Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
BESTCAR FEATURES COMMUNITY - TAC

Cara TAC Menjadi Komunitas Yang Solid Dan Kreatif

BestCar Indonesia – Pertengahan 2012 lalu, program Low Cost Green Car (LCGC) dilancarkan oleh pemerintah Indonesia untuk seluruh Agen Pemegang Merek (APM) tanah air. Para APM dituntut untuk wajib menciptakan kendaraan ramah lingungan dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat Indoneia. Akan tetapi, selain dua tuntutan itu, mobil tersebut harus dibuat dengan material terbaik dan wujud yang sesuai dengan kriteria pasar. Dua tahun berselang, produk LCGC bermunculan dengan wujud city car dengan desain kompak dengan rentang harga Rp 80-105 juta. Ukuran mungil, irit bahan bakar dan harga yang terjangkau itu mendapat respon positif dari rakyat Indonesia. Maka tidak heran, bila proyek LCGC ini meledak di pasaran.

Tidak kurang lima model diluncurkan, dan salah satunya Toyota Agya. Model terkecil dari jajaran Toyota ini memang menjadi primadona LCGC yang paling laris. BestCar Indonesia mencatat, penjualan Agya sepanjang tahun 2015 lalu menorehkan 56.583 unit di seluruh Indonesia. Bahkan di akhir kuartal pertama bulan Maret 2016 ini, penjualan Agya tercatat masih yang tertinggi dengan 4.642 unit.

BESTCAR FEATURES COMMUNITY - TAC

Tentu saja, banyaknya unit Agya yang wara-wiri di jalan memiliki efek domino untuk para pemiliknya. Agenda kopi darat, kongkow bareng dan kreatifitas modifikasi menjadi salah satu simpul guna mempererat silaturahmi antar pemilik mobil kota satu ini. Animonya berkembang pesat hingga terus berevolusi dan menjadikan ‘kopi darat’ pada 12 Januari 2014 di TMII-Jakarta sebagai hari jadinya Toyota Agya Club (TAC). Komunitas di bawah naungan Toyota Astra Motor ini memiliki tujuan yang tak lain adalah mewadahi dan menyatukan kreatifitas, silahturahmi, saling bertukar fikiran serta menjalin komunikasi baik sesama pengguna dan pecinta Toyota Agya.

Diresmikannya Toyota Agya Club, kegiatan pemilik mobil “wong cilik” ini terus berlanjut. Bosan dengan rutinitas kopdar, para pengguna Agya LCGC ini juga padat akan agenda ‘dolan-dolan’ alias jalan-jalan. Menurut blog toyotaagyaclubindonesia.com, TAC JABODETABEK touring perdana menyambangi Kota Kembang (7/8/2014).  Mengusung tema Tour De Bandung dengan tidak diikuti seluruh peserta karena beberapa anggota berhalangan, event ini berlangsung meriah diikuti 20 mobil yang terbagi dalam 4 tim. Nah, untuk touring yang kedua, odometer berputar lebih banyak dengan jarak dan waktu tempuh yang lebih jauh. Menyelusuri trek Jakarta-Anyer, sebanyak 50 mobil dan 80 peserta TAC se-JaBoDeTaBek menuju pesisir pantai barat pulau Jawa. Makna yang tersirat di dalam TAC tentu tidak kesenangan dalam preses jalan-jalan itu saja, namun terdapat kesan positif yang tersurat. Kebahagian tercurah di seluruh peserta touring, karena TAC tidak hanya sekedar tempat sharing dan hobi melainkan komunitas tumbuh dengan nilai kebersamaan dan kekeluargaan.

BESTCAR FEATURES COMMUNITY - TAC

Dua kegiatan touring TAC di atas memang menjadi beberapa contoh. Namun, deretan acara setiap minggu juga tidak pernah kosong. Dari kongkow, kopdar di Senayan, sampai grebek berkumpul di salah satu kediaman anggota juga dilakukan oleh TAC. Namun yang terpenting adalah, TAC juga sebagai duta keselamatan berkendara menjunjung tinggi aspek save life, save drive, save ride dan save touring. Jadi, enggak ada kata “ugal-ugalan” di kamus TAC, semua anggotanya wajib tertib. Dan seperti komunitas mobil pada umumnya, TAC juga tidak pernah melupakan aksi peduli sosial terhadap sesama. Dukungan nyata TAC seperti memberikan bantuan kepada anak yatim, buka puasa bersama hingga donor darah menjadi kegiatan rutin yang harus selalu ada di agenda TAC.

BESTCAR FEATURES COMMUNITY - TAC

Memang TAC masih “anak jagung”, umurnya baru genap dua tahun. Pada 23 Januari 2016 lalu TAC merayakan hari jadi yang ke-2 di Mall MGK Kemayoran. Tidak kurang 300 anggota hadir untuk ikut memeriahkan, dan disemarakkan dengan rentetan acara yang menyenangkan. Mulai dari kuis, kontes modifikasi, coaching clinic autodetailing, baksos, bazar dan  donor darah sebagai bukti sahih bahwa TAC semakin eksis di belantika komunitas mobil Indonesia. Eksistensi itu terbukti, hingga saat ini keanggotaan Toyota Agya Club telah mencapai 900 orang yang tersebar di 30 chapter seluruh Indonesia. “Kami berterima kasih seluruh member TAC se-Indonesia yang terus memberikan kontribusi baik kepada member TAC sendiri ataupun kepada masyarakan pada umumnya,” pesan Perdana Abadi, Ketua Umum TAC di dalam Blog-nya.

Toyota Agya Club “Show Off 2016”

Toyota Agya Club bukanlah klub yang sekedar berkumpul, touring ke luar kota ataupun bakti sosial semata. Setiap anggotanya (hampir semua), dituntut untuk dapat “mendandani” Agya-nya dengan tampilan yang lebih modis. Nah, disinilah kreatifitas untuk memodifikasi Agya menjadikan sarana sesama anggota TAC saling berbagi ide untuk meramu menjadi mobil mereka menjadi lebih fashionable. Maka dari itu, TAC menciptakan Agya Show Off agar setiap pemilik Agya dapat menampilkan konsep modifikasi yang stylish, creative sporty namun tidak melupakan unsur keamanan.

BESTCAR FEATURES COMMUNITY - TAC

Dengan animo dan juga peserta yang cukup banyak, PT Toyota Astra Motor kembali mendukung penuh ajang modifikasi Agya Show 2016 ini sebagai bentuk apresiasi TAM dalam mengkreasikan tampilan Agya semakin bergaya, kreatif dan sporty. Sebelum Agya Show Off 2016 berlangsung, TAM mengawalinya dengan event Yaris Show Off yang digelar sejak 2007 lalu, kemudian Avanza Pop You Up yang merupakan kegiatan TAM untuk konsumen setia Avanza.

BESTCAR FEATURES COMMUNITY - TAC

“Kami sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh komunitas pengguna Toyota, karena komunitas merupakan wadah yang tepat untuk saling berbagi informasi hingga menjadi agen perubahan, salah satunya seperti yang dilakukan oleh komunitas Toyota Agya Club (TAC) melalui Agya Show Off 2016. Kami apresiasi inisiatif dari TAC untuk menghadirkan kegiatan positif ini bagi anggota-anggotanya,” ujar General Manager Marketing Planning PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

AGYA Show Off 2016 akan diadakan di dua kota, yaitu Surabaya dan Jakarta. AGYA Show Off Surabaya dilaksanakan pada 13 – 17 April 2016, sementara Jakarta akan dilaksanakan pada 27 April – 01 Mei 2016. AGYA Show Off 2016 Surabaya akan diikuti oleh anggota TAC Chapter Jawa Timur – Bali untuk memilih 5 modifikasi Agya terbaik yang dipamerkan kepada masyarakat di Tunjungan Plaza, Surabaya, agar bisa dinikmati oleh pecinta mobil lainnya.

“Kami senang dan turut bangga melihat antusiasme para peserta yang menghadirkan ide-ide kreatif yang segar dan baru untuk membuat AGYA tampil lebih menarik. Semoga acara ini dapat konsisten dilakukan setiap tahunnya sehingga semakin menginspirasi para pengguna Toyota AGYA lainnya untuk semakin berani berkreativitas dengan kendaraannya, atau juga memberikan inspirasi kepada komunitas lain untuk hadirkan acara serupa yang tidak kalah menarik” tambah Anton.

BESTCAR FEATURES COMMUNITY - TAC

Proses seleksi Agya Show Off 2016 Surabaya dimulai dari 14 – 23 Maret 2016, yang kemudian terpilih 5 konsep modifikasi terbaik setelah dinilai oleh juri dari pengurus pusat TAC. Kriteria dari juri yang menjadi penilaian mobil meliputi perubahan pada sebagian besar atau komponen eksterior mobil (55%), modifikasi interior yang sesuai dengan konsep atau tema modifikasi (20%), desain audio yang paling baik (10%), suspensi (10%) dan mesin (5%).

Berdasarkan kriteria penilaian tersebut, akhirnya didapatkan 5 peserta terbaik, yaitu I Putu Gede Agus Yasa (Bali) dengan konsep Stylish Colors of Indonesia, I Gede Chandra Arka (Bali) dengan konsep Samurai Ronin, Putu Volmawan Litade (Bali) dengan konsep Street Racing, Denis Yudha Rahendra (Gresik) dengan konsep Stylish Crown, dan Mochamad Triaji Kurniawan (Surabaya) dengan konsep Blue Samurai Car. Dari kelima peserta tersebut, Putu Volmawan Litade dengan konsep Street Racing dinyatakan sebagai The Best of Agya Show Off 2016 Surabaya.

BESTCAR FEATURES COMMUNITY - TAC

Selain itu, terdapat pula pemenang dalam beberapa kategori lainnya, yaitu kategori the best cutting sticker, the best body convertion, the best custom wheel, the best interior, the best design audio dan the best people choice. “Kami ucapkan selamat kepada para peserta dan para pemenang yang sudah memberikan kreasi terbaik dalam memberikan makna baru terhadap AGYA dari sebuah City Car menjadi kendaraan yang lebih modern dan stylish,” pungkas Anton Jimmy.

Teks: Andri Oka Prayudhi   |   Foto: Toyota Agya Club

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *