Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
4wdaman1

4WD tidak Selalu Lebih Aman dari 2WD!

Sistem 4WD untuk Keperluan Sehari-hari?

BestCar Indonesia – Ya, memang benar mobil 4WD dan AWD lebih stabil dan mantap di setiap medan jalan. Di jalanan basah dan licin sekalipun, terutama saat menikung, sistem penggerak 4-roda jauh lebih aman dari 2WD. Cara yang paling aman melewati jalan licin dengan mobil 2WD hanyalah dengan mengemudi pelan-pelan. Tapi siapa yang bisa mengira jika jalan di depan Anda tiba-tiba berubah jadi licin? Anda tentu tak sempat bereaksi. Apalagi mobil 2WD juga jauh lebih berisiko mengalami gejala understeer atau oversteer ketimbang 4WD. Nah, dalam kasus seperti ini sistem full-time 4WD ibarat ’asuransi jiwa’ bagi Anda.

Kini coba Anda simak penjelasan sederhana mengapa traksi 4WD lebih baik dari 2WD:

Setiap roda pada mobil selalu punya traksi (cengkraman telapak ban pada permukaan jalan). Jika kita asumsikan nilai traksi pada setiap roda adalah 100, maka total nilai traksi di keempat roda pada mobil 4WD adalah 400.

Pada mobil 2WD, hanya traksi di dua roda saja (nilai traksinya 200) yang digunakan untuk membuat mobil melaju. Dengan kata lain, torsi yang disalurkan dari mesin menggunakan traksi di dua roda saja untuk membuat mobil bergerak. Sekarang, katakanlah dibutuhkan nilai torsi 140 untuk membuat mobil melaju. Itu artinya dari nilai torsi 200 yang dimiliki mobil 2WD, akan diambil 140 untuk kebutuhan torsi memanfaatkan traksi yang akan menjalankan mobil. Sehingga, masih tersisa nilai traksi 60 sebagai ‘safety margin’.

4wdaman3

Nah, jika hal itu terjadi pada jalanan licin, keadaannya akan sangat berbeda. Pada kondisi permukaan jalan licin, nilai traksi pada setiap roda akan hilang 50 (sehingga total nilai traksi pada kedua roda yang tadinya 200 tinggal 100). Jika dibutuhkan nilai torsi 140 untuk traksi yang membuat mobil melaju, artinya masih kekurangan traksi 40. Akibatnya, roda akan spin (selip) dan mobil tak bisa bergerak maju.

Pada kondisi yang sama, sistem 4WD akan memberi hasil yang berbeda. Dengan nilai total traksi 400 dan kebutuhan torsi 140 untuk membuat mobil bergerak pada permukaan jalan normal (kering), maka mobil 4WD masih memiliki ’safety margin’ traksi sebesar 260. Sementara di jalan licin yang mengakibatkan setiap roda kehilangan nilai traksi 50, mobil 4WD masih memiliki ’safety margin’ untuk traksi sebesar 60 setelah dikurangi kebutuhan torsi untuk traksi sebesar 140. Lihat saja, hitung-hitungan sederhana ini menunjukkan bahwa besarnya traksi mobil 4WD sudah pasti dua kali lipat dari mobil 2WD.

Jadi, cerita panjang lebar semua itu sebetulnya hanya menjelaskan bahwa sistem 4WD menghasilkan traksi yang lebih baik dan membantu mobil tetap melaju pada permukaan jalan licin. Dengan kata lain, mobil 4WD mampu melaju di jalan manapun yang tak dapat dilalui mobil 2WD. Atau, secara umum bisa dibilang sistem 4WD mendukung penuh stabilitas dan membantu mobil melaju.

4wdaman2

Meski begitu, 4WD tak selalu membuat pengendaraan menjadi aman. Karena, pertama, bobot perangkat 4WD tergolong berat sehingga kurang mampu membuat mobil melaju kencang. Kedua, sistem 4WD juga tak membantu menghentikan mobil saat direm.

Anda tentu tahu bahwa mobil 2WD menggunakan rem di keempat rodanya (4WB, 4-wheel brakes). Begitu pula dengan mobil 4WD, dibekali empat rem pada keempat rodanya. Tapi lihat, apakah pengereman mobil 4WD lebih baik dari 2WD? Justru sebaliknya, sistem rem pada mobil 4WD jelas-jelas harus bekerja keras untuk menghentikan laju keempat roda yang berputar. Empat rem untuk empat ban yang ‘menggigit’ permukaan jalan. Sementara keempat rem pada mobil 2WD hanya perlu menghentikan putaran dua rodanya saja yang ‘menggigit’ aspal!.

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *