Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Elektroda Busi ‘Tiarap’, Apa Fungsinya?

Penggunaan desain ‘tiarap’ tersebut tidak lepas dari peruntukkan busi jenis ini, yaitu untuk mesin motor 2-tak (2-stroke) dengan performa tinggi seperti motor balap atau motor trail.

BestBike Indonesia – Sering dengar istilah ‘Busi Tiarap’? Sebagai elemen penting di dalam sistem pengapian mesin, busi ternyata memiliki segudang fitur yang disematkan khusus untuk kebutuhan masing-masing mesin kendaraan. Oleh karena itu, anggapan bahwa semua busi sama saja perlu diluruskan.

Contoh yang cukup menarik adalah busi NGK Iridium IX BR9ECMIX & BR8ECM, yang dikenal sebagai ‘busi tiarap’. Pada kedua busi tersebut, bagian elektroda ground-nya terlihat berbeda dari busi pada umumnya. Jika biasanya elektroda ground berbentuk ‘J’, maka di busi ini tingkat sudut kemiringan elektroda ground-nya jauh lebih menunduk. Bahkan apabila diamati dari samping, elektroda pusatnya menjadi hampir tidak terlihat. Karena itulah jenis busi seperti ini disebut dengan istilah ‘busi tiarap’.

 

“Penggunaan desain ‘tiarap’ tersebut tidak lepas dari peruntukkan busi jenis ini, yaitu untuk mesin motor 2-tak (2-stroke) dengan performa tinggi seperti motor balap atau motor trail,” ungkap Yaumil Ichsan, Technical Support PT NGK Busi Indonesia.

Menurut Ichsan, sifat mesin 2-tak cenderung lebih panas akibat siklus pembakaran campuran oli samping, bensin, dan udara yang menyisakan deposit karbon di ruang bakar. “Ini membuat temperatur busi menjadi lebih tinggi. Oleh karena itu, diperlukan desain busi khusus seperti elektroda ground ‘tiarap’ untuk mendinginkan busi agar tidak mudah meleleh,” paparnya.

Selain itu, lanjut Ichsan, dengan semakin pendeknya dimensi elektroda ground busi, maka akan semakin tinggi pula kemampuan busi tersebut pada saat memperoleh getaran dan guncangan yang cukup hebat saat kendaraan tersebut digunakan di kondisi ekstrem seperti sirkuit balap maupun motocross. “Sehingga, risiko elektroda busi patah bisa diminimalisir,” pungkas Ichsan.

 

Teks: Tito B. Setiawan

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *