Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Editorial Cartoon: Toyota Avanza Memang Sulit ‘Disalip’

Begitu Anda salip, di depan sudah ada lagi Avanza yang ‘mengasapi’ Anda …

Avanza Flash 1 Avanza Flash 2 Avanza Flash 3 Avanza Flash 5 Avanza Flash 6

BestCar Indonesia – Toyota Avanza (bersama kembarannya, Daihatsu Xenia) boleh dibilang fenomenal dan memiliki posisi istimewa dalam industri otomotif Indonesia. Inilah mobil yang telah menciptakan banyak rekor. Di antaranya, sebut saja, mobil yang bisa menciptakan segmen baru di pasar, yakni low multipurpose vehicle (low-MPV). Juga tercatat sebagai mobil yang tercepat mencatat penjualan lebih dari satu juta unit – membuatnya dikenal sebagai mobil ‘sejuta umat’.

Toyota Avanza-Xenia hanya perlu sekitar 10 tahun untuk mencapai volume penjualan 1,5 juta unit sejak dipasarkan tahun 2004. Bandingkan dengan sang legenda Toyota Kijang yang butuh waktu 36 tahun untuk mencapai volume penjualan yang sama. Kini, setelah hampir 12 tahun berjalan, Avanza masih menjadi andalan Toyota Indonesia dengan volume penjualan sekira 162 ribu unit pada tahun lalu (2014) atau rata-rata terjual 13.500 unit per bulan. Padahal saat didesain, target penjualannya hanya 2.500-5.000 unit per bulan.

Di tengah makin maraknya pemain baru di segmen low-MPV – sebut saja Suzuki Ertiga, Nissan Grand Livina, Chevrolet Spin, Honda Mobilio, dan KIA Carens — Toyota-Avanza generasi kedua yang dipasarkan pada 2011 tetap tak terkalahkan. Tahun 2015 ini bahkan Toyota kembali meluncurkan generasi ketiga Avanza yang dilabeli Grand new Avanza, untuk mempertahankan dominasinya di pasar low-MPV.

Sejauh ini Toyota Avanza terbukti sebagai (model) mobil yang paling sulit ‘disalip’ di Indonesia. Konon, superhero tercepat di dunia, the Flash, bahkan memilih pensiun lebih cepat ketimbang harus terus terusan mencoba menyalip Toyota Avanza di jalan raya.

Yusran Hakim | Cartoonist & Script Writer.  Budhi Button | Inker, Letterer, Colorist.

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *