Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
JEEP INDIA

FCA Perkenalkan Jeep Produksi India Tahun 2017

Satu-satunya cara untuk bisa bangkit di pasar India

BestCar Indonesia – Di bawah kepemimpinan CEO yang baru diangkat, Kevin Flynn, Fiat-Chrysler Automobiles (FCA) India terus mencari cara untuk mengubah strategi produk dan layanan purna jual mereka di pasar India. Salah satu terobosan yang dilakukan, seperti dilaporan Economic Times, adalah memperkenalkan merek Jeep hasil rakitan India di India Auto Expo 2016, Februari tahun depan. Tapi berita besarnya, pada tahun 2017 FCA akan memperkenalkan sosok Jeep yang seutuhnya buatan India.

Di ajang pameran otomotif terbesar di India tersebut, FCA bakal memperkenalkan dua produk Jeep, Grand Cherokee dan Wrangler. Yang menarik, kedua model Jeep itu akan dirakit di pabrik Fiat-Tata JV di Ranjangaon. Nah, tahap berikutnya, kedua model Jeep rakitan India tersebut akan diekspor ke pasar lain melalui jalur CBU (completely build-up). Seperti diketahui, awalnya, tahun 2012, Jeep mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan merek Jeep pada tahun 2013, namun rencana itu tertunda.

Namun, pada tahun 2017 Jeep kembali mengungkap rencana mereka untuk memperkenalkan sebuah SUV kompak di bawah brand legendaris itu yang sepenuhnya buatan India. Kabarnya, saat ini model berkode 551 tersebut sedang menjalani pengujian di Brasil. Nantinya, di pasar internasional, SUV kompak Jeep made-in India itu akan menggantikan Jeep Patriot dan Jeep Compass. Kendati masih amat samar, sumber di FCA India mengungkapkan Jeep baru berkode 551 tersebut akan menampilkan gaya kontemporer yang mengikuti garis desain Grand Cherokee. Model yang dibuat di India itu nantinya bakal diekspor ke negara-negara ‘bersetir kanan’ (right hand drive/RHD) seperti Australia dan (mungkin juga) Indonesia, Malaysia, dan bahkan Thailand.

JEEP INDIA

Seperti Chrysler dengan Jeep-nya, Fiat juga sedang berusaha mengubah line-up produknya. Menurut Economic Times, Fiat India saat ini sedang mengembangkan platform modular Fiat 326 untuk hatchback, sedan dan SUV masa depannya. Hal ini sejalan dengan laporan dari tahun lalu yang menyebutkan bahwa Fiat akan memperkenalkan sub-compact SUV (dengan kode nama X3U) berbasis platform yang sama. Saat ini, platform 326 mendasari Fiat Palio yang dijual di Brazil.

Kartu ‘truf’ Fiat lainnya adalah Fiat Tipo (dikenal juga sebagai Fiat Egea di pasar Turki). Laporan menyebutkan bahwa kemungkinan Fiat Tipo dapat diproduksi di India dan Brasil. Jika laporan itu benar, maka Fiat Tipo atau Grand Siena dari Brasil kemungkiann besar akan menjadi penerus jangka panjang dari sedan Fiat Linea yang beredar sekarang.

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *