duty. Salah satu unit X-Cient yang ditampilkan memiliki aplikasi dump truck. Sementara unit light duty lainnya ditampilkan dalam aplikasi truk chassis, aplikasi boks dan bak terbuka.

KendaraanKomersialGIIAS2017-12

KendaraanKomersialGIIAS2017-13

  1. Isuzu

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) memanfaatkan eksistensinya di pasar kendaraan komersial melalui ajang GIIAS 2017 dengan memamerkan produk terbarunya. Di ajang GIIAS tahun ini Isuzu meluncurkan versi baru ELF NLR 4 band dengan angkutan barang (truk) dan penumpang (microbus). Selain itu Isuzu turut menghadirkan ELF microbus, ELF dengan bak kayu, ELF NLR dengan cool box, mini bus dan bus besar.

KendaraanKomersialGIIAS2017-14

KendaraanKomersialGIIAS2017-15

 

  1. Mitsubishi FUSO

Pada ajang GIIAS 2017 PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) menempati Hall 3A, Indonesia Convention Exhibition (ICE) dan mengusung tema “Dulu, Sekarang, Yang Akan Datang, Mitsubishi FUSO Andalan Bisnis Sejati”. Kali ini, Mitsubishi FUSO memamerkan tujuh kendaraan komersial termasuk di antaranya truk Colt Diesel di segmen light duty truck (LDT), yaitu:

  • Varian terbaru FE 74 Long
  • Varian COLT Diesel terpanjang di dunia
  • E-Canter Prototype
  • FE 74 HD Gold Colour Limited Edition
  • FE 84 G BC yang dijadikan bus Minitrans
  • FE 74 HD yang dijadikan unit Pemadam Kebakaran
  • FE 74 HD yang dijadikan Mini Mixer
  • Prototype FG 83 4×4

KendaraanKomersialGIIAS2017-16

KendaraanKomersialGIIAS2017-17

  1. Tata Motors

PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) sebagai APM Tata Motors di Indonesia menggarap segmen truk tambang dan konstruksi. Pada gelaran GIIAS 2017 ini produsen asal India itu meluncurkan Tata Prima LX 2528 K, truk tipper untuk segmen heavy duty yang dirancang untuk menaklukkan jalanan off-road di areal pertambangan dan area pengembangan lainnya. Tata Prima LX 2528.K ditawarkan dalam dua pilihan, tipe Cabin Chassis dengan harga Rp 802.391.147 (off-the-road) dan versi lengkap dengan karoseri dump truck seharga Rp 992.500.000  (on-the-road, Jakarta).

KendaraanKomersialGIIAS2017-19

8. UD Trucks

UD Trucks Corporation merupakan sebuah perusahaan multinasional asal Jepang yang menghasilkan dan menjual serta melayani truk light, medium dan heavy duty serta berbagai kendaraan khusus. Didirikan di Jepang pada tahun 1935 , UD Trucks yang sebelumnya adalah UD Nissan Diesel (hingga 1 Februari 2010) menjadi bagian dari Volvo Group pada tahun 2007. Bermarkas di Ageo, Saitama, Jepang, UD Trucks mendukung penjualan dan servis di lebih dari 60 negara melalui jaringan yang tersebar di seluruh dunia.

 

Di ajang GIIAS 2017, UD Trucks menjadi peserta sekaligus produsen kendaraan komersial pertama yang menghadirkan world premiere untuk produk terbaru di segmen light duty, Truk Kuzer. Truk ini disiapkan untuk menjadi market leader dengan mesin bertenaga maksimal 150hp alias terbesar di kelasnya, dan torsi 25% lebih besar dari produk di pasaran dengan segmen yang sama. Namun, tetap efisien dalam bahan bakar dengan mengoptimalisasi driveline berkat teknologi fuel coaching dan telematics.

KendaraanKomersialGIIAS2017-20

President Director UD Trucks Indonesia, Valery Muyard mengatakan bahwa Indonesia dipilih sebagai lokasi world premiere Kuzer karena potensi pasarnya cukup besar dengan peningkatan kebutuhan di segmen truk ringan. “Indonesia memiliki potensi pasar light duty truck (LDT) yang besar dengan kebutuhan tinggi untuk kendaraan komersial yang efisien dan tahan lama untuk dapat mendukung produktivitas para pelaku usaha dalam pertumbuhan ekonomi sedang berkembang pesat. Untuk itu, kami mengumumkan world premiere Kuzer pertama kalinya di pasar Indonesia untuk dapat mendukung logistik, distribusi, dan perdagangan di Indonesia,”

Selain memperkenalkan Kuzer, UD Trucks Indonesia juga menghadirkan varian heavy duty truck “Quester” yang telah sukses serta 6×2 tractor dan 8×2 rigid truckyang turut dipamerkan saat GIIAS 2017.

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *