Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
BESTCAR FEATURES - AXIC

AXIC Yang Terus Asik

BestCar Indonesia – Tak sedikit komunitas otomotif yang terbentuk dari obrolan biasa. Dan, begitu juga dengan komunitas Avanza-Xenia Indonesia Club (AXIC), yang berawal dari pertukaran informasi dan cerita pengalaman menarik para pemilik Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Akhirnya mereka sepakat untuk dapat bertemu  setelah “chit-chat” di yahoogroups dengan akun Daihatsu-Xenia, XeniaAvanza, Toyota-Avanza dan Avanza Club. Pada tanggal 3 April 2004, atau 12 tahun yang lalu, terbentuklah Avanza-Xenia Indonesia Club atau disingkat menjadi AXIC.

Pertama kali ‘copy darat’ atau lebih beken disebut ‘kopdar’, anggota AXIC ngumpul bareng di Senayan, Jakarta. Saat itu, pemilik dan pemerhati kedua merek mobil tersebut bersepakat untuk melepas “almamater”, ego dan eksklusivitas untuk menjadi satu kesatuan dalam satu wadah komunitas; AXIC. Dengan semboyan “XenZaTion in Harmony” yang diusung sejak awal, komunitas ini berjalan solid hingga 12 tahun kebersamaannya.

Slogan “XenZaTion in Harmony” memiliki arti sebagai akronim dari Xenia Avanza Nation dan harmoni dipilih sebagai ide awal pembentukan AXIC. Untuk sementara ini AXIC memiliki 12 chapters dan 37 cabang aktif di seluruh Indonesia, dengan 4.748 anggota sesuai update data yang dikonsolidasi per 15 April lalu.

BESTCAR FEATURES - AXIC

Dalam akun resminya, AXIC mengatakan, “Komunitas ini adalah ajang berkumpulnya para pemilik dan pengguna mobil Toyota Avanza dan Xenia. Dan pada awalnya, pengguna Avanza dan Xenia saling bertukar informasi serta berbagi pengalaman yang pada akhirnya keduanya beraliansi untuk menjadi AXIC”.

AXIC juga memiliki agenda dan tidak hanya sebatas “kongkow” bareng di antara sesama pemilik MPV ‘sejuta umat’ tersebut. Kegiatan sosial juga telah menjadi rutinitas yang tidak bisa dilepaskan di setiap sepak terjang komunitas ini, karena AXIC memiliki tiga pilar dalam kegiatannya: peduli pada dunia otomotif, keluarga, dan kegiatan sosial. Bahkan AXIC memiliki

Februari lalu misalnya, menjadi salah satu bukti AXIC sebagai komunitas yang solid ketika menggelar Jambore Nasional di Magelang, Jawa Tengah, 6-7 Februari 2016. Jambore terbesar AXIC yang diikuti 10 chapters dan 20 cabang di seluruh Indonesia ini merupakan kegiatan Jambore terbesar yang diadakan di luar Jawa Barat. Selain konvoi dan wisata edukasi ke candi Borobudur, silaturahmi antarkeluarga pemilik Avanza dan Xenia menjadi inti Jambore Nasional AXIC tersebut. Kegiatan lainnya seperti pemberian bantuan 100 bibit pohon jeruk kepada walikota Magelang, Sigit Widyonindito, juga menjadi bukti sahih bahwa tiga pilar tersebut. “Bantuan 100 bibit pohon jeruk yang disertai penanaman ini dalam rangka membuat Kebun AXIC di Desa Candirejo,” kata Darlan Nuryandi, Ketua Umum PP AXIC di dalam akun resmi AXIC.

BESTCAR FEATURES - AXIC

Dan di bulan April ini, AXIC yang terus asik mengundang 100 lebih anggotanya untuk menghadiri HUT ke-12 di Auto2000 Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, awal April lalu (3/4). Mengambil tema “AXIC Selalu di Depan dalam Percaturan Komunitas Otomotif Tanah Air”, HUT ke-12 komunitas dengan seragam merah kebanggaannya ini dibanjiri para anggotanya dari beberapa chapter dan cabang, seperti Chapter Cleopatra, Halilintars, Karate, Merkurius, Pakubuwono, Bangsawan, Metrostar, dan POC. Sementara cabang yang hadir, antara lain Bekasi, Sukabumi, Purwasuka, Kuningan, Solo, dan Lampung. Total ada delapan chapter dan enam cabang AXIC yang hadir, semuanya dengan seragam almamater merah kebanggaan mereka. Dan seperti biasa, acara ini dihadiri juga oleh pendiri AXIC, AP Tono dan Widya Danaryanto. Lalu ada pula Head of Community PT Toyota Astra Motor, Indra Lubis serta Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang, Indah Yuliana.

Chairul M Poetra, Ketua Umum AXIC, mengucapkan terima kasih kepada para founder dan member di chapter dan cabang hingga AXIC bisa sebesar sekarang, terdiri dari 12 chapter di Jabodetabek dan 37 cabang. Itu artinya, saat ini AXIC nyaris hadir di seluruh Indonesia, termasuk Jayapura dan Raja Ampat di Papua. “Mohon dukungan terus dari member di seluruh Indonesia, karena AXIC akan selalu di depan dalam percaturan komunitas otomotif di Tanah Air lewat program dan kegiatannya, termasuk kampanye smart driving-nya,” kata Poetra dalam keterangan pers kepada media, Selasa (5/4).

Sementara pendiri AP Tono menceritakan penunjukan dirinya sebagai ketua umum pertama AXIC pada 12 tahun silam. “Sekarang AXIC bukan sekadar klub mobil, tapi sebuah keluarga. Untuk itu, mari kita dukung terus AXIC sebagai satu keluarga besar,” ungkapnya.

BESTCAR FEATURES - AXIC

Di bagian lain, Indra Lubis yang mewakili Toyota Indonesia mengucapkan selamat ulang tahun kepada AXIC. “Harus diakui mobil Avanza masih menjadi volume maker bagi Toyota, dan AXIC berkontribusi penting di dalamnya,” papar Lubis. “Kami juga berharap AXIC terus konsisten mengampanyekan smart driving-nya yang kini bertambah satu kampanye menjadi lima kampanye, sehingga AXIC selalu menjadi yang terdepan dalam keselamatan berkendara, baik bagi anggotanya maupun masyarakat secara umum,” tambahnya.

Bagaimanapun, evolusi AXIC kini memang kian matang. Hal itu tidak dilihat dari populasi Avanza-Xenia yang semakin besar di nusantara, namun terdapat nilai manfaat yang terkandung di dalam AXIC. Jadi, AXIC bukan sekedar kongkow seperti komunitas mobil lainnya. Nilai-nilai positif dalam tiga pilar (otomotif, keluarga dan sosial) menjadi penembus batas paradigma dari sebuah komunitas.

Teks: OKA  |  Foto: AXIC


Pendaftaran Anggota AXIC

Alamat sekretariat AXIC: Jl. Aries Utama 1 Blok E10 No.7, Meruya, Jakarta Barat.

Informasi AXIC: twitter @Axicinfo, Facebook: Avanza Xenia Indonesia Club, dan milis: acix@yahoogroups.com

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



2 thoughts on “AXIC Yang Terus Asik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *