Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Bisnis ‘Mobkas’ Makin Menjanjikan, OLX Fokus pada Kategori ini

Munculnya berbagai macam variasi permintaan mobil bekas membuat OLX turut merasakan imbas ‘manis’ dari geliat industri ini. Setidaknya, terdapat lebih dari 5,5 juta pembeli yang mencari mobil di OLX, setiap tahunnya. Data internal OLX memperlihatkan, 8 dari 10 mobil yang dijual online terdapat di platform iklan baris online ini. Hampir setiap tahunnya, terdapat 6 juta iklan mobil di OLX, yang dipasang oleh penjual individu ataupun pebisnis/dealer.

BestCar Indonesia – Industri jual/beli mobil bekas (mobkas) boleh dibilang tidak ada matinya. Tidak sedikit orang yang masih menempatkan mobil bekas sebagai pilihan pertama ketika membeli mobil. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Ken Research, nilai transaksi yang penjualan mobil bekas di Indonesia diprediksi akan semakin meningkat hingga tahun 2021 ( Indonesia Used Car Industry Outlook to 2021 – Increasing Online Used Car Portals and Competitive Used Car Financing Schemes to Foster Future Growth, January 2017).

Kemunculan platform jual/beli mobil online serta partisipasi perusahaan pembiayaan dalam memfasilitasi kredit untuk membeli mobil bekas, disinyalir menjadi faktor-faktor yang memicu pertumbuhan ini. Hal lain yang juga membuat industri mobil bekas semakin bergeliat adalah peraturan pelat mobil ganjil/genap yang baru-baru ini disahkan oleh pemerintah. Masyarakat cenderung untuk memiliki dua mobil dengan pelat nomor tertentu, untuk memudahkan mobilitasnya sehari-hari.

Platform jual/beli mobil online tidak hanya menawarkan kemudahan dalam memasarkan mobil, tetapi juga mampu menjangkau calon pembeli yang lebih luas. Dengan menggunakan platform iklan baris online, penjual dapat menjangkau calon pembeli dari berbagai daerah, di Indonesia. Di lain sisi, pembeli pun mendapatkan lebih banyak pilihan mobil.

Salah satunya adalah OLX (OLX.co.id), yang kini bertumbuh menjadi platform jual/beli otomotif online terbesar di Indonesia. Lebih dari sepuluh tahun lalu, OLX hadir untuk menawarkan kemudahan menjual dan membeli barang secara online. Di antaranya, yang paling mencolok adalah kategori mobil bekas. Banyak orang memanfaatkan platform iklan baris online OLX untuk membeli maupun menjual mobil bekas. Tidak hanya penjual individu, banyak pula dealer mobil bekas yang memanfaatkan OLX.

OLX Indonesia sendiri merupakan bagian dari Naspers Group, sebuah perusahaan produk dan teknologi global yang mengoperasikan jaringan platform jual/beli terkemuka di lebih dari 40 negara, dengan menghadirkan produk dengan fitur yang user-centric dan memanfaatkan berbagai praktik terbaik di seluruh dunia melalui aplikasi terkemuka seperti Letgo, Avito, dan Dubizzle.

Munculnya berbagai macam variasi permintaan mobil bekas pun membuat OLX turut merasakan imbas ‘manis’ dari geliat industri ini. Setidaknya, terdapat lebih dari 5,5 juta pembeli yang mencari mobil di OLX, setiap tahunnya. Permintaan pun tidak hanya datang dari Jabodetabek, tetapi juga kota-kota besar seperti Surabaya, Medan, Bandung, dan Makasar.

Dari sisi suplai, OLX menawarkan jenis, merek, harga mobil bekas yang sangat bervariasi. Data internal OLX memperlihatkan bahwa 8 dari 10 mobil yang dijual online, terdapat di platform iklan baris online ini. “Kecepatan menjual dan jangkauan yang luas, menjadi alasan pengguna untuk menjual mobilnya di OLX,” ungkap Olaf van Schagen, General Manager OLX Indonesia. “Tidak hanya mobil, pilihan pun merambah ke aksesoris, audio, sparepartvelg dan barang-barang lain yang berkaitan dengan automotif, seperti jasa montir,” tambahnya.

Mobil sendiri memang telah mengakar kuat pada bisnis OLX, sejak awal platform ini beroperasi di Indonesia. Hampir setiap tahunnya, terdapat 6 juta iklan mobil di OLX, yang dipasang oleh penjual individu ataupun pebisnis/dealer. Hingga tahun ini, terdapat lebih dari 9.000 dealer mobil bekas yang memanfaatkan OLX untuk memasarkan mobil dagangannya.

Beroperasi sejak 2005, OLX kini memiliki jumlah dealer dan pengguna terbesar yang menyedot lebih dari setengah juta pembeli potensial setiap bulannya. OLX memberikan transaksi yang berkualitas bagi penjual, serta menyediakan pilihan mobil terlengkap bagi pembeli.

 

Fokus pada Mobil Bekas

Melihat pertumbuhan yang positif pada kategori mobil, OLX Indonesia akhirnya memutuskan untuk memfokuskan bisnisnya pada kategori ini, dengan menghadirkan servis dan fitur-fitur yang memudahkan pengguna melakukan jual/beli mobil melalui platform ini. Di antaranya seperti menambahkan detail informasi tentang mobil, serta menampilkan profil khusus para dealer (Profil Penjual Profesional).

Detail informasi tentang mobil memungkinkan pengguna mencari mobil dengan lebih mudah, semisal menemukan mobil dengan fitur tambahan atau kapasitas mesin tertentu. Sementara, Profil Penjual Profesional ditujukan bagi para dealer untuk memudahkan pengguna menemukan detail informasi tentang dealer tersebut, seperti alamat dan jam operasionalnya.

OLX juga memberikan nilai tambah bagi penjual dengan layanan terbaru dalam menjual mobil. Saat ini penjual memiliki pilihan untuk dapat menjual mobilnya dalam waktu satu jam dengan nyaman. Penjual cukup memberikan informasi detail tentang mobilnya. Selanjutnya, penjual akan mendapatkan penghitungan harga jual dari OLX.

Untuk menginformasikan tentang fokus bisnis terbarunya ini, OLX pun meluncurkan kampanye #PusatnyaMobil pada awal bulan Oktober 2018 lalu. Kampanye ini menjadi bagian dari upaya OLX dalam mengembangkan ekosistem mobil bekas terbesar dan paling komprehensif. “Posisi OLX sebagai pemimpin di industri mobil bekas tidak lepas dari para dealer yang selama ini mempercayakan bisnisnya pada platform kami,” ujar Olaf van Schagen. “Setidaknya, tahun ini terdapat ribuan dealer mobil bekas yang mempercayakan bisnisnya kepada OLX. Kami harap, jumlahnya akan meningkat setiap tahun.”

Harapan Olaf van Schagen bukan tanpa dasar. Sebagian besar kalangan dealer mobil bekas di Indonesia mengaku memanfaatkan OLX sebagai ujung tombak bisnis mereka – data internal dari OLX sendiri bahkan menyebutkan, 8 dari 10 dealer mobil bekas ada di platform ini. Agus, pemilik dealer mobil bekas Focus Motor di Jakarta misalnya, mengaku bahwa dirinya telah menggunakan OLX lebih dari sepuluh tahun. “Saya sudah menjadi pengguna OLX sejak OLX pertama kali hadir di Indonesia,” ujarnya. “Dengan adanya OLX, semakin banyak orang yang mengetahui bisnis kami. Bahkan, orang-orang dari luar Jakarta.”

Jangkauan yang luas menjadi salah satu hal yang dicari oleh para penjual mobil. Dengan jangkauan luas ini, pembeli datang dari berbagai daerah. Agus mencontohkan bahwa ia pernah mendapatkan pembeli dari daerah perbatasan Indonesia-Malaysia. Sementara itu, Totok yang menjalankan bisnis mobil bekas di Bali dengan nama Erik Jaya Motor, pernah mendapatkan calon pembeli dari Papua. “OLX membantu kami menjangkau pembeli dari kota manapun, di seluruh Indonesia, termasuk Papua,” ujarnya.

Setiap harinya, para pemilk dealer ini mendapatkan banyak calon pembeli dari OLX. Agus bahkan membuat tim yang khusus melayani pembeli dari OLX. “Setidaknya, kami mendapatkan 20 calon pembeli dari setiap iklan yang dipasang di OLX.” Sama halnya dengan Agus,  Eko, pemilik dealer mobil bekas Saputra Motor di Surabaya mengatakan bahwa dalam kurun waktu setengah jam setelah iklan dipasang di OLX, mereka mendapatkan 5 – 10 calon pembeli.

Untuk mendukung bisnisnya, ketiga pemilik dealer mobil bekas ini siap dengan jasa pengiriman. Mereka menggunakan towing yang rata-rata disewa untuk mengirimkan mobil pesanan pembeli. Namun, tidak sedikit pula pembeli yang datang langsung, untuk membawa mobilnya sendiri ke kota asal masing-masing.

Bagi Agus permintaan yang cukup tinggi datang dari tiga jenis mobil. “Untuk mobil keluarga, 7-seaters masih paling banyak diminati,” ujarnya. “Untuk city cars, calon pembeli banyak mencari Honda Brio. Sementara pembeli kelas menengah ke atas cenderung mencari Toyota Fortuner.”

Untuk urusan warna, Agus mengatakan bahwa mobil dengan warna hitam paling banyak diminati. Senada dengan Agus, Totok memberikan informasi bahwa mobil berwarna hitam lebih banyak menarik perhatian calon pembeli dibandingkan warna lainnya. “Tahun lalu, putih menjadi warna favorit. Namun, tahun ini trennya kembali ke warna hitam,” ujarnya.

Calon pembeli mobil bekas pun datang dengan kebutuhan yang berbeda-beda. Mulai dari keluarga, mahasiswa hingga individu yang ingin menjadi driver taksi online. Selain itu, ada pula sesama pedagang mobil bekas yang juga membeli mobli dari para dealer ini. “Calon pembeli saya bukan hanya pembeli individu, tetapi juga sesama pemain mobil bekas atau dealer,” ujar Totok.

Melihat permintaan terhadap mobil bekas yang tidak pernah surut, sebagai pemilik dealer sekaligus pengguna OLX, Totok mengatakan bahwa pasar mobil bekas di Indonesia tidak akan ada matinya. “Pasalnya, kini semakin banyak orang yang mencari mobil bekas dengan pertimbangan harga yang lebih murah, namun kondisi mobil tidak kalah dari mobil baru,” ungkapnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Eko dan Agus. Keduanya sepakat bahwa bisnis jual/beli mobil bekas kian maju. Bagi mereka, pasar mobil bekas memiliki banyak peminat dan yang semakin bertambah besar. “Industri mobil bekas di Indonesia akan semakin semarak. Masyarakat di Jakarta semakin padat, semakin banyak orang yang membutuhkan mobil, apalagi mobil bekas. Orang-orang di luar Jakarta pun pasti akan mencari mobil bekas ke Jakarta,” tambah Agus.

 

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *